Bicara soal kenangan masa kecil memang gak bakal ada habisnya. Selalu saja ada hal baru yang menggelitik ingatan kita dan menguarkan perasaan penuh nostalgia. Kamu bisa senyum-senyum sendiri kalau sedang mengingat-ingat ‘harta karun’ dalam memorimu itu. Apalagi kalau yang diingat-ingat adalah taksiran atau idolamu semasa kecil dulu.

Setelah sebelumnya Hipwee pernah membahas cowok-cowok impian di era ’90-an, sekarang yuk kita napak tilas cewek-cewek pujaan kamu di tahun 90-an dulu.

1. Bicara soal icon pop dunia pada era ’90-an tentu saja nggak bisa lepas dari nama Spice Girls!

Sporty (Melanie Chisholm,) Scary (Melanie Brown,) Ginger (Geri Halliwell) Posh (Victoria Beckham,) dan Baby (Emma Bunton.) via entertainthis.usatoday.com

If you wanna be my lover, you gotta get with my friends!”

Kalau dari sudut cowok, ada boyband Westlife maka dari kubu cewek ada girl group Spice Girls yang melegenda dan menguasai kancah industri pop music dari tahun ’90-an sampai 2000-an awal. Kelompok musik yang digawangi lima cewek-cewek kece ini selain sukses secara komersil, juga berhasil mempromosikan konsep ‘girl power’ juga, guys! Keren banget yah! Kamu paling suka siapa diantara Scary, Sporty, Baby, Ginger dan Posh?

Advertisement

“Apa kabar Spice Girls sekarang?”

Setelah sempat bubar pada tahun 2000 lalu, Spice Girls sempat beberapa kali reuni. Pada tahun 2007 sampai 2008 misalnya, kelima gadis Spice ini sempat aktif kembali bahkan rilis single baru dan menggelar konser keliling dunia! Tapi setelah itu mereka vakum lagi. Baru pada 2012 terdengar geliat baru dari Spice Girls, yaitu dengan meluncurkan pertunjukan musikal Viva Forever: The Musical. Masing-masing member Spice Girls juga masih aktif berkarir di dunia entertainment kok.

2. Jauh sebelum vampir a la Twilight digandrungi, ada Sarah Michelle Gellar si jagoan pembasmi vampir yang dikagumi!

Buffy si pembasmi vampir! via buffy.wikia.com

Kalau jaman sekarang vampir citranya keren, ganteng dan kelap-kelip di bawah matahari, di tahun 90-an vampir menjadi musuh utama di sebuah serial televisi laris Buffy the Vampire Slayer. Serial ini nggak hanya booming di Indonesia saja lho, tapi juga di seluruh dunia. Melambungkan nama Sarah Michelle Gellar yang memerankan Buffy si tokoh utama. Wajah cantik Sarah (yang lebih dikenal sebagai Buffy) terpampang di mana-mana, mulai dari di cover majalah sampai poster dan stiker! Mungkin kamu juga punya koleksi foto-foto Sarah!

Wah meski sudah mulai berumur masih imut aja nih Mbak Sarah via www.dailymail.co.uk

“Apa kabar Sarah Michelle Gellar sekarang?”

Sejak sukses jadi Buffy, pamor Sarah di dunia perfilman Hollywood juga jadi semakin berkibar. Dia jadi icon buat film-film horror atau misteri remaja yang sempat ramai di awal tahun 2000-an, seperti Scream dan I Know What You Did Last Summer. Hingga saat ini pun karir Mbak Sarah masih relatif signifikan di kancah dunia hiburan Amerika. Oh iya, Buffy–eh maksudnya, Sarah–imut-imut begini sudah punya anak dua lho sekarang!

3. Duh Marshanda yang langganan peran jadi cewek baik dengan hati malaikat memang memikat!

Imut-imut-imut emessh!

“Ibu Peri, tolong Lala, Ibu Peri!”

Peran Marshanda sebagai Lala, putri yang tertindas oleh oleh ibu tirinya sendiri, hanyalah satu dari sekian banyak peran yang pernah dilakoni oleh gadis berparas ayu ini. Marshanda, anak 90-an mana sih yang nggak kenal siapa dia. Marshanda sempat menjadi icon gadis baik-baik di saat kejayaanya pada tahun 90-an akhir sampai 2000-an awal. Di semua perannya, Marshanda selalu jadi cewek cantik baik dan berhati suci. Pantes aja kalau dulu kamu-kamu yang cowok kesengsem sementara yang cewek-cewek pengen jadi kaya dia.

Mbak Marshanda lagi baca puisi di tengah gunung via www.mampoo.com

“Apa kabar Marshanda sekarang?”

Tuh, masih sering dibicarakan di infotainmet. Kalau enggak, ya digunjingkan di media sosial. Soalnya beberapa tahun terakhir, ibu satu anak ini kerap membuat keputusan yang menurut masyarakat mengundang kontroversi. Beda banget sama peran-perannya yang imut-imut kalem zaman dulu. Nggak apa Mbak Marshanda, didoakan semoga badai kehidupan Mbak lekas berlalu ya…

4. Bohong kalau kamu yang ngaku anak ’90-an bilang nggak pernah tahu soal Britney Spears dan hits …Baby One More Time-nya!

Give me baby one more time! via www.pinterest.com

“Hit me, baby one more time!”

Nggak mungkin kalau kamu yang ngaku anak 90-an gak kenal sama diva pop yang satu ini. Britney Spears yang pernah merajai hampir seluruh tangga lagu dunia pada masa kejayaannya memang penuh pesona. Wajahnya manis menggemaskan, suaranya unik dan tariannya juga penuh tenaga. Bikin para cowok naksir dan yang cewek jadi terinspirasi pengen bisa nge-dance sebagus Britney. Nggak hanya itu, Britney juga berhasil menggaet hati Justin Timberlake dan jadi pasangan paling unyu di dunia entertainmet pada saat itu.

Sukses selalu ya Mbak Britney! via www.justjared.com

“Apa kabar Britney, sekarang?”

Setelah sempat jatuh bangun dan limbung dalam perjalanan karir dan kehidupan pribadinya, Britney perlahan tapi pasti mulai menanjak popularitas dunia hiburan lagi kok guys. Yah, kalau akhirnya dia terlihat lebih tua, lebih gemukan dan sebagainya maklumi saja. Kita semua juga pasti akan jadi tua kok.

5. Nadya Hutagalung, Pioneer VJ MTV super cool ini juga pasti pernah mencuri hatimu dulu!

Adududuh eksotis banget cantiknya. Cool dan kocak pula! via www.wowshack.com

Cewek yang satu ini memang pantas bikin kamu terkesima. Siapa yang gak kagum melihat prestasi Nadya Hutagalung yang berhasil menjadi salah satu VJ MTV pertama asal Indonesia? Selain prestasinya, Nadya juga cantik dan cool banget. Gayanya gak ganjen tapi tetap menguarkan keanggunan. Nggak heran kalau dia sempat mengambil tempat di hatimu semasa muda. Yang cowok-cowok naksir ama dia, yang cewek-cewek ingin mengikuti jejaknya.

Tetap karismatik, Nadya sekarang aktif di dunia fashion dan modeling via youtube.com

“Apa kabar Nadya, sekarang?”

Nadya masih aktif di dunia hiburan, cuma memang udah mulai jarang kelihatan di media Indonesia aja. Buktinya cewek kelahiran 1974 ini sempat hadir sebagi host Asian Next Top Model, kok. Selain masih menjadi sosok yang diperhitungkan di dunia fashion, Nadya juga merupakan seorang tokoh yang dianggap inspiratif dan memberikan pengaruh positif sehingga sering terlibat dalam kegiatan-kegiatan eco-activist

6. Nggak akan lengkap daftar cewek taksiranmu jaman dulu kalau belum ada Tamara Blezinsky di dalamnya

uwow, cantiknya! via www.hipwee.com

Kangen nggak sama aktris cantik yang satu ini? Dulu, segudang judul sinetron terlaris pada masanya diperankan oleh seleb berdarah campuran Indo-Polandia ini. Kalau satu judul sudah habis, dia pasti bakal nongol di stasiun tv yang lainnya memerankan sinetron yang lain pula. Wajah Tamara yang eksotis nan jelita pantas membuat penonton di Indonesia selalu menantikan kehadirannya. Dia bahkan sempat digadang-gadang sebagai Cindy Crawford-nya Indonesia!

uwow, hot mama! via twitter.com

“Apa kabar Tamara, sekarang?”

Tante eh, Mbak Tamara sekarang sudah jadi mamah dari seorang idola remaja baru lho. Jadi meskipun dia udah nggak terlalu eksis mondar-mandir di layar kaca lagi, ada anaknya Rassya yang mulai merambah dunia hiburan menggantikan sang mama. Uwuwuwuw, meskipun sudah jadi ibu dari dua orang anak Tamara tetap cantik banget deh. Gak nyangka ya kalau usianya udah kepala empat.

7. Kamu sempat berharap bisa berteman dengan ‘Jinny‘ Diana Pungky yang bisa mengabulkan berbagai keinginanmu.

“Jinny oh Jinny, sungguh aku cinta padamu~” via kaskus.com

“Jinny oh Jinny~ kau mutiara hatiku… “

Siapa yang masih hapal sama soundtrack serial legendaris Indonesia yang satu ini? Meskipun akhirnya kamu sadar kalau “Jinny Oh Jinny” hanya rip-off alias tiruan dari serial barat lawas “I Dream of Jeannie” tapi nggak bisa dipungkiri kamu pernah ngefans dan selalu menunggu-nunggu episode lanjutannya di RCTI. Tokoh Jinny lekat banget sama image Diana Pungky yang centil dan manis.

Sibuk bisnis SPA nih mbak Jinny via selebuzz.com

“Apa kabar Diana Pungky, sekarang?”

Kabarnya Mbak Diana udah nggak aktif lagi di dunia keartisan. Daripada main sinetron, dia memilih fokus dalam bidang bisnis terutama bisnis spa dan kecantikan. Wuih, pantesan sampai sekarang cantiknya masih awet aja.

8. Bibi Lung nggak hanya jago kung-fu, tapi juga jago bikin kamu tersipu-sipu.

Guru sekaligus pacarnya Yoko yang mempesona kamu via tehtariksatu.blogspot.com

“Siapa yang hatiku siapa yang membuat kita satu”

Saking fenomenalnya serial Pendekar Rajawali, kamu sampai hapal sama beberapa jurus yang ada di dalamnya dan kerap kamu jadikan mainan bersama teman-temanmu. Gak hanya jurus-jurusnya aja yang kamu hapal, beberapa tokohnya juga kamu inget banget. Seperti contohnya Bibi Lung, sosok keibuan yang selain menjadi guru Yoko juga menjadi kekasih Yoko kelak. Udah cantik, jago kung-fu, panteslah kalau kamu pada naksir sama karisma Bibi Lung yang diperankan oleh aktris cantik Idy Chan itu.

Duila makin stylish dan cool aja sekarang, Tante via a5news.chanyuklinonline.com

“Apa kabar Bibi Lung, eh Idy Chan sekarang?”

Tante Idy Chan alias Bibi Lung sekarang sudah berusia 55 tahun, tapi seperti kamu bisa lihat sendiri tampilannya masih ayu dan semakin stylish. Idy sesekali masih hadir meramaikan dunia hiburan Tiongkok, namun dia mengakui kalau memilih untuk lebih fokus mengurus bisnis keluarga. Selain itu, Idy juga aktif dalam kegiatan-kegiatan amal.

9. Kimberly si Ranger Pink yang selalu ada di dalam memorimu, meskipun kamu sudah dewasa sekali pun.

Semua pada rebutan jadi Kimberly via powerrangers.wikia.com

“Kimberly Hart adalah salah satu cewek idola paling hits di tahun ’90-an” merupakan sebuah fakta yang tidak bisa dielakkan. Sosok Ranger Pink yang diperankan oleh Amy Jo Jhonson ini mendekati sempurna dan patas menyita hati para anak-anak tahun ’90-an. Bayangkan, udah cantik, pinter, feminin tapi juga mampu menyelamatkan dunia. Udah ngaku aja, kamu yang cewek-cewek waktu kecil rebutan jadi dia kan pas main ‘pura-puraan’? Yang cowo juga mesam-mesem kalau ingat sama pesona si Kimberly, saingan ingin menjadi gebetannya gitu deh.

Tenang aja, Ranger Pink hanya sedang menggalang dana kok

“Apa kabar Ranger Pink, sekarang?”

Seperti kamu lihat Ranger Pink lagi sibuk ngamen.

Eits, jangan panik dulu, Mbak Amy ngamen bukan karena dia jatuh bangkrut atau gimana-gimana kok. Pada foto di atas dia cuma sedang dalam rangka mengumpulkan uang untuk membiayain film barunya. Yep, soalnya Mbak Amy sekarang aktif sebagai sutradara dan produser film-nya sendiri selain masih menjalani karir di dunia seni peran.

10. Kamu nggak boleh begitu saja melupakan pesona Pai Su Chen si Ular Putih yang jelita.

Pai Su Chen, siluman cantik yang hatinya baik <3 via roll.sohu.com

“Seribu tahun aku menanti… Tiba saatnya jadi manusia…
Ini diriku tlah hidup tersiksa… Jadi siluman ular berbisa…”
Kamu masih inget nggak sama serial Asia yang juga sempat mencuri perhatian penonton Indonesia ini? Legenda Ular Putih yang sempat booming sampai ramai dibuat merchandise bajakannya ini (ayo ngaku kamu pasti pernah lihat bahkan beli kaos-kaos bergambar Siluman Ular Putih) dibintangi oleh akrtis cantik asal Hongkong, Angie Chiu. Duh cantiknya Pai Su Chen alias Angie Chiu ditambah dengan alur cerita yang menarik membuatnya wajar kalau kamu-kamu banyak yang menantikan kehadiran serial ini di layar kaca.

ANJRIT! Bener-bener siluman nih? via www.imdb.com

“Apa kabar Pai Su Chen sekarang?”

Banyak orang yang curiga kalau Angie Chiu memang benar-benar siluman cantik yang menjelma jadi manusia. Pasalnya sampai sekarang pun, ketika usianya sudah menginjak kepala enam, Pai Su Chen ini masih super ayu bagaikan wanita di usia 30-an tahun. Bingung kan, mau manggil mbak atau eyang? Juara 3 Miss Hogkong tahun 1973 ini juga masih aktif di dunia akting meskipun sudah masuk usia senja. Luar biasa!

Mengingat-ingat masa-masa nostalgia memang selalu menyenangkan ya! Gimana, kamu udah inget siapa cewek idolamu semasa kecil dulu? Sosok-sosok wanita yang membuat anak-anak cewek terinspirasi dan yang cowok naksir setengah mati. Apakah mereka ada di dalam daftar di atas? Kalau engga mungkin kamu bisa share dengan Hipwee, siapa cewek pujaanmu jaman dulu di kolom komentar!