Dunia baru saja dihebohkan dengan kabar rencana pernikahan pasangan drama populer ‘Descendant of the Sun‘, Song Joong-Ki dan Song Hye-Kyo. Setelah berkali-kali menyangkal rumor pacaran, pasangan ini mematahkan berjuta-juta hati fans setianya dengan mengumumkan bahwa akhir Oktober 2017 besok, keduanya akan menikah. Ya tapi kalau dipikir bener juga sih. ‘Kan para reporter tanyanya pacaran apa nggak, mungkin dari awal mereka sudah niat nikah jadi nggak terima disebut pacaran. Hehe.

Ada yang menyebutnya ‘Hari Patah Hati Internasional’, tapi ada juga yang sepenuh hati memberikan restu karena chemistry dua aktor ini yang wow banget dalam ‘Descendant of the Sun‘. Bahkan media Korea Selatan seperti The Korea Herald menyebut kisah keduanya seperti cerita dongeng yang jadi kenyataan. Tapi percayakah kamu jika ini bukan tahun 2017, melainkan tahun 1990-an atau sebelum tahun 2005, pernikahan Song Joong-Ki dan Song Hye-Gyo itu ilegal dan akan dilarang pemerintah Korea Selatan?! Semua itu karena mereka memiliki nama belakang yang sama, Song.

Peraturan itu resmi dihapus pada tahun 2005 kemarin. Untung ya udah tahun 2017, yuk simak ulasan Hipwee News & Feature ini!

Peraturan ini berasal dari norma tradisional yang tidak memperbolehkan kerabat atau saudara jauh menikah. Punya nama belakang yang sama di Korea, memang berarti berasal dari satu keturunan

Kalau ditelusuri beratus-ratus atau ribuan tahun lalu, Song Joong-Ki & Song Hye-Gyo memang mungkin satu keturunan via www.soompi.com

Peraturan ini diatur dalam Pasal 108 dari undang-undang sipil tentang pernikahan yang berlaku di Korea Selatan sejak tahun 1957.

Advertisement

Article 809 [Prohibition of marriage between parties whose surname and ancestral home are common] (1): A marriage may not be allowed between blood relatives, if both surname and its origin are common to the parties.

Sejak zaman kerajaan, nama belakang di Korea memang diturunkan secara turun menurun dari garis keluarga ayah. Jadi kalau memiliki nama belakang yang sama, kemungkinan besar orang Korea memang memiliki hubungan kekeluargaan. Tapi ya itu ‘kan sudah beratus-ratus atau bahkan ribuan tahun yang lalu. Toh kalau ditelusuri, semua orang di dunia juga pasti ditemukan saling berhubungan keluarga.

Larangan ini sebenarnya sudah tidak populer di kalangan warga Korsel sendiri sejak tahun 70-an. Masalahnya, orang dengan nama Kim saja jumlahnya sampai 5 juta orang

Nama belakang di Korsel hanya ada 286, Song juga termasuk yang cukup banyak via thekoreamagazine.com

Permasalahannya dengan aturan tersebut adalah, keluarga terus bertambah dan beranak pinak sementara nama keluarganya tetap dipertahankan. Nama belakang yang paling umum di Korea Selatan adalah KIM. Sebanyak lebih dari 20% warga Korsel bermarga KIM. Pada tahun 2017 ini persentase tersebut mewakili hampir 10 juta orang. Bayangkan jika orang sebanyak itu tidak bisa menikahi satu sama lain. Padahal ya jarak hubungan keluarganya sudah sangat jauh. Makanya sejak tahun 1970-an, banyak warga Korsel yang sudah protes. Terutama mereka yang bermarga KIM.

Kalau nama belakang pasangan favorit kita sendiri, Song merepresentasikan sekitar 1,4% atau sekitar 600 ribu warga.

Pernah lihat ‘Reply 1988‘?! Dalam drama itu juga diceritakan perjuangan pasangan dengan nama belakang yang sama untuk menikah. Pemerintah sempat beberapa kali mencabut UU ini untuk sementara

Bisa menikah karena pemerintah bisa mencabut UU ini tahun 1977, 1985, dan 1995 via tistory.com

Masalah larangan pernikahan ini juga sempat diangkat dalam drama populer ‘Reply 1988‘ lho! Ingat nggak pasangan Bora dan Sun-Woo? Bukan cuma stigma umur Bora yang lebih tua dari Sunwoo saja, ternyata mereka juga memiliki nama belakang yang sama. Dalam drama itu sih memang tidak dijelaskan secara detail, tapi sempat ‘disentil’ mereka khawatir tidak bisa menikah karena keduanya bermarga Sung. Mungkin maksud penulis ceritanya, mereka menikah waktu pemerintah mencabut sementara larangan itu pada tahun 1995.

Tiap kali ada pencabutan sementara tersebut, banyak pasangan dengan bermarga sama berbondong-bondong melegalkan pernikahan mereka. Karena nyatanya banyak pasangan yang tidak mengindahkan larangan pemerintah tersebut, ya menikah secara agama atau tinggal bersama saja! Atau ada pasangan yang sampai menuntut negara melegalkan pernikahan mereka ke pengadilan. Akhirnya setelah berpuluh-puluh tahun diprotes kiri-kanan, peraturan ini secara resmi dihapuskan pada tahun 2005 kemarin.

Wah meskipun terdengar sepele, ternyata polemik nama belakang ini punya akar yang cukup dalam di Korea Selatan. Untung saja ya Song-Song Couple ini mau nikahnya di tahun 2017, jadi sah-sah saja. Paling ya tinggal hard core fans keduanya yang nggak terima. Moga pernikahannya lancar ya oppa dan eonnie!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya