Kamu suka nonton konser musik? Atau kamu adalah penggiat traveling? Kenapa tidak melakukan keduanya dalam waktu bersamaan? Festival musik berikut ini bisa menjadi alasanmu untuk beranjak dari depan layar komputer dan mengepak ranselmu.

1. Iceland Airwaves, Reykjav k, Islandia

Pertunjukan musik di Iceland Airwaves via www.fotopedia.com

Digelar setiap musim gugur sejak 1999, Airwaves menjadi titik tolak dari banyak musisi terkenal di Islandia. Dimeriahkan oleh musisi lokal maupun mancanegara, kamu akan dibawa ke liburan akhir pekan paling gila di dekat lingkaran Arktik. Beberapa penampilan diadakan siang hari di mana kamu bisa sembari mengunjungi gletser, geyser, gunung berapi, air terjun, serta Blue Lagoon yang terkenal. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat northern lights atau aurora yang terkenal itu lho!

2. Lake of Stars Malawi Arts Festival, Mangochi, Malawi

Panggung Lake of Stars via www.snowbombing.com

Advertisement

Lake of Stars yang diselenggarakan di tepi Danau Malawi setiap akhir bulan September ini adalah festival musik dan seni rintisan yang ditujukan untuk membangun perhatian internasional terhadap musik-musik lokal yang populer. Selain menikmati musik, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal di perkampungan Malawi sembari menikmati cahaya mentari yang melimpah di pantai tepi danau yang berpasir putih. Romantis!

3. Fuji Rock Festival, Yuzawa, Japan

Keramaian di Fuji Rock Festival via enk-b.com

Sebagai festival musik terbesar se-Jepang, Fuji Rock Festival menarik musisi-musisi besar dunia ke sebuah resort ski yang terletak beberapa jam dari Tokyo. Festival ini diselenggarakan pada pertengahan musim panas yang biasanya jatuh di bulan Juli.

4. Montreux Jazz Festival, Montreux, Switzerland

Penampil di Montreux via www.montreuxjazzlive.com

Montreux Jazz Festival adalah salah satu festival musik tertua dan terkenal di dunia. Festival yang diselenggarakan sejak 1967 di tepi Danau Jenewa ini lebih dari sekadar festival musik jazz dan telah menjadi tuan rumah bagi banyak musisi terkenal dari berbagai genre musik.

5. Snowbombing, Mayrhofen, Austria

Snowbombing via www.intro.de

Ingin merasakan serunya mengikuti festival musik sambil bermain ski atau snowboard? Snowbombing jawabannya. Festival musik yang digelar di sebuah resort ski di Mayrhoven, Austria ini memadukan musik dan ski ketika sebagian besar resort di belahan utara menutup tempat mereka karena musim dingin. Di Snowbombing, kamu bisa berski atau meluncur dengan snowboardmu, bergoyang mengikuti irama musik, dan makan schnitzel. Seru kan?

6. Laulupidu, Tallinn, Estonia

Penonton tumpah ruah di Laulupidu via www.compaktallinn2011.eu

Jika kamu orang yang suka melebur dengan budaya lokal dan mencari festival musik tradisional, sempatkan dirimu untuk menghadiri Laulupidu atau Perayaan Lagu dan Tarian Estonia yang diadakan setiap tahun di Tallinn, ibukota Estonia. Pada festival ini, sekitar 30.000 penampil menari dan menyanyikan lagu-lagu rakyat Estonia bersama-sama dengan lebih dari 80.000 penonton. Wow!

7. Coachella, Indio, California, AS

Coachella Valley Music and Arts Festival merupakan acara tahunan yang diselenggarakan di padang pasir Colorado, California. Acara ini telah berlangsung sejak 1999 dan merupakan salah satu festival musik terbesar di Amerika Serikat.

8. Ultra Music Festival, Miami, Florida, AS

Ultra Music Festival via ultramusic.com

Mungkin ini adalah salah satu festival musik terheboh di muka bumi. Selain diselenggarakan di pantai Miami nan eksotis, UMF juga telah diselenggarakan di berbagai belahan dunia, seperti Eropa, Afrika, Amerika Selatan, dan Asia Timur.

Kita juga punya loh, festival musik yang mampu menyedot wisatawan asing untuk datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan acara tersebut.

9. Djakarta Warehouse Project

Aksi DJ wanita di Djakarta Warehouse Project via photo.rukes.com

DWP merupakan festival musik dansa terbesar di Indonesia, bahkan mungkin di Asia. Siapkan dirimu, karena mungkin kamu nggak bisa berhenti berdansa diiringi musik electronic dance, seperti remix, dubstep, trance, dan techno bersama DJ-DJ lokal dan internasional.

10. Soundrenaline

Panggung Soundrenaline via musipos.blogspot.com

Setelah lebih dari satu dekade sejak pertama kali digelar, Soundrenaline sebagai pionir festival musik rock telah berkembang menjadi festival musik paling bergengsi di tanah air. Soundrenaline yang tiap tahunnya dimeriahkan oleh musisi-musisi lokal dari berbagai genre ini telah diselenggarakan di berbagai kota besar di Indonesia dengan mengusung konsep yang berbeda dari tahun ke tahun.

Gimana? Siap untuk merencanakan perjalanan selanjutnya? Pastikan festival musik di atas ada didalam daftar perjalanan kamu selanjutnya ya.