Indonesia memang negara yang memiliki banyak beragam suku dan kebudayaan. Nah, karena itulah kita memiliki kekayaan kuliner yang melimpah ruah. Hampir di setiap daerah memiliki makanan khas masing-masing.

Namun, ada beberapa daftar makanan yang tak bisa terlepas dari keseharian masyarakat Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, makanan-makanan berikut ini bisa ditemukan dengan mudahnya. Ya, inilah makanan-makanan yang menjadikan lidahmu “lidah asli Indonesia”!

1. Biasanya kalo orang Indonesia mau makan yang nggak berat tapi cukup bikin kenyang, warung Bakso jadi andalan

Bakso, makanan yang paling cocok dikonsumsi pas hujan via nakamnakam.wordpress.com

Kamu : “Ujan-ujan gini enaknya makan yang berkuah nih!”

Temen : “Yeudah bakso aja yuk! Gambreng aja ntar yang kalah suruh beli”

Warung bakso memang warung yang hampir bisa ditemui di tiap sudut negeri ini. Dari perkotaan sampai di pedesaan bisa dengan mudah kamu temui penjual bakso ini. Bahkan yang kelilingan juga ada kok!

Advertisement

Dan biasanya, penjual bakso juga jual…

2. Mie Ayam, pasangan sejati bakso yang tak bakal pernah bisa dipisahkan

Bakso dan Mie Ayam, duo sejali yang sulit dipisahkan via kampungciganjur.weebly.com

“Sayang, kalau diibaratkan, kita ini bagaikan Romeo dan Juliet, bunga mawar dan kumbang, atau bagai Bakso dan Mie Ayam! Kita nggak bakal pernah dipisahkan…”

Yap! Bener banget!

Bakso dan mie ayam adalah dua makanan yang kemana-mana selalu berdua. Mereka bak sepasang kekasih yang tak pernah bisa dipisahkan. Nggak pernah bertengkar, lebih mesra dari kita sama pacar. Lah kenapa malah jadi curhat

3. Nasi yang udah melanglang buana sampe ke luar negeri, ya Cuma Nasi Padang!

Nasi padang, makanan yang udah melanglang buana via dapurbalikpapan.blogspot.com

Temen : “Makan dimana Bro..?”

Kamu : “Padang aja yok!”

Temen : “Jauh amaatt..?”

Kamu : “Bro, mentang-mentang laper jangan terus jadi jayus Bro.”

Ah, nasi Padang. Kamu adalah teman saat kami kesepian. Kamu adalah pacar bagi yang nggak punya pacar. Dengan siraman kuah yang lezat dan daging empukmu di atas nasi yang pulen dan hangat, kamu adalah ciptaan yang paling pengertian.

4. Siang-siang, pengen makan yang asem-manis-pedas? Rujak buah adalah pilihan yang pas!

RUjak maknyosss!! via medan.panduanwisata.id

“Eh cyin, rujakan yuk…”

“Hayuk!”

Biasanya yang doyan banget rujakan adalah para cewek. Metik jambu di pekarangan tetangga, ambil mangga yang setengah mateng, nguleg gula merah sama cabai, ditambah garem dikit. Kalo mau, bisa ditambah kacang tanah dikit. Udah jadi tuh bumbu rujaknya…

5. Tak perlu bingung jika kamu adalah orang yang nggak bisa masak, mie instan bisa jadi makanan harianmu. Apalagi sekarang rasanya macem-macem, ada yang rasa rendang juga lho!

Mie instan buat stok sebulan via blog.ub.ac.id

Cukup masak air hingga mendidih, tiriskan mie, lalu tuang ke mangkuk dan taburkan bumbu penyedapnya. Mie instan siap dinikmati…

6. Meski tiap daerah menyajikan soto dalam bentuk berbeda, ketenaran makanan ini tak kalah dengan bakso dan mie ayam

Makanan satu ini biasanya sih tak jauh dari isian bihun dan potongan daging. Daging yang dipakai macem-macem, tergantung mau bikin soto apa. Bisa pakai suwiran daging ayam, potongan daging sapi, babat, dan lain sebagainya.

7. Di magic jar masih ada sisa nasi? Dibikin Nasi Goreng aja…

Nasi goreng, mudah murah, dan sehat via www.saimenbakery.com

Daripada makanan di dalam magic jar kamu buang, mending didaur ulang aja jadi nasi goreng. Dijamin bakal jadi lebih enak dan nikmat.

8. Jika orang barat punya salad, Indonesia punya gado-gado dan pecel

Pecel, Salad ala Indonesia via jelajah-indo.blogspot.com

Sebenarnya pecel sama gado-gado nggak jauh berbeda. Bumbu yang digunakan pun sama. Perbedaan menonjol adalah gado-gado dilengkapi telur, sedangkan pecel hanya sayuran.

Isi gado-gado biasanya irisan kentang, wortel, sedikit bayam dan kacang hijau, beserta telur. Sedangkan Pecel berisi kacang panjang, bayam, kadang diganti kangkung, daun turi, toge. Semua sayuran yang digunakan adalah sayuran matang yang sebelumnya telah direbus.

9. Orang Indonesia juga doyan makan pedas, rasanya kurang lengkap jika makan tak ditemani sambal

Sambel, tak pernah lepas dari kehidupan orang Indonesia via caramembuat123.blogspot.com

Pokoknya sensasi makan tanpa sambal itu kurang meriah…

10. Meski tak bergizi, kerupuk masih menjadi primadona di hati orang Indonesia sebagai pelengkap makan

Kerupuk, tak bergizi namun digemari via grosiranekakrupuk.wordpress.com

“Kriuk, kriuk!”

Meski tak bergizi, namun kerupuk tetap digemari. Bentuk kerupuk ini juga macem-macem. Kalo ada orang makan kerupuk itu ibarat lagi ada pasar kaget di dalam mulut. Berisiknya minta ampun.

11. Namun, makanan yang bisa terlepas dari kehidupan bangsa Indonesia adalah…

“Presensi dulu yak!”

“Tahu goreng? tempe goreng? bakwan goreng? pisang goreng?”

Gorengan adalah makanan yang tak pernah terlepas dari hati masyarakat Indonesia. Teksturnya yang krispi, rasanya yang gurih, membuat makanan satu ini sebagai idola rakyat Indonesia. Mau sarapan, makan siang, maupun makan malam, tak lengkap rasanya jika tak ditemani gorengan.

Nah! Itulah makanan favorit orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Makanan favoritmu apa?