Televisi pernah menjadi primadona yang membuat setiap acara yang ditayangkan ditunggu kehadirannya. Pada era 90an acara yang ditayangkan masih sarat edukasi, hiburan, dan penuh makna. Tidak seperti sekarang ini, acara pernikahan bahkan persalinan selebriti menjadi konsumsi publik yang tidak bermutu dan tidak ada nilai edukasinya sama sekali.

Salah satu tayangan yang dulu sempat populer tak lain adalah acara kuis yang kehadirannya selalu kamu tunggu-tunggu. Dari banyaknya kuis yang dulu sempat ditayangkan, ada beberapa kuis yang akan selalu mengingatkanmu pada masa kejayaan televisi. Bahkan, ada beberapa ragam kuis yang masih didaur ulang dan ditayangkan lagi hingga sekarang, walaupun tidak sesukses dahulu. Penasaran apa aja kuisnya? Yuk, simak artikel Hipwee selengkapnya!

1. Kuis Kata Berkait, sempat membuatmu berpikir lama-lama memikirkan apa kata yang harus dijawab selanjutnya

kuis kata berkait via www.youtube.com

Kuis ini ditayangkan di RCTI pada tahun 1995 dan dipandu oleh MC ternama pada masanya, Nico Siahaan. Kuis yang berdurasi 30 menit ini sanggup membuat kita duduk diam di depan layar kaca dan tidak memindah saluran televisi. Kita pasti akan ikut serius berpikir dan menebak-nebak apa jawaban yang benar.

Kuis yang terdiri dari 3 babak ini menghadirkan 2 kelompok yang masing-masing terdiri dari 3 kontestan. Durasi yang diberikan pada tiap-tiap peserta untuk menebak kata yang benar hanya 5 detik. Jika mampu menjawab, maka poin akan bertambah sesuai jumlah huruf penyusun kata yang dijawab dengan benar. Namun jika jawaban salah maka akan dilempar ke peserta dari kelompok lain. Masuk ke babak kedua permainan akan semakin seru karena ada beberapa hadiah barang berupa Televisi atau kulkas yang bisa dibawa pulang jika menjawab dengan benar.

2. Mau wawasan makin luas sekaligus menikmati keseruan main tebak-tebakan? Kamu wajib pantengin kuis Apa Ini Apa Itu sepulang sekolah!

Advertisement

Kuis Apa Ini Apa Itu via www.youtube.com

Ilmu tidak hanya bisa didapat dari buku-buku sekolah, dengan mencermati kuis yang dibawakan oleh Jeffry Waworuntu ini akan membuat wawasanmu luas serta makin berpikiran kritis. Dari mulai menebak gambar, lagu, suara misteri, tokoh, hingga film atau program TV. Kuis seru ini ditayangkan setiap Senin sampai Jumat pukul 12.30 – 13.00, pas banget ditonton selagi makan siang sepulang sekolah. Kamu ingat gak sih, setiap kali menginjak segmen suara misteri, mas Jeffry pasti akan berkata :

“Suaraaaa??”

yang kemudian disusul oleh para penonton di studio dengan

“Misteriiii” *sambil menari-narikan jarinya di depan wajah, entah maksudnya apa

sampai sekarang masih misteri kenapa harus begitu gayanya via www.youtube.com

Kuis ini juga sempat didaur ulang dengan format sama yang dibawakan oleh Raffi Ahmad, Olga, dan Chika Waode pada tahun 2010. Namun sayang acara kuis daur ulang ini hanya bertahan selama kurun waktu 1 bulan lebih sedikit. Nah, terbukti ‘kan kuis dengan format lawas yang lebih mengedukasi serta minim basa-basi lebih melekat di hati. 🙂

3. Kamu juga harus menonton kuis Piramida supaya makin cepat dan lihai dalam menebak frasa serta memperkaya padanan kata

kuis piramida via m.kaskus.co.id

Kuis seru ini ditayangkan di RCTI hampir selama 5 tahun dan dipandu oleh Ronny Sianturi. Kuis ini menghadirkan 2 pasang kontestan yang akan beradu kelihaian dan kecepatan dalam menebak frasa yang tepat. Kamu yang hanya menatap lewat layar kaca juga pasti ikut dibikin gregetan ketika peserta tidak tepat dalam menjawab atau membutuhkan waktu lama untuk berpikir.

Kuis ini pada dasarnya hampir sama dengan kuis eat bulaga yang marak belakangan ini. Bedanya, lewat kuis piramida kamu bisa belajar bagaimana cara memberikan deskripsi yang tepat. Selain itu kuis ini juga bisa menambah wawasanmu akan sinonim dan antonim dari tiap frasa. Bukan hanya terpatok pada kata ‘ya’, ‘tidak’, ‘bisa jadi’ yang minim edukasi dan hanya menomor satukan gelak tawa.

4. Ada gak sih kuis yang bisa menambah wawasan tentang ilmu alam? Ada banget, kamu bisa nonton Indosat Galileo tiap minggu malam!

Siapa sih yang dulu gak pingin punya boneka ini? via www.kaskus.co.id

Siapa sih yang dulu gak kenal sama boneka maskot acara kuis ini? Atau bahkan dulu kamu ngebet banget punya boneka ini biar dikira jago IPA? Hehe.

Acara SCTV yang dipandu oleh Susan Bacthiar dan Ronni Waluya ini tayang setiap hari minggu. Pada medio 1999 hingga awal 2002 kuis favorit anak sekolah ini ditayangkan pada pukul 20.30 hingga 21.00. Walaupun ditayangkan pada malam hari namun rating kuis ini tetap naik. Itu adalah bukti bahwa banyak orang tua yang memperbolehkan anaknya melihat tayangan ini di jam wajib belajar sekalipun karena dahulu tayangan televisi masih sangat mengedukasi.

Di kuis yang sarat ilmu sains ini akan dibagi menjadi 4 babak atau biasa disebut peragaan. Jika setiap peragaan atau babak yang bisa dijawab dengan benar maka kontestan akan memperoleh satu boneka maskot. Di akhir babak ke 4, kontestan berhasil mengumpulkan banyak boneka akan keluar sebagai pemenang. Gak heran, jaman dulu pasti banyak anak sekolah yang menginginkan boneka maskot ini biar dikira pernah ikutan kuis indosat galileo. Hehe

5. Salah satu kuis yang mengedukasi dan tersukses di Indonesia, apalagi kalau bukan famili 100!

famili 100 via www.kaskus.co.id

Survey membuktikan!

Kuis yang ditayangkan lebih dari 10 tahun dengan jumlah lebih dari 2.500 episode ini memang sangat sukses di Indonesia. Walaupun sempat berpindah-pindah stasiun televisi, namun penggemar kuis ini tidak pernah berkurang. Apalagi didukung oleh Sonny Tulung yang sangat piawai membawakan acara, sehingga durasi 30 menit pasti dirasa kurang lama. Kuis ini juga bisa menjadi ajang untuk memperkaya diksi dalam bahasa Indonesia.

Walaupun pada tahun 2013 acara kuis ini kembali ditayangkan hingga hari ini, namun terasa berbeda tanpa kehadiran host lama. Yah kita lihat saja, apakah dengan host baru ini acara famili 100 ini akan bertahan lama dan sesukses dulu atau tidak.

jadi, kamu pilih siapa? via www.hipwee.com

6. Tak tik boom : Kuis yang akan memperluas wawasan karena memiliki pembahasan dari beragam kategori

Tak Tik Boom via hiburan.kompasiana.com

Kuis yang ditayangkan selama 6 tahun dan dipandu oleh Dedi Yusuf ini memang digandrungi oleh masyarakat walaupun jadwal penayangannya hanya satu kali dalam seminggu. Dengan menonton kuis ini, wawasanmu juga akan bertambah lewat pertanyaan serta informasi yang dilontarkan pada tiap kategorinya. Mulai dari kategori tokoh, iptek, seni, lagu, novel, pahlawan, bahasa, hingga geografi. Selain itu, hadiah uang tunai serta beberapa barang menarik juga bisa dibawa pulang tiap kali berhasil menjawab di tiap babaknya. Lagi-lagi kuis ini juga sempat didaur ulang namun hanya bertahan selama 6 bulan saja pada periode Juli-Desember 2010.

Ps : Kamu masih ingat gak sih, tiap sebelum peserta mulai bermain pasti akan dijelaskan mengenai biografi singkatnya oleh narator. Termasuk hobi, status perkawinan, jumlah anak, dan jenjang pendidikan. Btw, ini kuis apa sensus? Hehe

7. Kuis Siapa Berani : Gak hanya seru karena kehebohan peserta yang memakai aksesori segala rupa, namun wawasan kuis ini bisa makin membuka mata

Kuis Siapa Berani via hiburan.kompasiana.com

Kuis yang ditayangkan tiap pagi di Indosiar hampir selama 5 tahun ini memang seru dengan ragamnya profesi dari kelompok peserta. Kehebohan pesertanya yang memakai aksesori segala rupa juga nampak lucu dan makin membuat acara ini makin seru. Namun, bukan hanya fokus terhadap keseruan kostum dari peserta saja bukan seperti kuis super deal, lewat kuis ini pengetahuanmu akan makin terasah tajam karena pertanyaan yang dilontarkan seputar pengetahuan umum. Kekompakan dari Helmi Yahya dan Alya Rohali juga makin membuat kuis pagi ini makin seru karena mampu menghidupkan suasana.

8. Kamu bisa memperkaya perbendaharaan kata melalui kuis komunikata yang tayang tiap sore

komunikata via www.kaskus.co.id

Sapu bersih!

Kuis yang tayang selama 5 tahun (2000-2005) di TPI ini memang paling dinanti tiap sore. Kuis ini dulu berjaya ketika dibawakan oleh Isam Surentu. Acara ini menghadirkan 2 kelompok yang terdiri dari 5 orang kontestan. Setiap kontestan harus bisa dengan cepat menebak kata yang dimaksud oleh kontestan sebelumnya dengan menggunakan kata bantu. Kata bantu yang sudah diucapkan oleh kontestan tidak boleh lagi diulang oleh kontestan setelahnya. Dengan melihat acara ini dijamin perbendaharaan katamu jadi makin banyak karena kamu bisa mengetahui padanan kata dari frasa-frasa yang dilontarkan oleh kontestan.

Kamu masih inget gak gimana mas Isam Surentu muter badan dan berkata “Kuis Komunikata” di tiap awal kuisnya? Hehe

Kuis Komunikata via www.youtube.com

9. Mengetahui ragam tanggung jawab pekerjaan setiap profesi bisa kamu lakukan dengan cara menonton kuis ‘Siapa Dia?’.

Kuis Siapa Dia versi sekarang via article.wn.com

Dulunya kuis ini ditayangkan di TVRI dan dipandu oleh Aom Kusman dari tahun 1992 hingga 1998. Setelah sempat lama menghilang, acara ini muncul lagi pada tahun 2013 dan dipandu oleh Denny Chandra, kemudian pada tahun 2014 hingga sekarang dipandu oleh Ananda Omesh. Lewat kuis ini, kamu bisa tahu keunikan dan ragam pekerjaan seseorang.

Kuis ini menghadirkan 4 peserta dan 1 orang mistery guest. Peserta diberi kesempatan selama 10 menit untuk melontarkan kepada mistery guest seputar pekerjaannya. Uniknya, mistery guest hanya boleh menjawab “ya”, “tidak”, “bisa ya”, dan “bisa tidak”. Kemudian peserta harus memberikan jawaban akhir. Jika jawaban salah maka mistery guest yang akan mendapatkan hadiah, namun jika jawabannya benar maka masing-masing peserta lah yang berhak menerima hadiah.

10. Siapa sih yang gak inget ungkapan kursi panas dari kuis Who wants to be a milionaire?

Kursi Panasss via www.youtube.com

Kuis dengan hadiah 1 milyar ini memang dulu digandrungi oleh pemirsa. Kamu bisa menyaksikan kuis ini tiap malam minggu (khususnya buat kamu yang dulu jomblo) dengan dipandu oleh host ternama, Tantowi Yahya. Lewat ragam pertanyaan yang diajukan, kamu bisa memperkaya ilmu serta wawasan. Bahkan, dulu kuis ini pernah ada versi permainan komputernya lho. Hayo, ngaku siapa yang main berkali-kali, bahkan rela pakai cheat supaya bisa jadi pemenang abal-abal?

Jadi, gimana menurutmu? Apakah kamu puas dengan kuis-kuis yang ada sekarang atau kamu ingin supaya tayangan kuis tersebut diperbaiki kualitasnya supaya bisa seperti dulu? Yuk, bagikan opinimu di kolom komentar! 😀