Siapa yang sangka kalau hanya duduk saja ternyata bisa membuat kita mati secara perlahan. Kegiatan yang identik dengan santai, rileks dan tidak melelahkan ini, tentunya bikin semua orang betah menempelkan pantat ke sofa atau kursi. Apalagi zaman sekarang di mana semakin banyak perusahaan berbasis teknologi merajai dunia. Banyak jenis pekerjaan yang kini bisa dilakukan dengan laptop dan sambungan internet, di manapun, kapanpun, tentunya sambil duduk.

Lalu karena saking banyaknya orang yang butuh duduk lama sehari-harinya, jadi banyak deh inovasi kursi kantor yang super nyaman yang membuat orang makin nyaman duduk berlama-lama. Ini nih fenomena kekinian yang menurut para peneliti dari American College of Physician sangat berbahaya dan bisa fatal. Tidak tanggung-tanggung, media sebesar CNN bahkan sampai menyebut duduk terlalu lama itu sama berbahayanya dengan merokok.

Nah kalau orang-orang sekarang sudah mulai sadar dengan bahaya rokok, kayaknya mulai saat ini kita harus mulai peduli akan bahaya duduk yang ternyata nggak main-main lho. Yuk simak bareng informasi penting ini bareng Hipwee News & Feature!

Penelitian macam apa sih yang berani bikin statement kalau duduk kelamaan itu bikin cepet mati?

Waduh penelitiannya aja bilang gitu via ihsindy.com

Penelitian baru dari American College of Physicians yang terbit pada Senin kemarin (14/9), menunjukkan hasil yang bikin semua orang tercengang. Ternyata ada korelasi antara kebiasaan duduk lama dengan kematian seseorang. Lebih dari 8,000 responden dewasa diteliti soal kebiasaan duduknya. Semakin bertambah frekuensi duduknya, hasil penelitian menunjukkan bahwa umur seseorang akan semakin pendek. Tanpa peduli usia, ras, berat badan, dan seberapa sering seseorang berolahraga, semuanya punya risiko yang sama jika duduk terlalu lama.

Advertisement

Meskipun mengerikan, paling nggak sekarang kita tahu bahwa duduk adalah kebiasaan yang sebisa mungkin dikurangi. Terlebih lagi jika melihat kesimpulan dari penelitian ini bahwa mereka yang sekali duduknya tidak lebih dari 30 menit, punya risiko kematian yang jauh lebih kecil. Jadi kira-kira tiap 30 menit sekali, jangan lupa berdiri dari kursimu dan jalan-jalan sebentar ya, Guys. Apalagi budak online macam saya dan kawan-kawan di Hipwee, harus sering-sering ingat ubah posisi sewaktu kerja.

Manusia nggak diciptakan jadi ‘makhluk duduk’, bentuk tubuh manusia bahkan dimaksudkan untuk berdiri dan bergerak.

Nah masnya ini contoh yang sudah sadar kerja sambil duduk terlalu lama nggak baik! via www.runnersworld.com

Kalau lagi naik kendaraan umum seperti bus atau kereta, saat nggak kebagian tempat duduk dianggap sebagai kesialan. Bahkan nggak jarang lho kasus saling berebut tempat duduk. Ya memang sih, dalam kasus ini berdiri terasa lebih melelahkan karena harus berjam-jam lamanya. Tapi kalau duduk terlalu lama juga nggak baik lho, Guys.

Coba liat deh bentuk tubuh manusia yang secara alamiah lebih dimaksudkan untuk berdiri, berjalan, dan bergerak secara natural. Kalau terus-terusan duduk, ini jelas nggak baik untuk aliran darah kita. Sedangkan aliran darah itu penting banget lho buat menyalurkan nutrisi ke seluruh anggota tubuh, termasuk di tempat-tempat penting seperti jantung dan otak.

Risiko duduk terlalu lama yang paling kelihatan: stroke. Inilah kenapa sampai ada yang bilang kalau ‘sitting is the new smoking’

Jangan sampai masa tuamu jadi kelam nanti via medicalnewstoday.com

Rokok itu bahaya, semua orang tahu. Kalau duduk itu bahaya? Nggak semua orang memahaminya. Untung kamu sudah tahu sekarang, karena baca artikel ini. Dalam video yang diunggah CNN dan menanggapi soal penelitian soal duduk yang menyebabkan cepat mati tadi, mereka mengibaratkan ‘sitting is the new smoking’. Bukan cuma dari level bahayanya terhadap kesehatan, tapi ternyata juga efek mencandunya yang sama seperti rokok.

Terlalu lama duduk otomatis membuat badan kita berada di posisi yang sama dalam waktu yang lama. Posisi tersebut gangguan pada aliran darah dan penyakit-penyakit fatal seperti stroke. Belum lagi rasa nyaman yang mungkin membuatmu tidak sadar kalau kamu sebenarnya sudah tidak kuat lagi berdiri lama-lama atau mager. ‘Kan jadi sebelas dua belas dengan risiko rokok yang tagline-nya “Rokok Membunuhmu”. Sekarang mungkin kita bisa bilang “Duduk Membunuhmu”. Meskipun terdengar berlebihan, tapi ini sulit disangkal.

Kalau kamu punya aktivitas sehari-hari yang mengharuskan kamu duduk berlama-lama. Coba ingat aturan utama yang bisa memperpanjang umurmu ini…

Bagus nih, sambil rajin peregangan kaki ya Guys kaya’ mas-mas ini! via CBC.ca

Seperti saya yang harus duduk setiap hari sambil menulis artikel, jutaan orang diluar sana pun harus menghadapi hari-harinya dengan duduk. Sopir, kasir swalayan, penjaga tol, dan banyak karyawan kantoran lainnya juga mau nggak mau melakukan pekerjaannya sambil duduk. Nah, setelah duduk 30 menit kalau bisa berdirilah. Kalau nggak bisa juga, paling minimal kamu gerakkan kakimu dan melakukan peregangan pada seluruh kaki. Lebih bagus lagi jika kamu berdiri dan berjalan selama lima menit. Pokoknya tiap 30 menit kamu duduk, bergeraklah. Maka ini akan mengurangi risiko kematian akibat aliran darah yang buruk.

Jangan mager-mager lagi, Guys! Mumpung masih muda aktif bergerak dan sempatkanlah 30 menit sekali untuk jalan-jalan. Apalagi sekarang, pergi kemana-mana kita sudah selalu naik kendaraan, budaya jalan kaki sudah makin ditinggalkan. Lebih bagus kalau kamu juga rutin olahraga. Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya