Peradaban memang sudah berubah pesat dari masa ke masa. Dari masa prasejarah hingga saat ini, jelas banyak yang berubah. Jangankan dari masa sebelum mengenal angka dan huruf. Dari tahun 90-an sampai saat ini pun sudah jauh berbeda. Salah satu faktor terbesar yang mengubah gaya hidup kita saat ini tentu karena akses internet yang saat ini sangat mudah kita dapatkan.

Nah, seorang ilustrator asal Rusia Astkhik Rakimova, menunjukkan perubahan kehidupan kita sebelum dan sesudah ada internet. Dinukil dari Brightside, beginilah perubahan kehidupan kita yang sebenarnya sangat bahagia tanpa ada internet dulu. Sadar nggak sih?

Sebelum berangkat traveling, persiapan yang nggak boleh ketinggalan itu kamera. Sekarang, tongsis harus ada

Persiapan sebelum pergi, swafoto dulu. via brightside.me

Kalau kita pengen beli sesuatu atau cari pekerjaan, pasti kita akan cari koran. Sekarang semua bisa teratasi dengan mudah lewat media sosial

Jual beli jadi lebih mudah. via brightside.me

Bahkan hal remeh temeh dalam rumah pun sudah nggak seasyik dulu. Seperti minta tolong ambilin handuk saat kamu di kamar mandi

Posisi sulit dalam kamar mandi. via brightside.me

Atau saat kamu kebingungan ketika mau masak. Nggak perlu telpon ibu, tinggal googling, beres!

Advertisement

Ibumu jadi nggak tahu perkembangan skill memasakmu deh. via brightside.me

Yang paling nggak seru adalah saat cewekmu marah saat kamu nge-love foto cewek lain. Cemburunya nggak asyik!

GITU AJA CEMBURU SIH?! via brightside.me

Selain cemburu, selingkuh pun nggak seasyik dulu. Dulu, cowok harus punya keberanian buat godain cewek, sekarang cuma chat doang!

Bikin cowok jadi nggak gentle. via brightside.me

Saat kamu kecil, pasti ibumu sering banget nyariin kamu pas lagi main sampai petang. Kalau sekarang, malah disuruh keluar rumah!

Sekarang malah diusir dari rumah. via brightside.me

Dulu, jalan-jalan jadi momen indah untuk menghabiskan waktu bersama pasangan atau teman. Sekarang?

Sekarang nggak perlu ngajak pasangan deh. via brightside.me

Orang zaman sekarang nggak akan tahu nikmatnya menanti-nanti serial film yang tayang setiap minggu sekali

Dulu mesti nunggu seminggu untuk satu episode. via brightside.me

Sedikit baiknya, kita bisa cari sesuatu yang nggak kita tahu. Tapi intensitas komunikasi dengan orang lain yang berkurang

Tinggal googling, beres! via brightside.me

Nah, kan. Banyak kebahagiaan kita yang terenggut oleh keberadaan internet. Masa kanak-kanak jadi kenangan paling berharga yang bisa kita ceritakan pada anak-cucu. Sekarang, semuanya sudah nggak seasyik dulu, kan?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya