Bagi masyarakat India, sungai Gangga dianggap sebagai sesuatu yang penting banget buat kelangsungan hidup. Selain menjadi sumber air utama bagi sekitar 400 juta orang di sana, keberadaan aliran air ini juga begitu diagungkan oleh penduduk beragama Hindu. Sungai Gangga dianggap sebagai perwujudan dari semua air suci dalam mitologi agama Hindu. Kegiatan mandi dan mensucikan diri di Sungai Gangga dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur dan juga dewa-dewa yang mereka sembah.

Namun, peran penting yang dimiliki sungai Gangga ini ternyata enggak berhasil melindunginya dari buangan limbah, lho. Buktinya saat ini sungai yang juga melalui Bangladesh ini sedang sekarat.

Buangan rumah tangga dari 400 juta orang yang tinggal di sekitar sungai menjadi penyebab utama polusi sungai Gangga. Bahkan ada yang sampai buang mayat di sana 🙁

Saking banyaknya sampah, ibu ini sampai bisa menyeberangi sungai Gangga 🙁 via news.nationalgeographic.com

Isu polusi di sungai Gangga sebenarnya sudah muncul sejak lama. Ratusan juta masyarakat yang tinggal di pinggir sungai menjadi penyumbang utama limbah yang merusak ekosistem di sungai Gangga. Karena jaraknya yang dekat dengan rumah, mereka seringkali membuang limbah rumah tangga langsung ke sungai tersebut. Dan enggak hanya limbah rumah tangga yang dibuang di sana. Anggota keluarga yang sudah meninggal pun enggak jarang dibuang ke aliran sungai Gangga.

Ada yang membuang abu hasil kremasi ke dalam sungai, ada juga yang membuang mayat yang hanya dibungkus kain karena mereka enggak punya biaya untuk melakukan kremasi. Banyaknya industri yang mengarahkan buangannya langsung ke sungai juga ikut memperparah tingkat polusi di sungai suci tersebut.

Belakangan, sungai Gangga diresmikan sebagai makhluk hidup. Jadi, yang buang sampah di sana sama saja kayak menyakiti manusia

Advertisement

Berani buang sampah di sungai Gangga, hati-hati kamu bakal dikenai denda via news.nationalgeographic.com

Untuk memperbaiki kondisi sungai yang semakin parah, Pengadilan Tinggi Uttarakhand mengeluarkan aturan bahwa sungai Gangga merupakan makhluk hidup. Oleh karena itu, masyarakat India yang membuang sampah di sungai dianggap melakukan tindakan kriminal sama seperti menyiksa manusia. Hal ini dilakukan agar masyarakat terdorong buat menjaga kelestarian lingkungan sungai ini. Enggak hanya Pengadilan Tinggi Uttarakhand, The National Green Tribunal (NGT) memiliki wacana untuk mengenakan denda bagi orang yang membuang sampah di sana. Dendanya lumayan besar loh! Sekali ketahuan membuang sampah di sungai Gangga, kamu bakal dikenakan denda sebesar 600 poundsterling atau sekitar Rp 10 juta. Walau pemerintah India mengeluarkan banyak aturan untuk menjaga kebersihan sungai, tapi banyak aktivis lingkungan yang menyayangkan hal tersebut. Soalnya, penegakan aturannya belum efektif dan lambat. Padahal, “Ibu Gangga” sudah merintih minta tolong diselamatkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya