Nge-gym, atau berolahraga di pusat kebugaran merupakan aktivitas yang sudah menjadi gaya hidup masyarakat urban. Olahraga di fitness center juga tak memiliki batasan umur dan gender. Baik laki-laki maupun perempuan, mahasiswa, karyawan, maupun para bos banyak yang menggemari aktivitas ini.

Karena hal itu tak salah jika fitness center, pusat kebugaran, atau yang lebih populer disebut gym selalu ramai dipenuhi oleh masyarakat. Tujuan mereka ke sana berbeda-beda. Mulai dari yang ingin menurunkan berat badan, menambah massa otot, atau hanya untuk menjaga kebugaran. Namun berolahraga di fitness center tak selamanya nyaman. Bukan karena fasilitasnya jelek, tapi kelakuan yang berolahraga di sana bikin kamu jadi geleng-geleng kepala. Atau jangan-jangan, kamu sendiri yang suka berkelakuan seperti ini.

1. Ketika baru datang selfie dulu, nanti di sela-sela fitnes selfie lagi, trus selesai fitnes nggak lupa selfie lagi. Barang kali biar kelihatan beda sebelum sama sesudah nge-gym.

Model fitness center via trimmedandtoned

“Selfie dulu ah…”

Nggak tahu ini orang tujuannya apaan. Mulai dari datang sampai selesai nge-gym tak henti-hentinya foto selfie di depan cermin. Mungkin tujuannya ingin memperlihatkan before dan after, tapi emang yang tadinya punya perut buncit terus setelah nge-gym dua jam langsung bisa kelihatan sixpack gitu? Enak aja…

2. Memang dalam menjaga kebugaran kita mengenal dengan yang namanya set dan repetisi, tapi nggak seharian juga kali. Gak lihat antriannya sudah panjang?

Advertisement

Muka-muka penjaga alat fitnes via webservices.camosun.bc.ca

Kamu : “Maaf mas, bisa tolong gantian alat fitness-nya?”

Member lain : (melototin kamu sambil memamerkan bicep-nya yang berbonggol-bonggol)

Kamu : Ter…La…Lu… (melipir menjauh dan cari alat lain)

3. Member yang suka nelpon atau SMS-an sambil duduk di atas alat fitnes juga bikin keki!

Main HP di gym bole asal… via www.dailymail.co.uk

Hal yang paling menyebalkan ketika lagi di pusat kebugaran adalah sering kali ada banyak member yang nelpon atau sekedar main ponsel di atas alat olah raga, tapi dia gak olahraga sama sekali. Cuma duduk atau bediri aja di sana. Mending kalau cuma bentar, ini kalau gak diingetin dia gak akan beranjak. Kamu kalau nge-gym gak kayak gini kan?

4. Mentang-mentang cermin di pusat kebugaran lebar, nggak sedikit orang yang suka ngaca dan merapikan rambut tiap semenit sekali.

Ngaca terus via muscle.iuhu.org

Lima menit sebelum fitnes, ngaca dulu, sambil usap-usap rambut.

Habis latihan otot dada, ngaca lagi sambil mencetin komedo.

Mendayung sepada statis, gak luput sambil ngaca.

DI RUMAHNYA GAK ADA CERMIN APA?

Kegiatan-kegiatan ini sebenarnya wajar dilakukan sesekali sih, namun jika tiap semenit sekali ngerapihin rambut, ngusap-ngusap komedo, lama-lama orang yang nggak sengaja liat juga eneg!

Gym itu bukan salaon ya.

5. Olah raga juga butuh fokus dan konsentrasi, bro! Jadi kalo mau tertawa seperlunya aja. Buat mbak yang mau ngajak ngobrol, nanti kita tukeran nomor aja 😉

Tertawa terbahak-bahak mengganggu member lain via giphy.com

Mas-mas yang lagi di treadmill : “Gyahahahaha‼!”

Kamu yang lagi lari di treadmill: *tersungkur kaget*

Biasanya orang nggak sadar kalo obrolan dan tertawanya yang keras itu berpotensi mengganggu pengunjung lain.

6. Selain gelak tawa yang gak kenal batas, kelakuan member gym yang mondar-mandir gak jelas juga bisa jadi sumber distraksi bagi member lain.

Centil di gym via forums.steroid.com

Meski jarang, tapi kebiasaan orang yang suka mondar-mandir di ruang fitnes itu amat sangat mengganggu. Kalau memang situ model, silakan pergi ke fashion show.

7. Oke, kamu berhasil mengukir six pack di perutmu. Namun tak perlu memamerkan tubuh telanjangmu di ruang fitnes maupun ruang ganti.

Pamer otot via wewomen.com

Mungkin kamu telah berhasil mengukir otot-otot di tubuhmu, namun jangan sekali-kali melakukan olahraga tanpa mengenakan kaos. Ingat, tak semua orang mau melihat tubuh telanjangmu!

Meski pusat kebugaran adalah tempat yang santai, namun kamu perlu memperhatikan etika dan sopan santun. Kalau mau pamer otot, silakan ikut kontes binaraga. Di sana kamu bisa puas memamerkan otot-otot yang kamu miliki. Bisa dapat piala pula.

8. Ruang ganti dan toilet yang nggak bersih juga sering bikin kesel. Belum lagi kalau ada yang ‘lupa’ flush. Iyuuuh.

RUang ganti yang kotor via www.thetrentonline.com

Sebagai member yang peduli, harusnya bersama-sama menjaga kebersihan ruang ganti dan toilet dong. Setelah urusan kelar, jangan asal kabur aja. Disiram dulu itu “harta”-nya.

9. Hatimu lelah ketika melihat Alat-alat fitnes yang berat-berat, nggak dikembalikan lagi ke tempat semula.

ALat fitnes yang berserakan via ethanlowryhealthandfitness.blogspot.com

“Boro-boro mau beresin, ngangkat satu barbel 5 kilo aja susah minta ampun”

Kebayang nggak, kalo tiba-tiba kamu kesandung barbel seberat 20 kilo pas lagi jalan menuju ruang fitnes? Pantesan aja, karena barbel yang berserakan dimana-mana nggak dikembalikan ke tempat semula. Memang benar kita udah bayar. Namun jangan arogan gitu dengan meletakkan barbel di sembarang tempat.

10. Dan hal paling nggak nyaman adalah mata yang memandang tajam seakan menghakimi kemampuan kamu berolahraga.

Lagi latihan diliatin orang via easybodybuildingtips.blogspot.com

Pas lagi latihan, ada orang yang curi-curi pandang memperhatikan kamu. Jadi salting nggak kalau diliatin gitu? Kalau kamu gak jago, kan jadi malu sendiri. Apalagi kalau sampai jatoh. Korban gymtimidation, brooo…

Nah itulah beberapa hal-hal yang bikin ilfil ketika kita berada di gym. Mungkin kamu punya alasan-alasan lain yang bikin kamu suka kesel kalau lagi nge-gym? Seperti biasa, silakan tulis di kolom komentar ya!