Kabar mengejutkan datang dari Brasil! Dilansir dari Huffington Post, seorang dokter bedah di Brasil mengambil langkah ekstrem dengan menjahit tangan pasiennya ke dalam perut si pasien. Bayangkan bagaimana pose tanganmu masuk saku, pose jahitannya persis seperti itu! Peristiwa di Brasil ini pun mengejutkan banyak orang, konon operasi ini juga baru pertama kali dilakukan di dunia.

Meski sekilas terlihat sebagai kesalahan malpraktik, operasi ini memang disengaja dan ada tujuannya. Ada yang menganggapnya gila, tapi ada juga yang memuji keberanian dokter tersebut untuk mencoba prosedur yang ‘tidak normal’. Penasaran dengan peristiwa ini? Kira-kira kenapa sih kok tangannya sampai dijahit ke perut? Yuk simak bareng Hipwee News & Feature!

Pasien adalah seorang pria Brasil yang bekerja di pabrik gelas dan piring plastik. Tangannya dihancurkan mesin pabrik pada Maret tahun lalu!

Pria malang itu bernama Carlos Mariotti (43), dia mengalami kecelakaan parah di tempat kerjanya. Kejadian bermula pada Maret tahun lalu. Masih teringat dengan jelas waktu itu ia mencoba memperbaiki koil mesin di pabrik tempatnya kerja. Dia mengeceknya lalu memutuskan untuk mengganti salah satu bagiannya. Namun takdir memang tak ada yang tahu. Nasib sial menimpanya kala tiba-tiba mesin itu hidup kembali dan menggiling tangan kirinya.

Mariotti pun sejatinya sedikit beruntung. Teman-temannya berhasil menolong sebelum nyawanya hilang karena pendarahan parah. Bayangkan, tanganmu digiling oleh mesin pabrik, ngeri nggak tuh!

Sekilas, bentuknya seperti tangan yang masuk ke saku. Namun siapa sangka operasi ini tujuannya agar tangan sang pasien tak sampai diamputasi

Bisa jadi aksi dokter Boris ini baru pertama kalinya dilakukan di dunia medis. Sang dokter berpikir bahwa luka yang dialami oleh pasiennya harus segera diamputasi untuk menghindari luka yang lebih fatal. Namun di sisi lain, dokter Boris pun sadar. Jika amputasi dilakukan, artinya si pasien akan kehilangan tangan untuk selamanya. Dokter Boris Brandao berpikir keras hingga akhirnya ia mengambil keputusan bulat.

Advertisement

Tangan si pasian yang hancur itu ia jahit ke dalam perut. Tujuannya supaya jaringan saraf dan darahnya kembali normal serta terhindar dari hal-hal berbahaya seperti infeksi. Dengan begitu, sang pasien tak akan depresi karena kehilangan tangannya.

Selama enam minggu lamanya tangan itu dibiarkan masuk dalam perutnya. Ia pun harus berhati-hati agar lukanya tak semakin parah

Akhirnya Mariotti menjalani operasi yang mengejutkan semua orang. Tangannya dijahit dan dimasukkan dalam perutnya, siapa yang menyangka bahwa operasi semacam ini ternyata bisa dilakukan? Namun jangan salah, masalah Mariotti tak selesai cukup di situ saja. Setelah operasi, ada proses penyembuhan di mana ia harus sangat berhati-hati menjaga kondisi tangan kirinya tersebut.

Selama proses penyembuhan itu berlangsung dia harus selalu ingat bahwa tangannya tertanam di perut, Mariotti takut kalau sampai dia lupa atau tak sengaja menyabutnya. Duh jangan dibayangin deh, pasti ngeri banget.

Akhirnya dengan aksi brilian Dokter yang merawatnya, dia optimis tangannya bisa kembali normal

Operasi yang ia jalani membuat tangannya kini seperti diselebungi sarung tinju. Daging dan kulit yang hancur oleh mesin, diganti dengan daging dan kulit yang diambil dari bagian tubuh lainnya. Hasilnya, kamu bisa lihat sendiri kan bentuk tangan kiri Mariotti sekarang? Dari tangan yang benar-benar hancur, sekarang mulai berangsur membaik. Berkat dr. Boris Brandao yang melakukan operasi gila tersebut, Mariotti akhirnya punya harapan melihat tangan kirinya kembali normal dan dapat menghidupi keluarganya.

Bahkan dokter berpengalaman pun belum tentu bisa berpikiran segila ini. Tak cuma berpikir soal menyelamatkan pasian, dokter Boris pun juga memikirkan masa depan dan kebahagiaan pasiennya. Dengan sangat jelas di sela-sela proses penyembuhannya pasien yang beruntung itu berkata bahwa “Sekarang saya harus menyelesaikan proses penyembuhan ini, membangun kembali hidup saya dan kembali bekerja untuk menafkahi keluarga saya,” katanya pada Daily Mail. Setelah kecelakaan parah yang ia alami, Mariotti kini kembali punya harapan untuk hidup normal kembali.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya