Terlepas dari panasnya hubungan politik dan perselisihan antara Korea Utara dengan Amerika Serikat, ada satu persamaan unik antara kedua pemimpinnya yaitu Kim Jong-Un dan Donald Trump. Kedua tokoh yang sama-sama kontroversial dan sensasional ini, seringkali jadi bahan meme netizen gara-gara gaya rambutnya yang sangat tidak biasa. Hipwee sudah pernah membahas rahasia di balik rambut Donald Trump, kini saatnya mengulik gaya rambut Kim Jong-Un yang buat banyak orang speechless.

Bahas rambut memang sepertinya kelihatan tidak penting, tapi gaya rambut seorang presiden atau pemimpin seringkali punya makna tersendiri lho guys. Ya semacam pencitraan gitu. Tapi kalau pemimpin negara biasanya menata rambutnya dengan simple dan rapi biar tampak berwibawa, kira-kira apa ya yang ingin dicitrakan oleh Kim Jong-Un dengan gaya rambut nyentriknya? Buat yang penasaran, yuk kupas tuntas bareng Hipwee News & Feature!

Gaya rambut yang gagal dipahami orang di luar Korut itu, tampaknya memang sarat makna politik. Biar dihormati seperti ayah dan kakeknya, Kim Jong-Un diyakini meniru gaya rambut mereka

Hasil rambutnya terinspirasi dari perpaduan antara pemimpin Korut sebelumnya via www.theguardian.com

Sebagai cucu yang sangat ngefans dengan kakeknya, Kim Jong-Un memang selalu tampak terobsesi dengan sosok Kim Il-sung. Tidak terkecuali soal gaya rambutnya ini. Gaya rambut Kim Il-sung yang klimis ini disinyalir menginspirasi penampilan Kim Jong-un saat ini. Nggak hanya itu, Kim Jong-Un bahkan diyakini menambahkan polesan ala ayahnya yaitu Kim Jong-Il yang dicukur di samping.

Alhasil, rambut Kim Jong-un yang tebal akhirnya dibuat klimis meninggi dengan cukuran di samping. Gaya rambut kakek dan ayahnya sendiri-sendiri sebenarnya tidak tampak terlalu ekstrem, tapi jika digabung ternyata cukup aneh.  Bahkan laman The Guardian menyebutkan bahwa gaya rambut Kim Jong-un ini defying-gravity, atau melawan gravitasi. Saking ‘dipaksakan’ buat jabrik kali ya. 😀

Padahal waktu masih remaja dan kuliah di Swiss, rambut Kim Jong-un bisa dibilang ‘normal’ layaknya pemuda korea lho

Advertisement

Kim Jong-un saat masih di Swiss. Mirip siapa ya? via www.abovetopsecret.com

Jauh sebelum Kim Jong-un menjadi penerus takhta keluarganya, Kim Jong-un sempat mengenyam pendidikan di Swiss dan tampak seperti pemuda Korea pada umumnya. Muka garang dan rambut melawan gravitasinya pun sama sekali belum ada. Bahkan bisa dibilang imut dan cocok jadi kandidat boyband.

Kalau menurut kalangan penata rambut, gaya rambut Kim Jong-un ini sebenarnya dulu pernah jadi tren lho. Mirip sama gaya flat-top yang populer pada tahun 1988

Serupa tapi tak sama via www.hipwee.com

Gaya flat-top yang juga jabrik ini awalnya dipopulerkan oleh band hip-hop 80-an Kid ‘n Play. Member Kid ‘n Play yaitu Christopher Reid sempat menggunakan gaya rambut super nyentrik dengan jabrik yang sangat tinggi. Mulai saat itu anak muda pun banyak yang meniru gaya rambut ala Christopher Reid yang dinamakan flat-top. Mirip-mirip lah dengan hype-nya gaya rambut mohawk pada dekade ini.

Sayangnya Kim Jong-Un baru mengaplikasikan gaya flat-top di masa kekinian. Sehingga banyak juga yang menilai rambut si supreme leader ini jadul banget.

Pakar rambut lain pun ikut angkat bicara. Katanya gaya rambut Kim Jong-un adalah paduan perm dan wax yang sebenarnya sulit dilakukan

Butuh usaha dan waktu persiapan yang lumayan, untuk bisa tampil seperti ini via media.gq.com

Founder salon Hurwundeki, salon ternama di Korea Selatan, ikut angkat bicara soal rambut Kim Jong-Un. Menurutnya, bentuk yang didapatkan oleh Kim Jong-Un adalah kombinasi yang pas antara perm dan wax. Perm merupakan metode pembentukan rambut dengan bahan kimia yang sering digunakan juga dalam mengeriting rambut. Sedangkan wax adalah gel rambut yang hampir serupa pomade untuk membuat rambut tetap bertahan bentuknya, dalam hal ini rambut Kim Jong-un jadi terlihat tetap kaku dan klimis.

Bahkan untuk mendapat gaya rambut serupa Kim Jong-un ini nggak mudah lho. Harus pakai fresh perm setiap bulan dan perawatan professional. Padahal gosipnya Kim Jong-Un paling anti rambutnya disentuh sama tukang cukur. Wah kalau beneran merawat rambutnya sendiri, pemimpin Korut satu ini sepertinya memang berbakat kalau buka usaha barber shop nih!

Meski sering jadi meme dan lelucon di kalangan netizen internasional, gaya rambut Kim Jong-Un mungkin sebenarnya justru membuatnya dihormati oleh rakyat Korea Utara. Di Korut yang serba tertutup dan misterius, wajar aja sih kalau mereka tidak tahu tren rambut terbaru yang dianggap keren oleh orang-orang lain di dunia. Apalagi warga Korut memang tak boleh sembarangan menentukan potong rambut karena pemerintah otoriter Korut bahkan mengatur gaya-gaya rambut yang diperbolehkan secara hukum. Sedih ya 🙁

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya