Kalau kamu salah satu fans dari grup musik beraliran mellow, Payung Teduh, pastinya sudah dengar lagu “Akad” dong!? Liriknya yang romantis ditambah video klipnya yang bikin kamu sesenggukan bahagia tentunya banyak mendapat tempat tersendiri di hati pendengar. Sayangnya setelah mengantongi jutaan penonton di Youtube, video klip Akad harus rela diblur dan kemudian pihak Payung Teduh mengunggahnya kembali dengan format yang ‘baru’. Otomatis, jumlah views video klip “Akad” harus kembali ke angka nol.

Bisa dibilang video klip “Akad” telah sukses mencuri banyak perhatian, dibuktikan dengan dalam kurun waktu kurang dari satu setengah bulan saja unggahan asli video klip ini sudah ditonton sekurangnya 12 juta kali. Tetapi karena tersandung masalah hak cipta, pihak rumah produksi yang membuat video klip ini pun harus menghapus dan mengunggah kembali video klip yang sudah diperbaiki. Mau tahu alasan dan seluk beluk di balik kasus ini, yuk simak uraian Hipwee News & Feature berikut!

Video Klip “Akad” menampilkan foto seseorang tanpa izin, rumah produksi Seraya Production akhirnya meminta maaf pada yang bersangkutan

Foto wanita bernama Kaori Okada yan muncul di akhir video klip, ternyata dipakai tanpa izin via www.youtube.com

Video klip “Akad” bercerita tentang seorang sopir taksi online yang setia mengantarkan pelanggan. Ia pun menyaksikan macam-macam kehidupan para pelanggannya, mulai dari keluarga bahagia, persahabatan, kesendirian dan tangis, hingga pasangan yang dilanda asmara. Di akhir tayangan, sopir taksi ini mendapat kejutan perayaan ulang tahun pernikahan dari anaknya. Ia hanya merayakan bersama anaknya karena sang istri digambarkan telah meninggal dunia dan direpresentasikan dengan foto.

Foto istri sopir tersebutlah yang menjadi permasalahan. Kabarnya pihak rumah produksi belum meminta izin pada pihak yang bersangkutan. Foto tersebut merupakan foto Kaori Okado, seorang wanita Jepang yang aktif dalam kegiatan kesenian tari di Indonesia. Pihak Seraya Production pun kemudian mengunggah permintaan maaf pada kolom komentar, dan video klip yang semula diunggah di-blur dari detik awal hingga akhir.

Advertisement
…Atas tindakan pelanggaran hak cipta yang telah kami lakukan, Seraya Creative Studio menyampaikan maaf sebesar-besarnya kepada Ibu Kaori Okado.
Kami juga akan membuat blur semua adegan dalam video klip yang menampilkan foto Ibu Kaori….

Kenapa sih video klipnya harus di-blur dari awal hingga akhir? Sebenarnya justru langkah ini lebih mungkin diambil duluan oleh pihak Payung Teduh, bukan Youtube-nya

Tampilan video klip “Akad” ketika di-blur via chirpstory.com

Banyak fans yang kaget dengan tampilan video klip “Akad” yang tiba-tiba diblur dari detik awal hingga akhir. Judulnya pun berganti menjadi “Payung Teduh – Akad (Audio)”. Dalam permintaan maafnya, pihak rumah produksi mengatakan video klip sedang dalam proses edit dan akan diberi tautan untuk video klip baru. Pada 4 September kemarin, video klip dalam format baru pun sudah resmi diunggah.

Masalah hak cipta memang sering jadi permasalahan di kalangan content creator Youtube. Namun untuk masalah Payung Teduh ini, bisa jadi permasalahan hak cipta tidak ditangani langsung oleh Youtube. Selama ini pihak Youtube akan memberikan sanksi berupa take down unggahan jika terjadi pelanggaran hak cipta. Menurut spekulasi Hipwee, pihak Payung Teduh mungkin berinisiatif menyampaikan permintaan maaf terlebih dahulu sambil menyunting kesalahan pada video klip setelah Kaori Okada melayangkan keberatan.

Harap tenang guys, permasalahan ini sudah rampung kok. Kamu sudah bisa menikmati video klip ini lagi di akun Youtube resmi Payung Teduh, tentunya tanpa pelanggaran hak cipta lagi

Mulai 4 September, video klip yang sudah diedit pihak rumah produksi sudah diunggah ke Youtube melalui akun resmi Payung Teduh. Video klip lama yang sudah diblur dan mengantongi belasan juta penonton pun sudah tidak ada lagi di Youtube. Meskipun harus mengulang jumlah views dari awal, tapi lagu dan jalan cerita dalam video klip ini tetap sama kok guys. Hanya saja foto Kaori Okada sudah diganti dengan foto sosok wanita mengenakan blazer dan kemeja putih. Kamu sudah bisa baper-baperan lagi dengan lagu satu ini.

Masalah hak cipta memang bukan masalah yang bisa kita sepelekan. Apalagi menyangkut sesuatu yang dikomersilkan dan sifatnya publik, Seperti video klip “Akad” ini. Meskipun sebagian dari orang akan berpikir, “…yang penting bisa tetep baper dengerin lagu Akad!” 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya