Sebagai pengguna komputer dan aplikasi Microsoft, kamu pastinya udah nggak asing sama Microsoft Paint. Aplikasi yang selalu bisa mewadahi kreatifitas asal-asalan kita ini, sebentar lagi mungkin hanya jadi kenangan. Microsoft baru saja mengumumkan bakal menghilangkan Microsoft Paint dari peredaran. Dilansir dari web resminya, Microsoft merilis pernyataan daftar aplikasi yang akan hilang di Windows 10 mendatang. Microsoft Paint merupakan salah satu aplikasi yang masuk dalam daftar ‘deprecated’ atau tidak akan ada lagi di update Windows selanjutnya.

Siap-siap mengucapkan selamat tinggal buat aplikasi edit gambar yang sudah ada di Windows sejak 1985. Tapi tenang, guys. Windows juga seudah menyiapkan aplikasi baru yang bisa digunakan sebagai penggantinya. Penasaran? Yuk simak uraian Hipwee News & Feature berikut ini.

Ini dia pengganti Microsoft Paint, Microsoft Paint 3D yang punya konsep jauh berbeda dan lebih canggih. Lihat video berikut biar kamu paham

Meskipun punya nama yang sama, tapi Microsoft Paint 3D merupakan aplikasi yang sama sekali berbeda dengan Microsoft Paint. Aplikasi ini ternyata bukan merupakan versi update dari Microsoft Paint. Seperti namanya, aplikasi ini sudah bisa menawarkan image 3D yang bisa kamu bentuk dan kamu kreasikan sendiri. Nggak cuma 3D, bagi kamu pecinta image 2D yang sederhana, kamu masih bisa menggunakannya kok. Nggak beda jauh dengan Microsoft Paint yang sering kamu pakai. Aplikasi ini tergolong lebih baru, dinamis, dan canggih.

Banyak efek-efek baru yang bisa kamu aplikasikan. Seperti lighting dan sticker

Lighting untuk pencahayaan, sticker untuk pewarnaan via siliconangle.com

Beda sama Microsoft Paint yang emang sederhana banget, kamu bisa menambahkan efek pencahayaan khusus di gambarmu lewat aplikasi baru ini. Efek ini bakal membuat gambarmu nampak lebih hidup. Selain itu ada juga efek sticker. Efek ini bisa membantumu mewarnai objek 3D lho. Ketika kamu menggambar figur hewan atau manusia, kamu bisa mewarnai wajahnya, dan bebas mengkreasikan warna kulitnya juga.

Nah yang paling beda dari Microsoft Paint, disini kamu bisa langsung share hasil edit dan hasil gambarmu ke teman-teman!

Advertisement

Zaman dah serba terkoneksi ke internet, termasuk via www.freepik.com

Karena sudah terintegrasi dengan internet, Microsoft Paint 3D menawarkan kemudahan dalam membagikan hasil coret-coretanmu juga lho. Kamu bisa langsung membagikan hasil karyamu tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu. Selain itu, fitur share ini juga memungkinkanmu melihat hasil karya orang lain dan bisa kamu modifikasi juga untuk hasil karyamu. Wah langsung jadi seniman 3D mendadak nih!

Memang sih, review tentang Microsoft Paint 3D semuanya bagus. Tapi apa iya bakal nggak lemot di laptopmu?

Bakalan kuat nggak ya laptop kita? via fossbytes.com

Kecanggihan luar biasa yang ditawarkan oleh Microsoft Paint 3D memang bikin kita terkesima dan merasa pasti sebentar lagi sudah move on dari Microsoft Paint. Tapi dengan segala kecanggihan dan fitur-fiturnya, apa iya aplikasi Microsoft Paint 3D ini bakalan seringan Microsoft Paint dan nggak lemot?

Ini dia yang bikin semua alumni pengguna Microsoft Paint merasa khawatir. Microsoft Paint saat ini dikenal sebagai aplikasi yang ringan, mudah, dan cepat untuk sekedar edit foto sederhana dan membuat gambar simpel. Banyak yang lebih memilih menggunakan Paint dibandingkan dengan aplikasi Corel Draw atau Photoshop jika hanya akan melakukan edit sederhana.

Sepertinya memang ada konsekuensi dari setiap pilihan yang diambil. Dengan menghilangkan Microsoft Paint, Microsoft berusaha menggantinya dengan aplikasi yang lebih canggih dan memanjakan penggunanya. Meski canggih, kayaknya banyak deh yang bakal gagal move on dari MS Paint. Nggak perlu sedih-sedih amat sih, MS Paint ternyata nantinya akan ada di Windows Store secara gratis. Jadi buat yang gagal move on, ya bisa download dan install sendiri. Tapi yang siap menerima perubahan, kayaknya Microsoft Paint 3D bakal seru juga deh!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya