“Tugas banyak banget nih. Bingung mau ngerjain yang mana dulu. Ah, ya udah deh, nge-Path dulu bentar biar nggak gila!”

Aduduh, kalau kamu tinggal main Path dulu, nonton film dulu, atau tidur dulu “supaya nggak gila”, yang ada tugasmu nggak akan pernah selesai. Sebenarnya supaya tugas segera selesai, cuma ada satu cara: dikerjakan tugasnya.

Nah, ayo. Sambil kamu duduk di depan laptop siap-siap mengerjakan tugas, Hipwee akan menemanimu dengan playlist yang akan membuatmu semangat mengerjakan tugas-tugasmu. Semoga membantu!

1. Jika tugasmu sangat menyulitkan dan kamu merasa nggak kuat menuntaskannya, dengarkan Stronger dari Kelly Clarkson ini yuk!

Stronger by kelly clarkson via www.youtube.com

Advertisement

What doesn’t kill you makes you stronger, stronger

Just me, myself, and I

What doesn’t kill you makes you stronger

Stand a little taller

Doesn’t mean I am lonely when I am alone

Ada kalanya alasan kenapa tugasmu nggak selesai-selesai adalah karena kamu stuck di satu masalah yang nggak bisa kamu selesaikan. Kalau itu terjadi, ingat-ingat kata Mbak Kelly Clarkson ya, bahwa apa yang nggak membunuhmu justru akan membuatmu lebih kuat. Suara Mbak Kelly yang serak-serak dan musiknya yang lumayan cadas jamin bikin kamu yang tadinya mulai mengantuk, jadi melek lagi.

2. Jangan menyerah saat ada masalah dengan tugasmu. Bersemangatlah bersama lagu Trouble is a Friend milik Lenka

Kalau lagu Kelly Clarkson belum cukup meyakinkanmu, coba dengarkan lagu Lenka. Masalah terjadi di setiap hal dalam hidup kita, termasuk tugas-tugas yang kadang sulit kamu selesaikan. Tapi kamu nggak perlu putus asa. Contohlah Lenka, alih-alih putus asa dan menyerah, dia malah menganggap masalah sebagai teman.

He’s there in the dark

He’s there in my heart

He waits in the wings

He’s gotta play a part

Trouble is a friend, yeah

Trouble is a friend of mind

Suara Lenka yang renyah dan ceria akan membuat semangatmu muncul lagi. Sehingga masalah yang kamu hadapi akan setingkat lebih mudah, karena musik Lenka yang asyik bisa menghiburmu dengan mudah.

3. Suara Matt Bellamy nggak pernah gagal bikin semangat lagi. Coba lagu Starlight biar moodmu naik lagi

Starlight by Muse via www.youtube.com

Starlight…

I will be chasing a starlight

Until the end of my life

I don’t know the end of my life

Keasyikan musik Muse memang nggak perlu dipertanyakan lagi. Ritme lagunya lumayan menghentak, tapi tidak sampai membuatmu ingin jingkrak-jingkrak. Dengan suara Matt Bellamy yang khas ini, semangatmu seolah akan diisi ulang.

4.  Bikin hatimu yang lagi pusing sama tugas jadi adem. Caranya, dengerin aja lagu Try Try Try milik Jason Mraz ini

Jason Mraz via blog.cheatbook.de

if we just try try try

just to be ni-ni-nice

then the world would be a better place for you and I

if we just live our lives

putting our differences aside

oh that would be so beautiful to me

Kalau kamu suka music jazz yang sedikit ngebeat, bolehlah kamu mencoba lagu Jason Mraz yang satu ini. Makna syair lagunya yang dalam dan sangat optimis akan membuatmu semangat untuk mewujudkan perdamaian dunia. Setelah, pertama-tama, menyelesaikan tugasmu dulu tentu saja.

5. Coba dengarkan lagu Hall Of Fame. Seperti The Script yang percaya bahwa siapapun bisa menjadi siapa saja, percayalah bahwa siapapun bisa mengerjakan tugas apapun. 

Hall Of Fame by The Script via www.youtube.com

You can be the hero

You can get the gold

Breaking all the records they thought never could be broke

Biar kamu nggak putus asa dan tetap percaya bahwa kamu bisa menyelesaikan tugasmu dengan baik, dengarkan kata The Script. Kamu bisa menjadi pahlawan, kamu bisa saja mengguncang dunia dengan prestasimu, kamu bisa apapun yang kamu mau. Apalagi cuma menyelesaikan tugas? Ah, kecil.

6. Jangan biarkan satu kesulitan menghentikan langkahmu. Karena kata Miley Cyrus hidup adalah The Climb

The Climb by Miley Cyrus via www.youtube.com

There’s always gonna be another mountain

I am always gonna wanna make it move

Always gonna be a uphill battle

Sometimes I am gonna have to lose

Ain’t about how fast I get there

Ain’t about what’s waiting on the other side

It’s the climb

Miley Cyrus nggak hanya punya sensasi dan kontroversi saja, tapi banyak lagunya yang bisa menginspirasi kita semua. Salah satunya lagi The Climb ini, yang meyakinkan bahwa semua orang bisa meraih mimpinya. Satu kegagalan tidak masalah, karena hidup memang selalu ada prosesnya. Asal kamu tetap semangat dan berusaha, nanti kamu akan sampai di puncak juga.

6. Lagu Who Says dari Selena Gomez akan membuatmu percaya pada kemampuanmu untuk menyelesaikan tugas

Who Says by Selena Gomez via www.youtube.com

Iam no beauty queen

Iam just beautiful me

Na na na na na na na na na na na na na

Na na na na na na na na na na na na na

You’ve got every right

To a beautiful life

Lagu selanjutnya yang akan memompa semangatmu tentu saja Who Says milik Selena Gomez. Intinya adalah bahwa setiap orang punya nilainya masing-masing. Nggak perlu mendengarkan komentar orang yang menyakitkan, asal kamu berusaha nanti kamu juga akan bersinar. Sama seperti tugasmu, asal kamu mau berusaha mengerjakan, nanti akan selesai juga.

8. Kalau Vanessa Carlton rela berjalan A Thousand Miles untuk bertemu pacar, kamu cukup selesaikan tugasmu dulu baru boleh bertemu pacar. Gimana?

a thousand miles by Vanessa Carlton via www.youtube.com

Supaya semangatmu lebih terpacu untuk menyelesaikan tugas, kamu bisa melakukan seperti saran Vanessa Carlton di lagu A Thousand Miles.

‘cause you know I’d walk a thousand miles

If I could just see you… tonight

Kalau Vanessa rela berjalan ribuan kilo untuk bertemu kekaishnya, kamu cukup menyelesaikan tugasmu saja. Buat kesepakatan dengan pacarmu, bahwa kamu baru boleh menelepon atau menemuinya setelah tugasmu selesai. Siksa rindu yang membuatmu menderita, justru akan membuatmu semangat menyelesaikan tugas, supaya bisa segera bertemu pacar kesayangan.

9. Patah hati nggak boleh menghalangimu mengerjakan tugas. Biarlah lagu Love Yourself  dari Justin Bieber menemanimu move on

Love Yourself by Justin Bieber via www.youtube.com

Jika saat ini kamu sedang patah hati, semangatmu untuk mengerjakan tugas memang bisa nol besar. Boro-boro mengerjakan tugas, untuk bernapas saja kadang kamu malas. Tapi meskipun begitu, tugas-tugasmu nggak bisa menunggu sampai kamu bisa move on. Supaya kamu lebih bersemangat untuk mengerjakan tugas, sekaligus untuk move on, yuk dengarkan lagu Justin Bieber yang Love Yourself dan resapi baik-baik lirik lagunya.

‘cause if you like the way you look that much

Oh, Baby, you should go and love yourself

And if you think that I am still holding on to something

You should go and love yourself

 

10. Generasi 90-an pasti nggak asing lagi sama boyband yang satu ini. Lagu Uptown Girl dari Westlife akan membuat mood-mu ceria kembali

Uptown Girl by Westlife via www.youtube.com

Jauh sebelum demam boyband Korea, kamu sudah tumbuh besar ditemani boyband-boyband dari Eropa. Kalau kamu generasi 90an pastinya sudah akrab banget dengan boyband yang satu ini. Yak, Westlife. Dengan lagu Uptown Girl-nya yang renyah akan mengurangi kepenatanmu saat mengerjakan tugas. Sambil kaki menghentak kecil atau kepala mengangguk-angguk sedikit boleh lah. Tapi nggak perlu membayangkan video klipnya yang mereka memakai baju biru-biru seragam pelayan kafe. Nanti kamu jadi tergoda untuk goyang, dan tugasmu malah nggak selesai.

Uptown girl

You know I can’t afford to buy her pearls

But mybe someday when my ship comes in

She’ll understand what kind of guy I’ve been

And then I’ll win

11. Nggak perlu alasan apa-apa untuk mendengarkan lagu Coldplay. Salah satunya adalah Viva La Vida

Viva La Vida by Coldplay via www.youtube.com

Revolutionaries wait

For my head on a silver plate

Just a puppet on a lonely string

Ah, who would ever want to be king?

Siapa yang nggak suka mendengarkan lagu-lagu Coldplay? Kombinasi musik yang tidak biasa, makna lagu yang dalam, dan suara seksinya Chris Martin, membuat lagu-lagu Coldplay selalu nyaman di dengar dalam suasana apa saja. Salah satunya adalah lagu Viva La Vida. Coba dengarkan lagu ini supaya semangatmu bangkit lagi.

Yang paling sulit dalam mengerjakan tugas pastilah bagian mengumpulkan niat. Kamu sering punya alasan untuk menunda-nunda. Padahal kalau segera kamu kerjakan, tugas juga akan cepat selesai. Selain menambah semangatmu untuk mengerjakan, dengan lagu-lagu yang hangat dan ceria, perasaanmu akan lebih rileks dan nyaman.

Nah, sudah Hipwee temani sampai di sini, tugasmu sudah sampai mana?