Seberapa sering kamu berkunjung ke situs badan atau lembaga milik pemerintah? Mungkin nggak pernah, atau cuma kalau perlu aja — nggak kayak Facebook yang bakal kamu buka setiap harinya. Bukan cuma kamu, PNS-PNS di kantor pemerintah mungkin juga lebih sering buka Facebook daripada situs lembaganya sendiri. Ehe.

Karena jarang dibuka, wajar aja kalau tampilan situs-situs ini seadanya. Dan sadar nggak sih, di setiap situs milik pemerintah itu pasti ada:

Running text tingkat dasar

  • Running text dari kiri ke kanan gitu di laman beranda.

Foto ganti-ganti gitu

Advertisement
  • Foto yang ganti-ganti. Ganti-gantinya otomatis sih, tapi kita juga bisa pencet tombol angka 1 – 2 – 3 – 4 gitu kalau mau fotonya ganti lebih cepet. Canggih ‘kan?

Anyway, karena kami iseng, kami pun ngecek beberapa tampilan situs milik pemerintah. Ada yang nggak banget, tapi ternyata ada juga beberapa yang oke. Berikut hasil investigasinya:

1. Di laman utama situs Dirjen Imigrasi ada foto paspor yang agak aneh

Paspor via imigrasi.go.id

Ini termasuk situs pemerintah yang sering dikunjungi. Nggak ada yang menarik sih, cuma mereka punya pelayanan registrasi paspor online aja. Desainnya sendiri standar. Informasi yang ada di dalamnya juga lumayan lengkap dan jelas.

Yang lucu adalah foto paspor 24 dan 48 halaman di atas timbangan ini sih. Fungsi dan derajat paspornya sama, tapi timbangannya nggak seimbang. Mana yang lebih berat justru paspor 24 halaman, lagi. Maunya apa…

2. Di situs Sekretariat Negara, ada pop-up yang… unyu (?)

Unyu nggak? via setneg.go.id

Situs Kementerian Sekretariat Negara ini sebenarnya juga standar. Running text, check. HTML slideshow di beranda, check. Yang bikin “wow” adalah poster pop-up cokelat di homepage-nya sih. Itu huruf ‘O’-nya negatif film ‘kan ya? Awalnya, kirain itu kuman berkaki gitu ehehehe

3. Situs Revolusi Mental masih dalam proses pengerjaan. Layaknya proses pencarian jodoh yang nggak kelar-kelar

Revolusi mental via Revolusimental.go.id

Ini situs atau proses nyari jodoh sih? Kok nggak kelar-kelar?

Situs yang menelan dana 200 juta ini (bukan 1,4 miliar seperti yang sempat terdengar) sempat hilang dari peredaran, tapi kemudian muncul lagi dengan keterangan “Sedang dalam proses pengerjaan”. Kita doain aja cepat selesai pengerjaannya, ya.

4. Surprisingly, situs BPPT Kota Bandung punya desain yang bagus dan profesional

Situs BPPT (Badan Pelayanan Perizinan Terpadu) Kota Bandung ternyata situsnya cakep, guys. Ada video tutorialnya segala. Terus semua keterangan soal syarat dan prosedur mengurus perizinan juga tersedia dengan rapi. Situs lembaga pemerintah yang lain kenapa jarang banget yang desainnya seprofesional ini ya?

5. Situs POLRI juga (ternyata) oke. Wow.

Situs polri owow via polri.go.id

Wah, situsnya oke! Dari pandangan awam, paling nggak desainnya bersih dan terstruktur rapi. Kalau kita mengklik salah satu menu-nya, bakal ada drop down menu yang juga bisa diklik gitu. Oke deh! Paling nggak saya tahu sekarang semua uang damai saya ke mana. Buat bikin situs oke, ternyata *senyum*

6. Wah, tapi situs TNI masih standar. Belum se-oke situs POLRI.

Bersama rakyat TNI kuat via tni.mil.go.id

Berbeda dari situs POLRI, situs TNI masih termasuk standar sih. Ada running text sama foto yang ganti-ganti, selain itu juga ada quote Jenderal Sudirman gede banget di sisi kanan laman beranda. Jadi serasa di Tumblr gitu, ada quote-quote. Hehehe.

7. Untuk kementerian yang bergerak di bidang komunikasi dan informasi, Kominfo nggak punya situs yang menarik. Kecuali…

Kominfo via kominfo.go.id

Gak ada yang menarik dari situs Kominfo, kecuali statistik aduan kontennya. Ternyata selama ini udah ada 764.401 situs yang diblokir pemerintah… Banyak banget ya rupanya? Udah kayak nominal uang jajan bulanan mahasiswa aja :”)

8. Situs LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Oh maaf, situsnya nggak available. COBA PANIK DULU.

9. Dan kusala situs pemerintah dengan desain terbaik jatuh kepada…

Situs Pariwisata Indonesia via www.indonesia.travel

Mau tahu situs pemerintah dengan desain terbaik? Nggak mengejutkan, yang layak mendapat kusala ini adalah situs indonesia.travel yang dikelola Kementerian Pariwisata. Ada salah ketik sedikit sih di bagian bawahnya (‘Kementrian’ alih-alih ‘Kementerian’), tapi situs ini menyenangkan sekali untuk ditelusuri. Informasi destinasi pariwisatanya pun lengkap, dari destinasi di Aceh sampai Papua. Nggak malu-maluin sebagai situs promosi pariwisata <3

Kamu punya situs lembaga pemerintah favorit nggak? Bagi-bagi screenshot-nya sini!