Ada tiga macam makhluk hidup dalam dunia ini. Manusia, tumbuhan, dan binatang. Tuhan menciptakan dengan segala macam pertimbangan dan porsi yang berbeda-beda.

Buset! Bukan, bukan. Ini bukan khotbah atau pun mata pelajaran sains. Menyangkut soal binatang atau hewan yang ada di muka bumi ini, sering nggak sih ada yang bikin kamu mikir:

Ya, ampun. Hewan ini diciptain Tuhan buat apa sih?”

1. Kecoa yang merayap perlahan ke arahmu jadi monster yang paling kamu benci. Apalagi kalau dia terbang! Ih, jijik bin geli…

Ekspresimu pas liat kecoa terbang depan mata. via calvincandierps.tumblr.com

Nggak cuma cewek, cowok pun geli lihat kecoa, apalagi pas lagi terbang. Seolah-olah hewan bernama latin Blattella asahinai ini sedang mengancam kenyamanan orang-orang. Tapi jangan pernah membunuh kecoa. Karena setiap satu kecoa mati, akan muncul kawanannya untuk sekadar ‘melihat’ jasad temannya yang mati itu. So, jangan bunuh mereka kalau kamu nggak mau makin banyak kecoa terbang yang datang.

2. Cicak jadi hewan yang dinistakan oleh sebagian orang. Mereka yang percaya pada mitos, kejatuhan cicak berarti bakal kena sial.

Advertisement

Lizard House. via mynameiswool.com

“Apa sih guna cicak, selain menangkap nyamuk?”

Ada sebuah mitos mengatakan bahwa kejatuhan seekor cicak akan membuat harimu sial. Lebih parah lagi, akan membuat hidupmu menjadi sial. Entah dari mana asalnya mitos ini. Tetapi dengan adanya mitos ini, semua orang jadi nggak menaruh respect kepada binatang yang memiliki keahlian ototomi ini.

3. Meski populasi tertinggi di dunia jatuh pada kawanan semut. Sampai sekarang kamu pasti nggak tahu ‘kan gunanya semut itu apa?

Ini buat apaaa?? via www.wallhd4.com

Semut menjadi hewan yang dibenci ketika orang-orang lagi makan. Bahkan kamu pun merasa risih dengan kedatangan hewan ini, ‘kan? Kamar atau kost-anmu yang nggak seberapa luas itu menjadi sarang semut ketika makanan sisa semalam nggak kamu buang ke tempat sampah. Risih, ‘kan? Makanya jaga kebersihan kamarmu!

4. Buat kamu yang terobsesi dengan Spiderman, mungkin bahagia kali ya kalau ketemu laba-laba di kamar?

Mas Parker: “Ada apa denganku??” via elcineriodico.com

Ya, ini sih kalau kamu ngefans banget sama sosok Spiderman. Guys, itu cuma rekayasa dapur Hollywood! Jangan percaya bahwa disengat laba-laba kamu bisa jadi seorang super hero! Disengat laba-laba, apalagi yang beracun, hanya akan menimbulkan dua kemungkinan. Pertama kamu pingsan, kedua kamu bisa dirawat di rumah sakit!

5. Bersuara bising dan mengakibatkan bentol-bentol, nyamuk sungguh nggak pernah ngertiin perasaan orang yang lagi ngantuk!

Gataaal!! via ravepad.com

Apa manfaat dari adanya nyamuk? Sebagai makanan cicak? Please, guys. Manfaat untuk umat manusia, apa? Kalau kamu tahu, coba tulis di kolom komentar, ya!

6. Hampir sama dengan nyamuk, lalat jadi hewan yang juga dibenci oleh orang-orang. Selain membawa bakteri, suaranya pun bikin nggak tenang.

Seperti nyamuk, sampai sekarang lalat belum diketahui manfaatnya. Makanan yang dihinggapi lalat, jelas sudah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri. Jajan sembarangan di tempat yang nggak steril dan higienis, akan membuat perutmu mules. Ya, karena lalat-lalat itu telah menebarkan kuman dan bakteri di setiap makanan. Makanya, jangan jajan sembarangan!

7. Dimusuhi petani dan mengganggu indera penciuman. Walang sangit ini memiliki bau yang nggak bersahabat!

Bau nyengat ini membunuhkuuuu! via backofbeyondthent.blogspot.com

Walang sangit menjadi musuh bagi petani. Selain dia menjadi hama bagi tanaman padi, hewan ini juga merusak suasana udara di sekitar manusia. Bau tak sedap dari Leptocoris oratorius Fabricius ini merupakan senjata utama untuk melawan musuhnya. Kalau kamu lagi duduk-duduk manis, terus ada bau sangit (tak sedap) di sekitarmu, berarti kamu dianggap musuh bagi hewan ini.

8. Selalu menjadi musuh utama bagi para cewek, apalagi kalau hewan ini bersarang di kepala. Duh, kutu busuk!

Mengurangi kepercayaan diri. 🙁 via www.thestar.com

Pulex irritans menjadi hewan parasit yang menggelisahkan semua orang. Nggak cuma cewek, cowok pun akan merasa terganggu dengan adanya hewan ini di kepala. Sekadar info, kutu rambut betina dapat bertelur hingga enam buah sehari, dan akan menetas pada hari ke-8. Semakin kamu nggak pernah keramas atau perawatan rambut, semakin padat populasi hewan nggak berguna ini bersarang di kepalamu. Keramas, gih!

9. Seandainya nggak ada kartun Tom & Jerry, kamu pasti nggak akan suka tikus. Mereka itu hama yang membawa kuman dan bakteri.

Maling!!! via www.raspberrypi.org

Tikus dan curut merupakan mamalia menggelikan di muka bumi ini, apalagi tikus got. Kucing aja nggak berani ngejar. Apa sih manfaatnya? Hufed!

10. Tanpa suara atau tanda-tanda, rayap itu cuma menyisakan bencana. Apalagi buat koleksi buku-buku lawasmu!

Mahakarya oleh rayap. via wordpress.com

Manfaat apa yang bisa kamu petik dari kawanan rayap di tempat tinggalmu? Belum bisa dipastikan manfaat rayap hingga saat ini. Kecuali dia hanya bisa membuat perabotan kayu di rumahmu menjadi lapuk dan keropos. Bahkan buku-buku di rak dan di lemari kamarmu pun jadi sarang sekaligus makanan buat mereka. Mengganggu, ‘kan?

11. Hewan ini sampai sekarang belum diketahui manfaatnya. Tapi, tomcat cuma bisa merusak kecantikan kulitmu.

Bahaya nih! via rideralam.com

Tomcat adalah serangga dengan parasit paling mengerikan kejam di muka bumi ini. Pernahkah kamu disengat hewan berbadan belang ini? Jangan pernah bilang, “yang belang emang lebih enak”, ya! Itu salah kaprah. 🙁

Itulah sebelas binatang yang sering meresahkan dirimu dalam kehidupan ini. Kembali ke pertanyaan awal, “Apa sih gunanya Tuhan menciptakan hewan ini?” Yup, Tuhan nggak akan menciptakan sesuatu tanpa alasan. Semua pasti ada hikmah yang bisa kamu rasakan.

Manusia dianjurkan untuk berpikiran terbuka dengan segala binatang dan tumbuhan yang telah diciptakan Tuhan; untuk mencari tahu apa manfaat dari sebelas binatang yang meresahkan hidupmu itu. So, jangan selalu menyalahkan keadaan. Mungkin hewan-hewan itu akan membawa berkah bagi kehidupanmu selanjutnya.

Menurutmu, binatang apa lagi yang meresahkan hidupmu? Tulis di kolom komentar, ya. Dan tuliskan kemungkinan adanya manfaat dari binatang tersebut. 😉