Setiap ulang tahun, seringnya kita dihujani doa ‘semoga panjang umur’ dan sehat selalu. Nyatanya kalau bicara angka, apalah daya manusia memang nggak bisa selamanya hidup di dunia. Meskipun dari tahun ke tahun banyak ahli yang mempelajari bagaimana caranya ‘hidup abadi‘, hingga kini belum ditemukan adanya formula yang bisa bikin manusia hidup selamanya.

Rata-rata manusia hanya hidup 71 tahun. Dalam komik dan cerita-cerita di film, ketidakpuasan hidup yang hanya 3/4 abad ini membuat mereka menghalalkan segala cara agar hidup abadi. Sementara banyak manusia yang tidak ingin mati, ada banyak spesies yang nyatanya hidup jauh lebih lama dari manusia. Anehnya, makin sederhana bentuk spesies tersebut, makin lama juga masa hidupnya. Wah masa sih? Mendingan simak uraian Hipwee News & Feature berikut ya!

Manusia tertua yang pernah hidup menurut Guinnes World Records adalah Jeanne Louise Calment. Beliau tutup usia di umurnya yang ke-122

Pencapaian rekor usia manusia saat ini: 122 tahun via pinterest.com

1. Rekor hidup manusia masih jauh di bawah umur seekor kura-kura raksasa yang bisa hidup 184 tahun lamanya lho!

Jonathan diperkirakan lahir pada tahun 1832 via www.telegraph.co.uk

2. Tapi… Jonathan juga nggak ada apa-apanya dibanding spesies mamalia bawah laut ini. Paus kepala busur bisa hidup hingga 200 tahun!

Sesepuh bawah laut nih! Mamalia tertua yang hidup di Samudra Arktik via mygoodplanet.com

3. Ternyata lama hidup paus kepala busur ini bisa kalah sama hiu Greenland. Hewan bertulang belakang tertua ini bisa hidup sampai 400 tahun. Empat abad lho!

Advertisement

Nggak kebayang hiu ini mungkin sudah lahir waktu Indonesia pertama kali didatangi penjajah Portugis via www.bbc.com

4. Ternyata panjangnya umur spesies itu nggak terpengaruh sama besar kecilnya spesies lho. Buktinya kerang quahog hidupnya bisa sampai 507 tahun. Coba yang suka makan kerang mana suaranya?

Bisa jadi selama ini kita makan makhluk purba via halongbay.holiday

5. Beralih ke makhluk hidup yang sudah ada sejak zaman purba, ada pohon pinus bristlecone yang hidup 5 ribu tahun. Wow!

Bayangkan, pohon ini berdiri sudah semenjak manusia purba sampai zaman teknologi sudah canggih via wikipedia.org

6. Tapi ternyata ada pohon yang lebih sepuh lagi. Tumbuh dengan kloning, pohon King Lomathia ini ada yang usianya 43 ribu tahun!

Menurut para ahli, rata-rata usia pohon ini 300 tahun! via wikipedia.org

7. Mau yang lebih tua lagi? Nih ada rumput laut yang sering disebut rumput laut Neptune yang sudah hidup 200 ribu tahun yang lalu

Semakin dalam di dasar laut, makin banyak makhluk yang umurnya panjang via www.shutterstock.com

8. Tertua dari yang tertua adalah… bakteri di Siberia yang ditemukan beku. Diperkirakan bakteri ini sudah ada sejak 500 ribu tahun lalu, luar biasa!

Semakin tidak berbentuk, ternyata usianya bisa jauh lebih tua via RT.com

Gimana guys? Ternyata kita memang jauh banget dari kata’abadi’ kan? Di usia kita yang ternyata pendek banget ini, apa yang akan kamu lakukan nih? Semoga kamu bisa manfaatkan usiamu yang pendek ini dengan baik ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya