Artikel ini adalah hasil kerja sama antara kampanye Aksi Nasional Tinju Tinja UNICEF dengan Hipwee. Yuk, lakukan sesuatu buat negerimu!

Sosial media di hidup kita itu udah kayak nafas. Mulai dari update berita, jadi tempat bercerita soal kehidupan sehari-hari, tempat reunian virtual sama teman lama, sampai stalking kabar mantan bisa dilakukan di sana. Saking akrabnya kita sama sosial media rasanya hampa kalau hidup tanpa dia!

Tapi di balik semua hal yang biasa kita lakukan dengan sosial media, sudahkah kamu melakukan hal yang lebih bermakna? Nggak cuma sekadar buat update status dan cari berita aja; 4 hal ini akan membuat sosial mediamu lebih berarti buat dirimu dan sesama 🙂

1. Sosial media nggak cuma kamu pakai buat update berita, tapi buat sharing ilmu baru juga!

Nggak cuma selebtweet aja yang boleh sharing ilmu baru atau kultweet. Kita-kita yang jumlah followersnya belum sebanyak mereka juga bisa melakukannya. Bagaimanapun juga, pasti ada dong sesuatu yang kita ngerti banget? Ngertiin perasaan kamu, misalnya?

Demi penggunaan sosial media yang lebih bermakna, kamu bisa mulai mengatur waktu untuk kultweet soal hal yang kamu kuasai. Kamu yang suka bola bisa kultweet soal prediksi dan analisis kenapa tim andalanmu kalah. Dan apa yang bisa dilakukan tim itu buat memperbaiki diri di musim depan. Kamu yang suka berkebun bisa berbagi soal tips dan trik berkebun di kamar kost atau di rumah kecil. Jangan lupa tambahkan tagar sesuai bahasanmu agar kultweetmu lebih mudah di-track.

2. Sosial mediamu bermanfaat kalau dipakai buat review berbagai hal baru yang seru!

Upload selfie memang nyenengin, tapi mendapat apresiasi orang berkat konten-konten kamu yang memang oke punya pasti lebih nyenengin! Sosial media adalah tempat yang pas untuk berbagi review kamu terhadap banyak hal baru, seperti tempat nongkrong, spot belanja murah, buku bagus, musik oke, dan aneka hal seru lainnya!

Apalagi kalo misalnya review kamu ternyata memang membantu usaha-usaha kecil untuk bisa lebih berkembang, sehingga sosial media bisa menjadi suatu komunitas besar yang saling mendukung satu sama lain!

3.Kamu sadar kalau sosial media bisa memberikan dampak yang besar, makanya kamu nggak mau berbagi info yang asal-asalan

Kamu sadar banget kalau sosial media bisa memberikan dampak yang besar buat dirimu, orang yang membaca, sampai buat negaramu tercinta. Apa yang kamu sebarkan itu bisa menyebar dengan cepat, baik ataupun buruknya. Karena itu kamu nggak mau asal berbagi!

Selektif dalam memilih informasi jadi sikapmu dalam berbagi. Berita HOAX nggak pernah kamu retweet, pledge-pledge nggak jelas juga nggak kamu biarkan memenuhi halaman Facebookmu. Kamu tidak menyebarkan opini yang sekiranya bisa membuat keadaan semakin keruh. Kamu juga berpartisipasi dalam aneka gerakan sosial yang jelas seperti Aksi Nasional Tinju Tinja bareng UNICEF agar lebih banyak orang yang mendapatkan informasi dan fakta tentang dampak negatif buang air besar sembarangan untuk masyarakat Indonesia.

Yup, masih banyak orang tidak tahu bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk terbanyak ke-2 di bidang” buang air besar sembarangan. Statistik ini termuat di laporan gabungan WHO/UNICEF pada tahun 2015.

Efek dari isu buang air besar sembarangan ini berdampak buruk terhadap kesehatan dan lingkungan. Terutama pada anak-anak — yang memang lebih rentan pada bakteri dari BAB sembarangan ini. Setiap tahun, antara 136.000 sampai 190.000 anak-anak di Indonesia meninggal sebelum usia ke-5 karena sanitasi yang buruk (Sumber: Levels and trends in child mortality 2014)

Bahaya banget, kan? Makanya, salut deh kamu sudah berbagi soal Aksi Nasional Tinju Tinja bareng UNICEF di sosial mediamu.

4. Nggak cuma menikmati karya orang aja, kamu juga berbagi karyamu!

Nggak cuma sekadar mendengarkan lagu via Soundcloud dan Youtube aja. Kamu juga membagikan karyamu ke dunia lewat sosial media. Lagu yang direkam di kamar atau video yang kamu ambil bareng teman kamu upload di sana. Nggak sekadar jadi penikmat kamu juga bisa jadi pencipta.

Lebih oke lagi kalau kamu menggunakannya untuk upload karya yang berhubungan sama kepedulianmu soal Indonesia. Jadi produktif dan berkarya bareng temen-temen aja udah bagus, apalagi kalo hasil karyanya ditujukan untuk saudara-saudara kita di pelosok Indonesia yang butuh dukungan kita! Kamu bisa mulai dengan berkarya untuk memberi dukungan terhadap perlawanan akan isu BABS di Indonesia yang sudah dalam zona bahaya di Aksi Nasional Tinju Tinja . Yuk kirimkan kreasi karya terbaikmu, klik linknya untuk mendapatkan langkah-langkahnya!

Apakah sosial mediamu selama ini sudah cukup berarti? Atau kamu punya cara lain untuk meg-upgrade penggunaan sosial mediamu? Bagikan ke UNICEF dan Hipwee di kolom komentar, ya!