Luasan tanah tidak bertambah, sementara populasi dunia terus membengkak. Jelas saja masalah perumahan jadi tantangan tersendiri bagi generasi millennial kini. Bahkan menurut pendapat ahli, banyak generasi millennial yang tidak akan bisa memiliki rumah semasa hidupnya karena harga tanah dan rumah yang semakin tidak masuk akal. Dari membangun gedung tinggi menjulang, hingga perumahan kluster yang hanya selebar badan, semua solusi untuk menyediakan housing atau perumahan sepertinya sudah dicoba.

Tapi kini ada tren housing terbaru yang mulai populer di beberapa negara yaitu mobile home. Tanpa harus memiliki lahan atau membangun fondasi, rumah-rumah ini bisa bergerak dan dipindahkan sewaktu-waktu. Karena sifatnya yang portable, rumah-rumah ini dapat dibawa ketika pemiliknya sedang bepergian. Fasilitas yang ditawarkan pun beragam. Ada yang hanya terdiri dari tempat tidur, ada yang fasilitasnya lebih lengkap karena menyediakan dapur dan teras. Tren arsitektur terbaru ini adalah solusi alternatif bagi permasalahan housing yang makin parah saja. Buat yang penasaran, berikut Hipwee News & Feature rangkum 15 inspirasi rumah bergerak yang bisa kamu beli atau buat sendiri. Check it out!

1. Rumah ini lebih cocok dibawa saat bepergian. Lihat saja fasilitasnya hanya ruang tidur dan dapur kecil yang bisa dilipat. Tapi cute ya bentuknya!

2. Ini juga nggak begitu besar tapi teras depannya itu lho, bayangkan saja duduk sore-sore di sana ditemani secangkir teh hangat, rasanya nggak terbayar deh!

Imut banget via inhabitat.com

3. Dengan didominasi warna cokelat, rumah bergerak satu ini membawa perasaan hangat bagi siapapun yang memasukinya. Belum lagi ditambah dekor tanaman imut di sampingnya. Lucu ya?

Tapi bawanya berat nggak ya kira-kira? via inhabitat.com

4. Wah kalau ini terobosan baru dari hammock ya. Biasanya hammock cuma dibuat dari kain dan tali, tapi kalau ini sampai ada atapnya, nggak khawatir panas atau hujan ya

Advertisement

Bisa jadi hammock! via edition.cnn.com

5. Isinya cuma kasur sih, tapi serunya bisa dibawa ke pantai atau pegunungan. Bayangkan dong tidur-tiduran di sana sambil menikmati sunset..

Bisa dibawa ke pegunungan via edition.cnn.com

6. Desainnya mengingatkan sama film-film futuristik macam X-Men ya, dalamnya juga pasti keren sih. Kamu pengen nggak?

Kayak di film-film via pixewalls.com

7. Bentuk boleh biasa, tapi kalau diberi sentuhan warna-warni seperti begini siapa yang bisa menolak? Terlalu lucu kan, apalagi kalau lihat dalamnya..

Colorful

Bagian dalamnya, lucu sih via www.countryliving.com

8. Rumah begini paling cocok dibawa ke padang savana luas. Duduk santai di depannya begitu sepertinya menyenangkan

Komplit dengan tenda buat bersantai di depan via edition.cnn.com

9. Para arsitek tak lupa membuat rumah ini tahan berbagai cuaca ekstrim seperti salju misalnya. Jadi nggak perlu khawatir akan rusak ya..

Melindungi dari salju via edition.cnn.com

10. Jangan remehkan rumah ini sampai kamu lihat bagian dalamnya. Benar-benar memanfaatkan setiap sudut yang ada deh, keren!

Dari kayu via inhabitat.com

Bagian dalamnya, keren kan via inhabitat.com

11. Sudah bentuknya imut, ditambah hiasan tanaman-tanaman hijau di beberapa sudut. Bikin kelihatan lebih hidup

Lucu ya! via inhabitat.com

12. Ini awalnya sih mobil, terus dimodifikasi sampai bisa dijadikan rumah. Meskipun kecil tapi cukup unik dan solutif!

Dari mobil disulap jadi rumah via edition.cnn.com

13. Rumah bergerak ini awalnya juga kontainer berbentuk kotak biasa. Tapi setelah diimprovisasi bisa dijadikan ruangan bersantai dengan lapisan tembus pandang gitu. Cool!

Wah bisa dilipat gitu ya via www.bonjourlife.com

14. Wah mobile home satu ini cukup komplit karena dilengkapi dengan lantai 2. Tak lupa dengan balkon untuk bersantainya. Bikin mupeng..

Ada balkonnya via inhabitat.com

15. Dengan desain yang cukup minimalis, rumah satu ini juga mampu menjadi tempat bersantai saat liburan. Lebih pas sih ‘parkir’nya di padang rumput luas begini ya..

Desainnya minimalis via www.pinterest.com

Rumah-rumah bergerak ini bahkan sudah dijual secara online lho guys! Dijual jadi atau bisa dirakit sendiri, dan langsung bisa dikirimkan kemanapun kamu berada. Meskipun mungkin kelihatannya cuma kayak van atau karavan buat piknik, nyatanya banyak lho orang yang memilihnya sebagai gaya hidup. Di Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa, sudah banyak bermunculan taman-taman parkir untuk mobile home seperti ini. Hanya tinggal bayar biaya sewa yang tentunya jauh lebih murah dibandingkan beli tanah, kamu bisa memarkirkan rumah bergerakmu untuk beberapa tahun atau bulan.

Yah memang belum bisa dibayangkan di Indonesia sih, tapi ya mungkin suatu saat nanti kita bisa milih tinggal di mobile home-mobile home ini. Jadi nggak usah pusing mikirin KPR atau program housing pemerintah yang kurang masuk di akal.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya