Anak muda zaman sekarang hidup di era serba digital. Mulai dari lagu hingga buku semuanya ada versi digitalnya. Kalau bicara soal era digital, ada Youtube yang jadi salah satu rajanya. Salah satu situs pemutar video dunia ini punya konten yang beragam. Mulai dari video musik, episode salah satu kartun favoritmu hingga tutorial make-up pun ada!

Platform media sosial seperti Youtube itu bisa diakses dan dipakai oleh semua orang. Semua orang bisa mengunggah konten-nya masing-masing semaunya, asal masih dalam batas guideline Youtube. Ada video yang bisa viral dibagi dan dilihat jutaan orang. Ada juga video yang mungkin cuma dilihat anggota keluarganya sendiri. Kalau masalah populer atau tidaknya sebuah konten ya itu masalah tersendiri ya. Tapi fenomena yang seringkali buat heran adalah munculnya tren Youtuber sebagai profesi yang katanya cukup menjanjikan. Nyatanya di zaman sekarang ini ada lho sejumlah orang yang bisa membiayai hidupnya hanya dengan meng-upload video-video di Youtube. Ya pantas lah kalau semua orang ingin ikut juga kaya dari Youtube.

 

1. Kalau memang serius pengen dapat duit dari Youtube, pertama-tama kamu harus menghidupkan opsi monetization di akun Youtube-mu

Tanda kamu bukan cuma hobi upload video saja, tapi juga mengharap bayaran via aamiriqbalonline.com

Pertama, akun Youtube-mu memang harus di-setting secara manual yaitu untuk mengaktifkan fitur monetization. Istilah dengan mengaktifkan fitur ini, kamu memberi tahu Youtube bahwa dirimu ingin mendapat kompensasi duit. Tapi tidak semua akun bisa langsung mendapat balasan uang dari Youtube. Akunmu harus paling tidak bernilai $100 per bulan, baru Youtube mau mencairkan gajimu. Nah nilai sebuah akun itu ditentukan oleh beberapa faktor.

2. Semua uang di Youtube berpusat pada iklan-iklan yang seringkali mengganggu tontonanmu atau yang dipojok kanan atas halaman video

Advertisement

Menggangu, tapi inilah caranya mendapat untung via www.adknowledge.com

Meski yang terlihat adalah jumlah views dan subscribers, tapi yang lebih penting adalah jumlah mereka yang melihat iklan-iklan yang ada di halaman videomu paling tidak selama 30 detik. Nah jumlah orang itulah yang bisa diterjemahkan ke bilangan duit oleh Google AdSense. Lho apa itu Google AdSense, kok bukan Youtube yang bayar? Youtube itu sebenarnya adalah produk Google. Semua urusan iklan atau ads-nya Google diurus oleh Google AdSense. Makanya kalau akun Youtube-mu bisa mencapai threshold atau ambang batas $100 dari jumlah bayaran iklan, kamu bisa mulai mendapat bayaran. Disamping mengaktifkan monetization di akun Youtube-mu, kamu juga harus membuat akun AdSense tersendiri. Disanalah kamu akan mengisi alamat, metode, dan hal-hal lain tentang pembayaran.

 

 

3. Naik turunnya gaji Youtube-mu ya ada di tanganmu sendiri, tergantung seberapa banyak iklan bisa dilihat. Makanya sebanyak mungkin kamu memang harus menaikkan views dan subscribers

Amplop gajiannya kira-kira begini via fuzz-box.blogspot.co.id

 

Besaran uang gaji Youtube memang ditentukan oleh iklan, tapi untuk mendatangkan ‘penonton’ iklan itu kamu harus punya pengikut setia supaya gajimu stabil dan bisa naik terus. Makanya dalam konteks itu, jumlah subscribers dan views juga penting. Bagus tidaknya konten mungkin akan menentukan viralitas atau views sebuah video. Tapi jika ingin punya penghasilan stabil per bulan, kamu harus membesarkan angka subscribers-mu. Karena alasan itulah, banyak orang lewat di video-video secara random minta akunnya di-subscribe. Artinya, mereka sudah tahu cara mencari duit dari Youtube.

 

4. Youtube katanya akan membayar $1,5 – $5 per 1000 orang yang klik atau melihat AdSense videomu. Jadi semakin besar views dan subscribers-mu, semakin besar kesempatanmu meraup uang

Bayarannya dalam Dollar via fastcompany.net

Ada kabar yang mengatakan bahwa Youtube akan membayarmu $1,15 – $5 untuk setiap seribu views. Yang benar bukan 1000 viewers-nya, tapi berapa dari 1000 views tersebut melihat iklan. Jadi setiap ada 1000 orang yang melihat videomu, berharaplah 1000 orang pula yang melihat iklan Google AdSense tersebut. Nah kamu dapat bayarannya dari sana. Yah, kecuali orang tersebut menggunakan ad-block sih ya. Untuk besarannya pun tak menentu. Tergantung konten, wilayahmu hingga panjang video. Video kucing tertawa yang durasinya 2 menit tetap akan kalah dengan video tutorial make-up yang durasinya 30 menit, meski viewers-nya sama-sama 1000 orang!

 

 

5. Oh jadi dapet duitnya dari AdSense klik dan view, lantas gunanya subscribers apa saja?

Jangan remehkan subscribers via youtube.com

Jadi gini, subscriber di Youtube memang tak memiliki dampak langsung terhadap income yang akan kamu terima dari Youtube. Banyak atau tidaknya subscribers tidak termasuk acuan Youtube dalam hal pembayaran mereka kepada pemilik video. Akan tetapi bukan berarti subscribers nggak penting loh ya. Semakin banyak yang subscribers, artinya videomu akan semakin sering nampang di feeds milik orang-orang. Nah, dari situ kemungkinan videomu dilihat orang akan semakin tinggi. Pada akhirnya, klik untuk video tersebut akan menghasilkan uang buat kamu juga. Jadi jangan meremehkan subscribers, ya.

 

 

6. Terus cara mencairkan uangnya gimana? Kan itu nggak dibayar cash sama Google…

Salah satunya bisa lewat Western Union via google.com

Buat kamu yang belum tau seputaran uang dari Google Adsense, kursnya menggunakan kurs Dollar. Nah uang dari Google Adsense ini akan sampai di tanganmu lewat tiga cara yang bisa kamu pilih sendiri sesuai preferensi. Pertama melalui ATM. Uang dari Google AdSense akan ditransfer ke rekening bank milikmu. Jadi pastikan bank-mu bisa menerima transfer dari akun luar negeri terlebih dahulu ya sebelum memilih opsi ini.

Cara kedua adalah dengan menggunakan cek. Iya, nanti ceknya akan dikirim ke alamat yang kamu tuju. Nah cara terakhir adalah menggunakan Western Union. Jadi nanti kamu mencairkannya melalui kantor pos. Dari ketiga cara tersebut, kamu bisa memilih yang mana sesuai dengan yang kamu minta.

 

 

7. Cara lain dapetin uang dari Youtube adalah via endorse produk. Tapi ini kalau subscribers-mu udah gede sih

Yang subscribers-nya sudah jutaan ini jadi incaran via ytimg.com

Nah jika subscribers-mu sudah banyak pake banget, kamu bisa mencoba cara ini untuk mendapat uang lebih. Yak, nggak cuma selebgram atau selebtwit doang yang bisa endorse produk. Kalau subscribers-mu banyak, kamu pun bisa buka lapak untuk endorse juga. Bikin gih satu video khusus yang isinya promosi konten. Bentuknya sih terserah kamu. Nah dari situ kamu bisa dapat uang untuk video promosi yang kamu buat.

 

Ada alasan tertentu kenapa bisnis konten video di Youtube ini jadi menarik untuk anak muda. Salah satu keuntungannya adalah kamu bisa ngembangin konten video sesukamu, bahkan dari hobi yang kamu suka pun bisa. PewDiePie dan Bayu Skak jadi contohnya. Di dunia Internasional, PewDiePie adalah juaranya. Ia mengantongi Rp 162 miliar dalam setahun dengan konten video yang berisi reaksi bermain games yang memang jadi hobinya. Pun demikian dengan Bayu Skak yang sampai meraup hingga Rp 25 juta tiap bulannya. Semuanya diawali dari hobi mereka sendiri.

Gimana, tertarik buat bikin sendiri?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya