Penyanyi Selena Gomez baru saja menerima hadiah yang sangat berharga dari sahabat terdekatnya yang bernama Francia Raisa. Beberapa hari lalu, Gomez mengunggah sebuah foto dirinya di Instagram, yang sedang terbaring di ranjang rumah sakit bersama Raisa. Dalam keterangan foto, Gomez menjelaskan bahwa sahabatnya itu baru saja mendonorkan ginjal untuknya. Seperti diketahui, sudah sejak 2015 lalu, Selena mengidap penyakit lupus. Berbagai pengobatan telah dijalani. Selena bahkan sempat vakum beberapa tahun dari panggung hiburan karena penyakit tersebut.

Bicara soal lupus, nyatanya belum banyak orang paham tentang penyakit ini. Padahal menurut Naveed N. Masani, ahli nefrologi (spesialis fungsi dan penyakit ginjal) di Rumah Sakit Winthrop, New York University, Amerika Serikat, lupus tergolong penyakit yang sangat serius. Salah satu alasan utamanya adalah karena penyakit ini tidak bisa disembuhkan, alias akan mengidapnya seumur hidup. Supaya kamu juga bisa waspada, Hipwee News & Feature telah merangkum fakta seputar penyakit yang menjangkit mantan Justin Bieber ini. Yuk disimak!

Tentang lupus yang diderita Selena Gomez, penyakit yang sulit didiagnosis ini sampai diibaratkan sebagai “benda dalam gelap”

I’m very aware some of my fans had noticed I was laying low for part of the summer and questioning why I wasn’t promoting my new music, which I was extremely proud of. So I found out I needed to get a kidney transplant due to my Lupus and was recovering. It was what I needed to do for my overall health. I honestly look forward to sharing with you, soon my journey through these past several months as I have always wanted to do with you. Until then I want to publicly thank my family and incredible team of doctors for everything they have done for me prior to and post-surgery. And finally, there aren’t words to describe how I can possibly thank my beautiful friend Francia Raisa. She gave me the ultimate gift and sacrifice by donating her kidney to me. I am incredibly blessed. I love you so much sis. Lupus continues to be very misunderstood but progress is being made. For more information regarding Lupus please go to the Lupus Research Alliance website: www.lupusresearch.org/ -by grace through faith

A post shared by Selena Gomez (@selenagomez) on

Lupus di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai karakter fiksi dalam novel besutan Hilman Hariwijaya tahun 80an, dibanding sebagai salah satu jenis penyakit serius. Penyakit lupus sendiri adalah penyakit yang menyerang sistem daya tahan tubuh atau antibodi. Pada penderita lupus, antibodi yang semestinya bertugas melawan bakteri atau virus yang masuk ke tubuh, justru menyerang sel atau organ tubuh sendiri, seperti ginjal, hati, sendi, sel darah merah, dan lainnya.

Meski gejala setiap orang berbeda, biasanya sih penderita lupus akan mengalami nyeri persendian, lemas, gampang mengantuk, dan muncul ruam di kulit. Dokter sampai mengibaratkan mendiagnosis lupus seperti mendeteksi benda dalam gelap. Nggak tahu wujud seluruhnya kalau nggak melihat seluruh bendanya.

Ginjal adalah organ yang kerap jadi sasaran empuk penyakit lupus. Ini disinyalir jadi alasan kenapa Selena Gomez akhirnya membutuhkan cangkok ginjal

Advertisement

Menyerang ginjal via kumparan.com

Ginjal jadi organ yang cukup rentan diserang lupus. 90 persen pasien lupus akan mengalami beberapa kerusakan ginjal. Kalau sudah menyerang ginjal, organ yang seharusnya menyaring darah itu nggak bisa berfungsi dengan baik. Tapi meski begitu, hanya 2-3 persen yang benar-benar mengalami kerusakan ginjal cukup parah akibat lupus. Tapi kalau ginjal sudah gagal, solusinya adalah menjalani serangkaian pengobatan atau transplantasi ginjal.

Penyebab pasti penyakit lupus belum bisa dijelaskan bahkan oleh ahli medis sekalipun. Tapi beberapa faktor bisa turut menyumbangkan kemungkinan seseorang terjangkit lupus

Penyakit lupus via vertexisland.blogspot.co.id

Meski sudah cukup sering didengar, penyebab penyakit ini belum bisa dipastikan lho, bahkan oleh para ahli medis sekalipun. Tapi beberapa faktor disinyalir bisa mendorong orang terserang lupus, seperti riwayat keluarga, keadaan di sekitar lingkungan tinggal misalnya infeksi, virus, bahan kimia beracun atau polutan dari asap mobil dan pabrik. Dan berbahagialah pria karena 90 persen pengidap penyakit ini adalah wanita. Ini karena ada hubungannya dengan hormon esterogen.

Katanya, penderita lupus nggak boleh kena sinar matahari lho. Kalau terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan, tabir surya tak boleh lupa digunakan

Harus pakai tabir surya via www.vaseline.co.id

Karena lupus termasuk penyakit yang nggak bisa disembuhkan 100 persen, penderita lupus harus benar-benar menjaga kondisinya dan terus mengonsumsi obat-obatan, agar penyakit ini nggak kambuh-kambuh. Salah satu yang harus dilakukan pasien lupus adalah menghindari kegiatan di luar ruangan dari pukul 10.00-16.00. Kalau memang harus bepergian di tengah terik matahari, dia harus menggunakan tabir surya ber-SPF tinggi dan menutupi tubuh dengan baju dan celana panjang. Orang dengan lupus juga dilarang keras terlalu lelah. Tapi mereka nggak dilarang buat olahraga ringan kok, asal tetap berkonsultasi dengan dokter.

Itulah sederet fakta soal penyakit yang sedang berusaha dilawan penyanyi cantik Selena Gomez. Terkadang pasien lupus nggak sadar dirinya sudah terjangkit. Makanya, cek kesehatan rutin ke dokter cukup dianjurkan lho supaya kita bisa lebih aware terhadap kesehatan diri kita sendiri.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya