Gimana ya rasanya hidup di luar angkasa?

Pertanyaannya sederhana yang mungkin pernah terlintas di pikiranmu seetelah nonton film-film sci-fi berlatar belakang kehidupan luar angkasa seperti Star Wars, Star Trek, Guardian of Galaxy dan The Martian. Setelah nonton film-film tersebut, imajinasimu pasti langsung berputar-putar membayangkan akankah manusia benar-benar bisa berpetualang di luar angkasa. Jelas itu bukanlah hal yang mustahil, bahkan sebenarnya sudah terjadi.

Manusia pertamakali menginjakkan kaki di luar angkasa pada tanggal 20 Juli 1969 ketika Apollo 11 mendarat di bulan. Meski belum berhasil menginjakkan kaki ke planet lain, sejumlah orang sebenarnya sudah pernah merasakan hidup di luar angkasa. Baik itu di dalam stasiun luar angkasa, pesawat ulang alik, maupun sedang melayang di antaranya, para astronot telah mengalami kehidupan di zero gravity. Nah bagi orang biasa seperti kita yang cuma bisa dirundung penasaran, Hipwee mengumpulkan foto-foto bagaimana astronot sebenarnya hidup sehari-harinya. Pasti seru dan penuh tantangan sih!

1. Bayangkan bagaimana kalau saat membuka mata, yang kamu lihat adalah pemandangan indah bumi dari luar angkasa!

Pasti melek kalau melihat pemandangan seperti ini~ via youtube.com

2. Berjalan itu cuma buat yang di bumi. Di luar angkasa, kamu bakal cuma bisa melayang tanpa batas

Bakal lupa rasanya berjalan via www.cnet.com

3. Yang menantang adalah waktu harus gosok gigi. Bayangin aja gimana caranya gosok gigi kalau pasta gigi dan airnya melayang gitu

Advertisement

Harus beradaptasi untuk melakukan tiap hal via www.cnet.com

4. Salah satu yang bikin kangen bumi adalah makanananya. Di luar angkasa, makanannya cuma gini doang

Berasa makan makanan imitasi via www.cnet.com

5. Agak sebel juga punya rambut panjang di luar angkasa. Sisiran adalah hal yang sia-sia!

Kegiatan yang ‘muspro’ via www.cnet.com

6. Eits, biar di luar angkasa harus tetap harus olahraga. Yah… Meski jauh lebih berat juga bebannya

Berolah raga dengan memanfaatkan gravitasi via abcnews.go.com

7. Haus? Ya tinggal minum aja. Tapi ya akurasimu harus pas kalau nggak mau airnya malah kena muka

Akurasinya dijaga ya via spaceadventures.com

8. Minum aja susah loh, bayangin gimana rasanya buang air di ruang angkasa. Semua harus tepat sasaran biar tidak melayang

Kalau ada yang tidak sengaja tercecer dan melayang, dihisap dengan alat kuning ini via mic.com

9. Sebenarnya nggak nyaman sih, tapi mau gimana lagi? Tidur di luar angkasa harus di sleeping bag dan di ruangan sempit kayak gini

Tidur gini amat ya via www.cnet.com

10. Tapi pemandangan sebelum tidurnya nggak kalah epik sih. Melihat gemerlap bintang dan lampu bumi di malam hari!

Pemandangannya apik! via twistedsifter.com

Dalam waktu dekat seperti orang biasanya juga bakal punya kesempatan untuk mencicipi kehidupan di luar angkasa, bukan cuma anggota NASA atau astronot terlatih. Pada tahun 2016 yang lalu untuk pertamakalinya hak untuk menyelenggarakan misi luar angkasa akhirnya juga mulai diserahkan pada perusahaan swasta. Artinya, misi luar angkasa ke depan juga bakal dikembangkan ke arah komersial bukan cuma untuk penelitian. Siapapun yang mampu membayar, punya kesempatan untuk bisa berfoto-foto seperti di atas. Waduh meski dibuka untuk semua kalangan, kehidupan luar angkasa tetap saja tampaknya tidak terjangkau gara-gara masalah duit.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya