Selebritis dan politisi dewasa ini seringkali susah dibedakan lagi. Banyak selebritis yang banting stir ke dunia politik. Popularitas seringkali dijadikan modal utama. Apalagi di zaman dimana yang pintar makin apatis dan tidak mau memilih, sedangkan yang awam sering iya-iya saja. Tidak heran jika yang berbekal popularitas saja, bisa menang. Setelah Andika eks Kangen Band, kini Vicky Prasetyo yang mengungkapkan niatnya untuk menjadi Walikota Bekasi.

Dilansir dari Tempo.co, saat ini mantan tunangan pedangdut Zaskia Gotik itu tengah melakukan pendekatan dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Berbeda dengan ciri khas bahasa Vickinisasinya yang rumit, program yang diajukan lumayan sederhana yaitu cinta dan kasih sayang untuk menyelesaikan masalah krisis moralitas di Indonesia. Selain itu, Vicky mengaku kalau Bekasi adalah tanah yang istimewa baginya. Karena itu ia pun ingin berbuat sesuatu untuk tanah kelahirannya.

“Cinta dan kasih sayang adalah kunci untuk menjawab polemik diplomasi,” ungkap Vicky kepada Tempo.co.

Popularitas oke sih. Program yang diajukan pun terdengar catchy di telinga dan familiar untuk orang awam. Tapi kira-kira akan terpilih nggak ya? Baca deh ulasan Hipwee News & Feature selengkapnya.

Soal popularitas Vicky memang sudah punya. Tapi populer tentu bukan satu-satunya persyaratan yang harus dipenuhi

Mantan tunangan Zaskia Gotik via jogja.tribunnews.com

Advertisement

Soal popularitas Vicky memang tak perlu diragukan. Bahkan dia ada di halaman Wikipedia! Beberapa tahun lalu, Vicky mulai dikenal sejak pertunangannya dengan Zaskia Gotik mencuat di media. Sayangnya pertunangan ini bubar karena kasus penipuan. Selanjutnya, diduga Vicky punya banyak istri dan pacar serta sering melakukan tindak penipuan lainnya. Gara-gara ini pula, Vicky juga sempat tinggal di Lapas Bulak Kapal Bekasi. Vicky juga terkenal dengan bahasa ‘Vickinisasi’ yang sering membuat netizen kliyengan memaknai setiap kosa kata yang dipakainya.

Modal popularitas memang sudah ada. Kalau karya? Vicky sempat menggandeng musisi Charlie Van Houten untuk membuat single berjudul Kontroversi Hati. Vicky juga sering tampil di berbagai acara televisi. Bisa dibilang, wajah dan karakternya sudah dikenal khalayak dengan baik. Tapi apakah itu semua cukup diandalkan untuk menjadi seorang walikota?

Sebelumnya netizen juga sempat heboh saat Andika eks kangen band jadi kader Demokrat. Maklum, riwayatnya memang kurang bersahabat

Andika eks Kangen Band via www.brilio.net

Belum sepekan bebas dari penjara, Andika eks vokalis Kangen Band sudah resmi menjadi pengurus DPP Lampung Partai Demokrat untuk divisi seni dan budaya. Pengangkatan ini jelas membuat netizen heran bukan kepalang. Pasalnya, Andika dikenal sebagai artis yang keluar masuk penjara baik karena kasus narkoba maupun kekerasan dalam rumah tangga. Sebagai partai yang reputasinya sangat besar di negeri ini, Demokrat tentu punya pertimbangan khusus saat melantik Andika sebagai kadernya.

Politisi agaknya menjadi profesi baru yang seksi bagi selebritis. Sebenarnya asal memang punya kualitas, tentu tak masalah

Pasha Ungu via www.youtube.com

Di Indonesia bukan hal asing ketika seorang selebritis menyebrang ke dunia politik. Di jajaran pemimpin daerah ada Rano Karno, Dedy Mizwar, hingga Pasha Ungu yang jadi Wakil Walikota Palu. Lalu di kursi DPR, ada artis senior seperti Nurul Arifin, Vena Melinda, Lucky Hakim, Primus Yustisio, hingga Anang Hermansyah.

Tak cuma di Indonesia, di Amerika aktor Terminator Arnold Schwarzenegger juga pernah cemerlang di dunia politik dengan menjadi Gubernur California dari tahun 2003 hingga tahun 2011. Tentu tidak ada yang salah bila seorang selebritis yang pindah jalur ke politik, asalkan modal yang dimiliki tak hanya sebatas popularitas melainkan juga komitmen dan kemampuan untuk mengampu tugas.

Ya benar sih, semua warga negara punya hak yang sama untuk berpolitik. Tapi kita juga berhak memiliki pemimpin yang benar-benar layak bukan?

Wakil rakyat via atmakusumah.wordpress.com

Seperti yang dijelaskan oleh wakil Demokrat, Roy Suryo, saat diminta klarifikasi atas pengangkatan Andika, semua warga Indonesia memiliki hak yang sama untuk berpolitik. Tak peduli latar belakangnya dari keluarga politisi, penyanyi, pengusaha, tukang becak, dan lain sebaginya memiliki kesempatan yang sama asalkan memenuhi syarat. Termasuk Vicky Prasetyo maupun Andika.

Maka dari itu, sebenarnya suara atau hak politik tiap warga itu penting dan sangat berharga. Jika tidak digunakan dengan baik, ya siapa saja yang ingin atau mungkin punya ‘jalan belakang’, bisa dengan mudah melenggang ‘mewakili’ rakyat.

Sosok sekontroversial Donald Trump yang dihujat saja bisa menang, bukan mustahil Vicky bisa juga naik ke tampuk kekuasaan

Donald trump via www.linkedin.com

Pertanyaannya apakah Vicky akan mendapat suara? Pertanyaan yang sama pernah kita ajukan kepada Donald Trump di awal masa pencalonannya. Predikat Donald Trump sebagai presiden Amerika layaknya lelucon, apalagi dilawankan dengan Hillary Clinton yang merupakan istri dari Bill Clinton. Tapi sebesar apapun hujatan dan protes warga Amerika kepada Donald Trump, nyatanya pengusaha sukses itu naik juga ke tampuk kekuasaan. Dipengaruhi oleh berbagai faktor, bukan mustahil Vicky Prasetyo pun mengalami hal yang sama.

Tapi ya kita positif thinking saja, mungkin Vicky punya kualitas tersembunyi (walau Hipwee lebih suka dia jadi komedian saja)

Kontroversi hati via www2.itunesku.com

Namun lagi-lagi semuanya kembali ke pilihan kita sendiri. Tak ada yang salah dari wacana pencalonan Vicky Prasetyo sebagai Walikota Bekasi. Lagipula semuanya ‘kan dikembalikan kepada pemilih. Di sini mari kita positive-thinking saja. Mungkin Vicky kurang oke sebagai tunangan Zaskia Gotik. Mungkin Vicky kurang keren saat di dunia hiburan. Tapi siapa tahu Vicky punya bakat terpendam menjadi seorang politisi ‘kan? Siapa tahu Vicky sudah benar-benar berbenah dan menjadi pribadi yang lebih baik. Apalagi, menurut pengakuan Vicky, menjadi politisi adalah cita-citanya sejak kecil.

Pilkada Bekasi masih akan digelar tahun depan. Nah, kita tunggu saja apakah program cinta dan kasih sayang Vicky Prasetyo untuk memajukan Bekasi mendapat dukungan atau tidak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya