Ada kalanya kita berharap bisa membatalkan apa yang sudah kita kirimkan dengan chat ataupun pesan singkat. Sayangnya chat personal tidak sama dengan postingan media sosial yang bisa diedit atau di-delete dari timeline.

Nah, ada kabar baik dari WhatsApp nih, guys! Sebagai sebuah aplikasi chatting, Whatsapp menjadi favorit di berbagai negara karena pengoperasiannya yang sederhana. Sebentar lagi kamu tidak perlu menyesal habis-habisan, karena pesan yang kamu kirim bisa dihapus!

Dari akun twitter @WABetaInfo, muncul postingan tentang proyek baru WhatsApp untuk fitur Edit/Hapus Pesan.


Info ini muncul dari postingan screenshot beserta tulisan “WhatsApp mulai mengembangkan (fitur) editing pesan (DISABLED BY DEFAULT) #Whatsappbeta”. Keterangan DISABLED BY DEFAULT artinya bagi pengguna aplikasi WhatsApp Beta, harus menemukan dan mengaktifkan sendiri fitur ini. Namun sebagaimana dilansir Gadgets360, pengembangan fitur ini masih terbatas bagi pengguna WhatsApp for iPhone. Pengguna Android masih harus bersabar.

Pada update aplikasi yang akan launching nanti, bila kamu menekan chat yang dikirim akan muncul pilihan ‘edit’ dan ‘revoke’. Dengan menu edit, kamu bisa mengubah pesan yang sudah kamu kirim. Sedangkan dengan menu revoke, kamu bisa menarik kembali atau menghapus pesan yang sudah kamu kirimkan. Meski terlanjur terkirim, penerimanya tidak akan tahu kamu pernah mengirimnya.

Advertisement

Syaratnya hanya satu, yaitu selama penerima pesan belum membacanya. 

Meskipun belum ada pengumuman resmi dari WhatsApp, tapi boleh lah kita berharap update ini akan cepat tersedia

Bahasa chat sering bikin salah paham via sarahohm.com

Meskipun tidak terafiliasi resmi dengan WhatsApp INC, akun Twitter @WABetaInfo memang biasanya memberikan bocoran-bocoran akan fitur baru yang akan diluncurkan WhatsApp. Sementara dari pihak WhatsApp sendiri belum ada pengumuman secara resmi kapan fitur ini bisa digunakan. Belum lama ini WhatsApp juga mengeluarkan pembaharuan di fitur video call. Tapi meskipun belum tahu kapan fitur ini bisa digunakan, boleh lah kita berharap cepat-cepat ya. Biar nggak ada lagi kegalauan-kegalauan receh gara-gara kirim ke grup yang salah atau typo yang mengubah makna.

Penyesalan sedetik setelah menekan tombol ‘sent’ itu memang sangat mengganggu. Kalau fitur ini jadi, lumayan mengurangi beban hidupmu 😀

Jadi nggak khawatir lagi via www.technobezz.com

Bagi sebagian orang fitur edit/revoke pesan ini mungkin lebih krusial dibanding fitur video call. Coba hitung berapa kali kamu berharap bisa menghapus atau mengubah pesan yang sudah kamu kirimkan. Penyesalan yang muncul belakangan setelah mengirim pesan, entah itu karena bahasa yang kurang oke atau sebab lainnya ini lumayan mengganggu. Apalagi yang namanya bahasa teks seringkali ambigu dan mengundang kesalahpahaman. Bila fitur ini bisa digunakan, kamu tak perlu mengharapkan mesin waktu Doraemon benar-benar ada untuk memperbaiki kesalahan. Tak perlu lagi acara mengarang alasan salah kirim. Syukurlah, beban hidup berkurang satu.

Jadi kita tunggu sama-sama yuk!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya