Sebagai warga negara Indonesia, kita semua sudah seharusnya bisa menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dengan segenap jiwa dan raga. Semasa sekolah pasti rutin dikumandangkan tiap upacara bendera, diharapkan lagu ini tertanam dalam tiap sanubari warga Indonesia. Meski tak dipungkiri selepas lulus SMA, kesempatan kita menyanyikan ‘Indonesia Raya’ pasti berkurang drastis. Tapi malu lah ya kalau sampai ada orang Indonesia yang lupa sama lagu kebangsaannya sendiri.

Meski kebanyakan pasti yakin akan kemampuan mereka nyanyi “Indonesia Raya”, ternyata menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) banyak yang salah. Sebagaimana dilansir Kompas, kesalahan itu lebih tepatnya karena banyak yang menyanyikan lagu kebangsaan ini dengan sikap, cara, dan notasi yang berbeda-beda alias tidak seragam. Maka dari itu Kemdikbud dari tanggal 18-20 Mei 2017 ini akan merekam ulang versi baku lagu ‘Indonesia Raya’.

Proses rekam ulang ini akan dilaksanakan di studio bersejarah, Lokananta di Solo, Jawa Tengah, tempat pertamakali lagu ini direkam. Yang penasaran, baca selengkapnya ulasan spesial Hipwee News & Feature ini!

1. Mungkin saking semangatnya menyanyikan “Indonesia Raya” kadang kita nggak sadar banyak notasi yang meleset

Sering kali kita terlalu bersemangat, menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” tanpa ancang-ancang yang meyakinkan. Yang penting lantang dan bersemangat. Nggak salah sih memang… lagian apa yang salah dengan semangat nasiolisme ini. Namun hal berbeda diungkapkan oleh Lokananta lewat Kompas kemarin (18/05). Mereka menilai bahwa notasi yang nggak seragam membuat struktur Indonesia Raya berubah-ubah. Ada benarnya juga sih… bayangin kalau nggak dibenerin, lama-lama malah bakal jadi ngawur semua. ‘Kan repot ya!

2. Bukan cuma nada bakunya, Kemdikbud juga ingin membenahi sikap ketika menyanyi. Masih sering kurang khidmat, emang perlu dikasih tutorial tentang cara nyanyi yang bener sih….

Banyak yang nyanyinya kurang khidmat via youtube.com

Advertisement

Menyanyikan lagu kebangsaan dengan sikap dan cara yang benar kiranya masih jadi sesuatu yang jarang diketahui oleh banyak orang Indonesia. Nggak ada yang bisa disalahkan karena memang penciptaan lagu “Indonesia Raya” selain untuk membentuk identitas juga sebagai jalan menunjukan semangat kebangsaan. Hal-hal mengenai teknis saat bernyanyi yang baik dan benar nyatanya masih banyak dipertanyakan, malah nggak sedikit yang nggak tau aturan bakunya.

3. Kemdikbud memilih Lokananta karena di situ pula rekaman asli Indonesia Raya untuk pertama kali disimpan

Di luar semua cara unik orang-orang Indonesia menyanyikan lagu “Indonesia Raya”, ada fakta menarik tentang dipilihnya studio Lokananta untuk merekam ulang lagu “Indonesia Raya”. Menurut catatan sejarah, studio Lokananta merupakan studio musik pertama di Indonesia yang didirikan tahun 1956. Di Lokananta pula tersimpan sebuah arsip berharga berbentuk rekaman tiga stanza “Indonesia Raya” versi musikus Josef Kleber. Jadi memang Lokananta punya nilai historisnya tersendiri kenapa cocok dijadikan studio rekam ulang lagu “Indonesia Raya”.

4. Purwacaraka dan paduan suara Gita Bahana didaulat untuk menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”

Musisi kenamaan Indonesia, Purwacaraka ditunjuk untuk memimpin proses rekaman paduan suara yang nggak kalah terkenalnya, Gita Bahana. Paduan suara Gita Bahana memang masih terlalu asing di telinga kalian, tapi jika kalian sadari mereka sering terlibat dalam upacara Hari Kemerdekaan RI lho.

5. Biar kita semua paham sejarahnya, pemerintah juga akan menerbitkan buku sejarah tentang lagu “Indonesia Raya”

Cukup menyedihkan memang, kita sebagai warga negara yang katanya mencintai tanah air ini gagal untuk mengenal lebih dekat negeri kita sendiri. Hal itu bukan ungkapan kesedihan belaka, namun memang nggak sedikit dari kita nggak mengenal sejarah bangsanya sendiri. Seperti mengenal sejarah tentang lagu “Indonesia Raya” pun harus jadi kewajiban.

Yup, pemerintah akan menerbitkan buku sejarah tentang lagu ini. Biar kita semua tahu bahwa lagu kebangsaan yang diciptakan penuh dengan perjuangan dan kisah-kisah kepahlawanan yang gemilang.

6. Rangkaian kegiatan ini akan diakhiri dengan konser musik Indonesia Raya bulan Oktober nanti

Mungkin kalian bertanya, kenapa lagu kebangsaan jadi hal yang penting untuk dibahas? Karena ini kaitannya dengan semangat nasionalisme dan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” adalah sesuatu yang paling nyata bisa kita lakukan sekarang ini. Kemdikbud telah memulai sebuah kegiatan dengan tajuk Tutorial Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selain dibuatnya rekaman versi baru Indonesia Raya dan merilis buku sejarah, Kemdikbud juga akan menyelenggarakan konser musik Lagu Indonesia Raya pada bulan Oktober nanti.

Nggak kebayang ‘kan kalo lagu “Indonesia Raya” sampai berubah nadanya karena banyak yang salah nyanyi. Nah biar terus terjaga, Kemdikbud akhirnya keluar dengan program seperti ini. Besok didengarkan ramai-ramai ya rekaman baru lagu kebangsaan “Indonesia Raya” yang baru ini. Biar nggak ada lagi yang salah…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya