Kamu yang sudah pernah Iron Man pasti kenal karakter yang namanya Jarvis. Yak, dia adalah salah satu karakter Artificial Intelligence yang membantu Iron Man dalam kesehariannya. Mulai dari membantu mengorganisir kehidupan Iron Man sebagai Tony Stark, mengoperasikan baju tempurnya hingga memberi saran dan solusi seputar masalah yang dialami si Iron Man. Keren, ‘kan?

“Coba bayangkan kalau di rumahmu ada Jarvis yang selalu siap membantu. Bayangkan gimana serunya~”

Nah, kalau kamu masih dalam membayangkan, CEO Facebook, Mark Zuckerberg ternyata sudah punya Jarvis pribadi di rumahnya. Mau tahu bagaimana Jarvis membantu keseharian Mark? Nih, Hipwee sudah menyiapkan rangkumannya spesial untuk kamu.

Di waktu luangnya, CEO Facebook ini tidak hanya berpuas diri dengan segala pencapaiannya. Mark mengisi waktunya merealisasikan Jarvis jadi nyata

Jarvisnya Iron Man di film diwujudkan jadi nyata oleh Mark via ibnlive.in

Bisa dibilang Mark Zuckerberg adalah seorang yang kreatif dan ambisius. Terbukti dari keinginan yang ia ucapkan pada awal Januari 2016 kemarin. Mark yang menyukai tantangan baru mengutarakan bahwa resolusi tahun 2016 miliknya adalah mengembangkan sebuah kecerdasan buatan yang akan menjalankan tugas sebagai asisten pribadinya.

Advertisement

Ia mengutip konsep milik Jarvis milik Ironman. Sebuah Artificial Intelligence yang selalu siap membantu Tony Stark kapanpun diminta.

Karena ini adalah projek pribadi milik Mark, ia hanya menggunakan waktu luangnya sebagai CEO Facebook yang super sibuk untuk mengembangkan AI tersebut. Menurut penuturan Mark, secara total ia menghabiskan 100 jam waktu luangnya untuk mengembangkan Jarvis di platform iOS miliknya.

Terinspirasi dari Ironman, fungsi Jarvis-nya Mark sama dengan yang muncul di film. Mungkin memang hanya seorang Mark Zuckerberg yang bisa mewujudkan hal ini

Bakal membantu urusan rumahnya via ytimg.com

Mark sendiri mengakui bahwa konsep asisten pribadi berbasis kecerdasan buatan yang ia buat terinspirasi dari Jarvis milik Iron Man. Melihat bagaimana seru, asik, keren, dan dimudahkannya hidup Tony Stark yang memiliki Jarvis, siapa sih yang nggak kepengen?

Nama Jarvis sendiri juga terinspirasi dari Jarvis milik Iron Man.

Karena itu Mark mengembangkan Jarvis miliknya sendiri. Ia diprogram untuk membantu urusan domestik milik Mark. Mulai dari mengucap “selamat pagi”, menyiapkan baju hingga memberi alarm soal sarapan yang sudah matang. Jarvis juga diprogram untuk memberi peringatan ketika ada orang di luar rumah sekaligus memberitahu identitasnya. Handy banget nggak, sih?

Hebatnya, Jarvis disinkronisasikan ke seluruh rumah Mark. Hasilnya, Jarvis siap membantu kapan saja

Bisa dibilang Jarvis adalah rumah Mark sendiri via 247latestnews.com

Memegang peran yang sebegitu banyak bagi urusan rumah, tentu kamu penasaran seputar “kok bisa Jarvis ada di seluruh sudut rumah milik CEO Facebook tersebut?” Kalau hal itu yang membuatmu penasaran, jawabannya adalah Jarvis sudah disinkron melewati seluruh sudut rumah milik Mark Zuckerberg. Mark cukup mengucapkan perintahnya. Kapanpun Mark memberi perintah, Jarvis akan langsung meresponnya. Hebat, ‘kan?

Sebagai personal virtual assistant, Jarvis dilengkapi dengan kemampuan Language Processing dan Speech Recognition. Ia diajari untuk menerima perintah suara dan menerjemahkannya dalam bahasa pemrograman. Ia juga diajari untuk memperhatikan dan turut serta dalam kebiasaan keluarga Zuckerberg. Mark sendiri memang mengingkan Jarvis masuk dalam bagian keluarganya, bukan cuma sekadar AI biasa.

Saking kerennya, bahkan Robert Downey Jr saja menawarkan diri untuk mengisi suaranya. Tapi yang dipilih justru…

Iron Man beneran aja ditolak sama Mark via fossbytes.com

Project AI milik Mark Zuckerberg yang ia utarakan pada Januari 2016 lalu, memang membuat banyak orang tertarik. Ya gimana nggak tertarik. Proyek ini nantinya akan melahirkan sebuah terobosan baru di bidang teknologi dan sains. Menjadi bagian di dalamnya jelas merupakan daya tarik tersendiri bagi semua orang.

Tak terkecuali Robert Downey Jr, pemeran Tony Stark dalam film Iron Man. Ia secara pribadi mengungkapkan keinginannya untuk menjadi pengisi suara Jarvis milik Mark. Banyak juga usulan seputar aktor bersuara bagus lain sebagai pengisi suaranya.

Namun pada akhirnya, aktor pemilik suara terbaiklah yang dipilih. Adalah Morgan Freeman, aktor kenamaan Amerika yang memiliki suara paling kharismatik yang akhirnya dipilih oleh Mark sebagai pengisi suara Jarvis. Harus diakui sih, pemeran “God” dalam film Bruce Almighty ini memang suaranya enyak~

Buat kamu yang penasaran, nih ada videonya. Silahkan tonton sendiri, ya…

Sayangnya, Jarvis milik Mark Zuckerberg ini belum diproduksi untuk umum. Ia adalah asisten pribadi milik Mark. Jadi sabar aja ya menunggu. Siapa tahu Mark memutuskan untuk merilis Jarvis untuk kita semua.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya