Mungkin nggak sih bayi yang baru lahir bisa langsung jalan kaki? Biasanya sih bayi manusia baru mulai berjalan di umur 9-12 bulan. Tapi hal yang benar-benar di luar nalar itu beneran terjadi. Bayi yang kabarnya lahir di Rumah Sakit Santa Cruz di Brazil, bisa langsung berjalan begitu keluar dari rahim ibunya. Aksi bayi itu pun diabadikan dalam sebuah video oleh seorang pengguna Facebook. Sontak video itu langsung viral dan jadi bahan pembicaraan orang sedunia.

Banyak orang yang menyebut kejadian tersebut sebagai mukjizat atau bahkan mengaitkannya dengan hal gaib atau kesaktian khusus. Tapi sebagaimana dilansir Tech Times, sebenarnya para ahli punya penjelasan ilmiah di balik fenomena yang mengejutkan banyak orang ini. Buat yang penasaran, simak selengkapnya ulasan Hipwee News & Feature ini!

Sebuah video perlihatkan bayi yang baru saja lahir dan ajaibnya dia langsung berusaha berjalan

Isto incr vel nen sai caminhando ap s acabar de nascer.

Arlete Arantes 2017 5 25

Berita mengejutkan datang dari sebuah rumah sakit di Santa Cruz, Brasil. Dalam sebuah video, bayi yang baru lahir tengah dipapah oleh seorang bidan yang merawatnya. Nggak disangka si bayi mungil tersebut melangkahkan kakinya, persis seperti gerakan berjalan kaki. Bayi itu pun diletakkan kembali ke posisi rebah, namun kakinya masih menjejak-jejak seolah ingin terus berjalan kaki.

Video ini pun viral ditonton lebih dari 83 juta kali dan dibagikan lebih dari 1,8 juta pengguna Facebook

Advertisement

Netizen dibikin kaget sekaligus bingung dengan fenomena ini. Video yang diunggah oleh pengguna Facebook bernama Arlete Arantes itu pun viral. Video bahkan sudah ditonton lebih dari 83 juta kali dan 1,8 juta lebih pengguna sudah membagikan video tersebut terhitung sejak 26 Mei 2017 kemarin. Media internasional bahkan memberitakan kisah mengejutkan itu, para ahli pun memaparkan pendapatnya.

Nyatanya menurut penelitian, bayi baru lahir yang langkahkan kakinya itu sebenarnya dianggap normal lho

Merasa perlu menjawab kebingungan ini, University of Rochester Medical Center menjelaskan bahwa sebenarnya berjalan dan menari merupakan gerakan refleks normal yang bisa terjadi pada bayi yang baru lahir. Bayi akan selalu melakukan gerakan seperti berjalan saat dipapah, terutama ketika kakinya menemukan sesuatu yang kokoh untuk diinjak. Gerakan refleks atau kebiasaan ini akan berlangsung selama 2 bulan pertama dan akan terus menerus menghilang setelah bulan keempat.

Memang banyak yang tidak sadar akan refleks ini. Karena bayi yang baru lahir memang jelas tidak menopang dirinya sendiri, jarang ada kesempatan ditopang dalam posisi seperti yang terlihat dalam video tersebut.

Selain melangkah, ternyata bayi yang baru lahir juga punya refleks menari. Kebiasaan tersebut adalah refleks atau insting primitif manusia

Dokter Kenneth Wible dari Rumah Sakit dan Klinik Anak di Kansas, AS, menjelaskan bahwa bayi baru lahir nggak punya kemampuan untuk menopang berat badan mereka. Gerakan seperti melangkah dan menari pada bayi dipegaruhi oleh insting atau naluri primitf manusia untuk bergerak. Setelah naluri ini memudar pada bulan keempat, pada usia 12 bulan bayi akan mengalami naluri semacam ini lagi sebelum akhirnya benar-benar bisa berjalan.

Beda dengan bayi manusia, banyak binatang baru lahir yang langsung bisa benar-benar berjalan kaki setelah beberapa menit

Mungkin kalian yang udah pernah lihat bagaimana seekor hewan yang baru lahir nggak butuh waktu lama untuk bisa berdiri dan berjalan. Kuda dan Jerapah hanya butuh 30-60 menit untuk bisa bergerak, berdiri dan berjalan. Nah, kenapa manusia nggak bisa? Ternyata otak bayi yang baru lahir belum berkembang untuk mengendalikan gerakan mereka saat itu.

Ternyata setelah mengetahui apa yang diungkapkan oleh para ahli, video tersebut jadi nggak terlalu mengagetkan ya? Kalian atau bahkan semua bayi yang lahir di dunia sebenarnya mungkin punya naluri atau refleks yang sama saat lahir. Tapi langsung keburu digendong atau digedong, makanya tidak kelihatan…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya