Kamu dan pasangan memang belum menikah sih, tapi nggak berarti dilarang mempersiapkan masa depan ‘kan? Membicarakan masa depan nggak melulu tentang finansial, mental, dan fisik semata kok, tapi juga hal-hal remeh-temeh lainnya. Misalnya aja memikirkan nama anak kalian kelak. Hehehe,

Kamu tentu sadar dong saat ini nama-nama bayi yang baru lahir berbeda dengan dulu. Nama bayi saat ini nggak pasaran ya kayaknya, tapi malah semakin beragama. Nah, untuk itu Hipwee udah menyiapkan nih 11 nama unik yang bisa kamu gunakan nanti. Simak, yuk!

1. Berikan makna keindahan pada nama anak perempuanmu nanti. Sriwedari – nama salah satu taman di kota Solo ini emang unik dan kaya arti.

Sriwedari – kental dengan seni dan budaya via www.merdeka.com

Sriwedari merupakan salah satu nama taman hiburan di kota Solo, Jawa Tengah. Kamu yang tinggal di sana mungkin udah familiar ya atau sering berkunjung ke sana. Selain itu, bagimu yang sering mendengarkan musik juga terbiasa dengan kata Sriwedari. Yup, kamu bisa aja mendengar dari lirik lagu “Setapak Sriwedari” milik Maliq & D’Essentials. Nama yang cantik dengan lirik lagu yang indah ini sayang banget kalau nggak menjadi salah satu referensimu dalam memberi nama anak nanti.

2. Memberikan nama anak dengan huruf awal itu gak apa-apa, malah melatih si anak jadi pemberani karena sering dipanggil duluan oleh gurunya saat di sekolah. Nah, gimana kalau dikasih nama Aksara?

aksara via twitter.com

Advertisement

“Kalau anak lo cowok, mau kasih nama siapa?”

“Nama depannya Aksara. Biar sama kayak gue nama depannya dari huruf A.”

Nama dari huruf awal seperti A dan B memang risikonya sering dipanggil duluan saat masih sekolah. Tapi, tak mengapa karena bisa melatih diri untuk menjadi berani. Aksara itu sering disebut sebagai huruf alphabet, entah alphabet apapun (misalnya aksara jawa dan aksara arab). Gimana? Tenang, gak pasaran kok.

3. Sebuah nama seringkali diberikan sesuai waktu lahir sang anak. Gak hanya Fajar, bisa juga namanya Senja. Indah ‘kan? 🙂

senja

“Anak gue prediksi dokter lahirnya sore nih.”

“Kasih nama aja Petang haha.”

“Gak ah, gue maunya Senja. Biar ada puitis-puitisnya hehe.”

Dari dulu mungkin kamu udah sering banget mendengar nama Fajar dan Dini. Tapi pernah nggak mendengar nama Senja? Nah, Senja ini bisa menjadi salah satu alternatif nama anakmu di masa depan. Apalagi kalau lahirnya memang saat sore hari, pas banget dong? Hehe.

4. Nama Kayana juga bisa jadi salah satu pilihanmu, lho! Siapa tahu kesuksesannya nanti bisa setinggi kahyangan…

Kayana

Ini hanya perumpamaan aja sih dari susunan huruf yang digunakan. Nama Kayana ini sepertinya cukup bagus diberikan kepada anakmu nanti, baik cewek maupun cowok. Kalau dari bahasa sansekerta, Kayanan sendiri berarti dermawan. Siapa yang nggak mau punya anak yang sukses setinggi kahyangan dan dermawan juga?

5. Kalau kamu dan pasanganmu memang senang bertualang di alam, nama Rinjani bakal keren banget disandang.

Rinjani, salah satu nama gunung yang syahdu kamu pakai untuk nama anak nanti via begajol.com

“Beb, kita nanti kalau punya kasih nama gunung ya!”

“Ya udah, kalau cewek Rinjani terus kalau cowok Bromo. Pas ya, 2 gunung itu sama-sama pernah kita daki.”

Kalau kamu dan pasangan memang pecinta alam, nggak ada salahnya nih memakai nama salah satu gunung sebagai nama anakmu nanti. Apalagi nama gunungnya pernah kamu daki bareng bersama pasangan. Wah, momen tersebut bias diabadikan pada nama anak-anak nanti.

6. Berikan kesan syahdu dalam nama anakmu. Pilih nama Jingga sebagai harapan kelak dia jadi anak yang tenang dan bersahaja.

jingga, warna syahdu

“Warna orange itu terang banget ya, gue suka warna itu.”

“Kalau gue senangnya Jingga, warnanya lebih lembut.”

Memberikan nama anak dengan warna kesukaan nggak apa-apa, di tambah lagi setiap warna pasti memiliki arti sendiri. Seperti warna Jingga yang memperlihatkan sisi kelembutan dan kesyahduhan suasana.

7. Nama-nama tumbuhan yang bermanfaat juga bisa jadi referensi. Pilih aja nama Mindi biar terdengar catchy!

Mindi

Jika kamu menilai nama Windi udah biasa, gimana dengan nama Mindi? Mindi merupakan salah satu nama pohon yang memiliki banyak manfaat lho. Misalnya aja bagus untuk mengatasi darah tinggi, gatal-gatal, dan kudis. Nama bagus ini dapat kamu berikan kepada anakmu nanti lho karena nggak seperti nama tumbuhan.

8. Kalau bosan dengan nama Cahaya, ada Gemintang dan Gemilang yang gak kalah terangnya…

kata gemintang juga terdapat dalam lagu Andien via www.muvibee.net

“Cahaya dan Bintang udah mainstream ya.”

Mainstream gimana maksud kamu?”

“Iya, mainstream karena banyak orang namanya itu. Aku mau Gemintang sama Gemilang aja kalau punya anak nanti.”

Nama Gemintang dan Gemilang bisa kamu pertimbangkan nih sebagai anak nanti. Kedua nama tersebut yang mengadung arti terang ini sekaligus dapat kamu pakai kalau anakmu nanti sepasang, yaitu cewek dan cowok. Gemintang untuk cewek, sedangkan Gemilang untuk cowok. Menarik kan?

9. Misalnya anakmu lahir pada 17 Agustus, gak ada salahnya pilih nama Merdeka atau Mahardika. Terdengar keren ya?

Merdeka – Mahardika via www.munsypedia.com

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Mahardika artinya berilmu dan bersifat bangsawan. Bisa juga sih diumpamain ke Merdeka, yah mirip-mirip sedikit lha ;p. Memberikan nama Mahardika ini juga bisa bertujuan agar nasionalisme anakmu nanti udah tertanam sejak bayi. Hehe.

10. Hujan emang paling bisa membangkitkan kenangan. Biar terdengar romantis, kasih nama anakmu Rintik aja!

Rintik

“Perkiraan dokter anak gue lahir pas musim hujan nanti.”

“Udah punya pilihan nama belum? Kalau belum, kasih nama Rintik aja daripada Deras.” ;p

Keromantisan hubunganmu dengan pasangan senantiasa harus terjaga. Untuk itu, nggak ada salahnya memberikan nama Rintik kepada anakmu nanti. Ditambah lagi kalau kamu sama dia sering menghabiskan waktu bersama saat hujan masih rintik. Romantis banget kan? Hehe.

11. Atau, kamu lebih suka nama yang kesannya impor dari luar negeri gitu? Hmmm…nama Marlen juga bisa kok jadi pilihanmu.

Marlen – burung elang – tatapan mata burung elang tajam kayak Rangga di AADC

Nama Marlen ini bisa kamu pakai untuk anakmu tanpa melihat jenis kelaminnya. Untuk anak cewek pun cocok, untuk anak cowok pun demikian. Marlen berasal dari luar negeri, seperti Jerman, Yunani, dan Anglo-Saxon. Dari Anglo-Saxon, Marlen berarti burung Elang. Kalau ingat Elang, ingat mata burung Elang yang tajam dong. Kalau ingat mata yang tajam kayak siapa? Kalau menurut Hipwee sih kayak matanya Rangga di film AADC. ;p

Berinisiatif menyiapkan nama anak nggak ada salahnya, toh hal tersebut juga melatih kreativitas otakmu untuk berpikir kok. Daripada nanti saat anak udah lahir kamu malah belum menyiapkan dan jadi bingung sendiri, tentu mencari referensi dari sekarang bakal membantu banget.

Nah, gimana? Udah seru-seruan milih nama anak bareng pasangan? Mau pilih salah satu nama dari artikel ini atau kalian punya pilihan yang lain lagi? 😀