Seringnya cuaca panas menggila di siang hari, seringkali bikin kita ngidam dessert yang dingin-dingin. Apalagi kalau bukan ‘ice cream’ atau es krim. Di bulan Ramadan ini, es krim juga sering jadi pilihan manis untuk berbuka. Sekarang es krim bukan hanya dijual di warung atau gerobak keliling, sudah banyak toko eksklusif yang menjual es krim berbagai rasa. Tapi kalau kamu lihat tren belakangan ini, bukan cuma toko es krim saja yang menjamur. Ada juga tren yang tidak kalah populer, yaitu toko-toko ‘gelato‘.

Jika hanya dilihat, bentuk es krim dan gelato hampir sama. Bahkan banyak yang tidak tahu kalau keduanya itu beda. Mungkin yang jualan juga ada yang nggak tahu bedanya. Ya sebenarnya gelato itu sendiri arti sederhananya adalah ‘es krim’ dalam bahasa Italia. Tapi es krim khas Italia ini memang sedikit berbeda dengan kebanyakan tipe es krim dari negara lain. Nah biar tahu bedanya dan nggak bingung lagi, Hipwee News & Feature bakal bahas bedanya es krim dan gelato. Jangan cuma tahu enaknya doang ya, kamu juga harus tahu perbedaannya…

1. Meski sama-sama dingin, ternyata komposisi utama keduanya beda. Alhasil rasanya juga berbeda

2. Gara-gara komposisi bahannya yang beda, kandungan lemaknya juga tidak sama. Hayo tebak mana yang punya kandungan lemak lebih sedikit?

3. Meski secara garis besar pengolahannya sama, namun ada loh perbedaan pengolahan es krim dan gelato. Yak, kecepatan pengolahan adonannya!

4. Karena itu pula kadar udaranya juga berbeda. Gelato itu harusnya lebih padat gelato daripada es krim

5. Jangan salah, suhu yang dibutuhkan untuk Ice menyimpan es krim dan gelato ternyata berbeda loh

6. Pun demikian dengan suhu penyajiannya. Es krim dan gelato punya suhu pasnya sendiri-sendiri

7. Karena komposisi dasar adonan yang berbeda, kecepatan mencairnya juga berbeda. Tebak coba…

8. Pada akhirnya, yang paling menentukan adalah rasa. Gelato dan es krim punya kekuatan rasa yang berbeda

Nah kalau dah tahu perbedaan mendasarnya gini, kamu nggak bakal bingung lagi ‘kan?! Nggak bakal dikibulin juga kalau ternyata ada yang ngaku toko gelato tapi sebenarnya jualan es krim biasa. Beda lho ini. Jadi gimana? Setelah tahu bedanya, kamu lebih doyan gelato atau es krim nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya