Pelajaran tentang romantika dunia percintaan ternyata tak selalu kita dapatkan tatkala pertama kali merasa jatuh cinta atau bahkan mencoba berpacaran. Lewat film atau acara televisi tak jarang kita juga belajar asam-manisnya dunia percintaan.

Di era 90’an ada banyak banget acara televisi bertema cinta yang seharusnya belum kita tonton, tapi karena ibu atau asisten rumah tangga, jadilah kita ikutan nonton juga. Berikut ini Hipwee akan mengulas 12 acara televisi bertema cinta yang dulu bisa jadi acara favorit kamu:

1. Kisah Cinta Penjual Bunga Rosalinda Yang Jatuh Cinta Pada Pemuda Kaya

Rosalinda yang cantik banget via anamariao7.wordpress.com

“Rosalinda hay amor, hay amor” – OST Rosalinda

Di tahun 90’an keberadaan telenovela bisa dibilang cukup menjamur. Televisi kita ‘kebanjiran’ berbagai program televisi kiriman dari Meksiko tersebut. Salah satu telenovela tersukses adalah Rosalinda. Kisah cinta Rosalinda dengan pria kaya bernama Fernando Jose Altamirano del Castillo adalah salah satu drama percintaan dramatis yang saat itu sukses menyedot perhatian pecinta telenovela di Indonesia. Tak hanya kisah cintanya saja yang melekat kuat di ingatan penontonnya, lagu pembuka yang diputar setiap acara ini akan mau dimulai pun selalau mengingatkan kita akan romantisme kisah cinta antara Fernando Jose dan Rosalinda.

2. Jinny Oh Jinny: Cerita Manusia Yang Kesengsem Pesona Jin Dalam Kerang

Advertisement

Perut rata Jinny yang bikin iri via www.nonton.com

Siapa di antara kamu yang dulunya suka nonton acara ini?

Ya Jinny oh Jinny adalah program televisi yang dulunya tayang di RCTI pada tahun 1997 dan berakhir di tahun 2002. Kisah percintaan antara Bagus dan Jinny ini sempat menjadi acara televisi favorit para kawula di masa itu. Pertemuan antara Bagus yang diceritakan berprofesi sebagai penyelam mutiara dengan Jinny dimulai saat Bagus membawa kerang yang diduga berisi mutiara ke rumahnya. Gak disangka ternyata kerang tersebut berisi makhluk ajaib yang mampu memenuhi semua kebutuhan Bagus. Acara televisi bergenre drama-comedy ini mendapat rating yang tinggi dan mampu bertahan selama bertahun-tahun menghiasi layar kaca.

3. Gadis Buta Bernama Esmeralda

fans esmeralda ngacung dong via www.youtube.com

Kalau yang satu ini ceritanya bisa dibilang paling menyedihkan sih, soalnya pemeran utamanya diceritakan sebagai seorang perempuan tuna netra yang sejak kecil dipisahkan sama orangtuanya. Kisah Esmeralda memang gak sepopuler Rosalinda, tapi meski begitu bukan berarti acara ini kehilangan perhatian dari pecinta telenovela di Indonesia.

Pasalnya kegigihan dan kesabaran Esmeralda memperjuangkan kisah cintanya dengan Jose Armando bikin semua penontonnya khususnya perempuan memimpikan punya pacar seganteng dan sekaya pacarnya ini. Diperankan oleh Laticia Calderon dan Fernando Colunga, telenovela Esmeralda berhasil membuat kamu penontonnya duduk selama kurang lebih satu jam melihat kisah cinta Esmeralda yang menyayat hati, jiaaah!

4. Cinta Kasih Mayang dan Topi Fenomenalnya di Sinetron Tersayang

Dion dan Mayang di Tersayang via www.youtube.com

Gak cuma opening song saja yang bisa ikutan terkenal bersamaan dengan cerita dari sebuah sinetron, terkadang aksesoris yang jadi ciri khas dari sebuah sinetron bisa ikutan popular juga. Kalau Shakalaka Boom Boom punya pensil ajaib sebagai trademark, sinetron Tersayang yang dulunya tampil di SCTV ini punya topi ala Tersayang.

topi ala tersayang via twicsy.com

Sinetron yang lumayan booming ini bercerita tentang Dion (Anjasmara) yang jatuh cinta sama teman kampusnya Mayang (Jihan Fahira). Padahal si Mayang sudah dijodohkan sama keluarganya dengan Andy (Adam Jordan). Jadilah Dion menyamar sebagai Andy supaya bisa dekatin Mayang. Hal yang membuat film ini jadi epic adalah adegan lempar topi yang dilakukan oleh Dion ke Mayang. Hebatnya sejauh apapun jaraknya, pasti tuh topi sukses nangkring di kepalanya Mayang. Jago banget deh pokoknya. Pertanyaan Hipwee, siapa di antara kamu yang dulu beli topinya dan coba praktekin lempar topi ala Dion ke gebetan kamu?

5. Romantisme Marimar dan Sergio Santibanez

marimar awww via static.mercadoshops.com

“Maarimaar… Awwwww”

Thalia adalah salah aktris besar asal Meksiko yang sukses memerankan berbagai peran di telenovelanya. Selain Rosalinda, telenovela Thalia lainnya yang juga sukses adalah Marimar. Buat kamu yang menyukai telenovela sudah pasti tahu deh acara yang satu ini. Gak jauh-jauh dari kisah telenovela lainnya, kisah ini juga menceritakan perempuan miskin yang jatuh cinta pada pria kaya.

Marimar perempuan miskin yang tinggal bersama kakek neneknya di pinggir pantai diceritakan jatuh cinta pada seorang pria bernama Sergio Santibanez, sayangnya kisah cinta tersebut mendapat tantang dari banyak pihaknya. Namun pada akhirnya karena perjuangan tak henti Marimar pun berhasil hidup bahagia dengan pria pilihannya. Ceritanya memang mainstream, tapi sukses tuh.

6. Kekuatan Supranatural Gerhana dan Kisah Cintanya Bersama Bulan

Mas Gerhana di mana dirimu berada? via id.wikipedia.org

“Peggy melati sukma harum mewangi sepanjang hari” – Jargon di Film Gerhana

Kemunculan sinteron Gerhana di tahun 1999 juga cukup mencuri perhatian khalayak ramai. Tampang ganteng Pierre Roland (Gerhana) dan cantik Bulan (Dina Lorenza) saat itu menjadi magnet kuat yang menjual sinteron yang tayang di RCTI tersebut. Selain karakter Gerhana yang punya kekuatan supranatural, karakter lainnya yang membuat sinetron ini diingat adalah adalah Peggy si cewek cerewet yang doyan menganggu hubungan cinta antara Gerhana dan Bulan. Sebenarnya sih cerita utama dari film ini bukan kisah cintanya, melainkan kekuatan Gerhana yang digunakan untuk membantu banyak orang. Tapi dalam perjalanannya justru kisah cintalah yang membuat banyak penonton selalu menunggu-nunggu kemunculan sinetron Gerhana di setiap minggunya

.

7. Betty La Fea: Bukti Bahwa Cinta Tak Selalu Karena Kecantikan Fisik

betty la fea via www.pinterest.com

Image cewek culun berkacama dan menggunakan behel (kawat gigi) bisa jadi ditunjukkan pertama kali melalui telenovela yang berjudul Betty La Fea ini. Kesuksesan telenovela ini ini terbilang unik karena jika acara lainnya ‘menonjolkan’ kecantikan pemeran utamanya, Betty La Fea justru tampil sangat berbeda. Penampilan pemeran utama yang justru jauh dari kata sempurna membuat acara ini banyak diminati. Ketulusan Betty membantu Armando keluar dari keterpurukan perusahaannya membuat orang yakin bahwa jatuh cinta tidak selalu karena urusan fisik melainkan juga karena ketulusan hati.

8. Cerita Tentang Hancurnya Biduk Rumah Tangga Dalam Sinetron Noktah Merah Perkawinan

noktah merah perkawinan via www.youtube.com

“Noktah merah perkawinan
Telah menghancurkan mahligai cinta
Dan juga buah hati kita” – Opening song Noktah Merah Perkawinan

Zaman dulu, mungkin saat kamu masih duduk di bangku TK atau SD awal-awal ada sinetron yang judulnya “Noktah Merah Perkawinan”. Ceritanya lumayan bikin desperate kalau dipikir-pikir, karena berkisah tentang perceraian antara Mas Pram (Cok Simbara) dan Ambar (Ayu Azhari). Perceraian ini terjadi karena bangkrutnya perusahaan yang dipimpin oleh Mas Pram dan hal tersebut membuat Ambar kembali harus bekerja sebagai soerang model. Ketidaksetujuaan Mas Pram karena istrinya kembali bekerja membuat mereka jadi sering bertengkar dan akhirnya memutuskan bercerai. Adegan tampar-tamparan dalam film ini cukup sadis kalau dilihat sama anak-anak kecil seumuran kamu waktu itu. Tapi meskipun begitu ada banyak juga nih anak yang terlanjur kecanduan dan marah kalau dilarang nonton sinetron ini.

9. Mengenal Istilah ‘No Sex Before Married‘ di Sinetron Pernikahan Dini

pernikahan dini via www.sesawi.net

Kesuksesan Sinetron Pernikahan Dini berbanding lurus dengan kesuksesan yang digapai oleh dua artis utama yakni Agnes Monica dan Sahrul Gunawan. Cerita tentang anak SMA yang melakukan hubungan seks dan akhirnya hamil di luar nikah sebenarnya disambut positif karena dianggap memberi pesan moral pada para penontonnya. Sinetron ini juga menjadi jembatan yang mengantar Agnes Monica dari image penyanyi anak ke arti remaja.

10. Kepiawaian Akting Desy Ratnasari Pada Sinetron Bahasa Kalbu

Desy Ratnasari zaman dulu via www.youtube.com

Kalau telenovela punya Thalia sebagai diva di setiap program TV mereka, maka di tahun 90’an ada Desy Ratnasari yang seolah menjadi ‘diva’ pertelevisian Indonesia. Dari sekian banyak sinetronnya yang sukses, Sinetron Bahasa Kalbu bisa jadi yang paling diingat. Alasannya adalah karena adu akting antara Rini (Desy Ratnasari) dan Haris (Primus Yustisio) saat itu begitu ciamik dan emosional. Banyak penonton dibuat larut dalam kisah cinta keduanya.

11. Meteor Garden: Serial Drama Asal Taiwan Yang Menyedot Perhatian

Poster F4 dulu jadi incaran via ulzzangstyle.com

Bagi kamu yang gak tahu acara-acara televisi dari urutan satu sampai 10 tadi itu, Hipwee masih mencoba memaklumi deh. Tapi kalau sampai yang satu ini gak paham, tingkat kegaulan kamu mesti dipertanyakan. Masuknya serial Meteor Garden ke Indonesia waktu itu bisa dibilang bombastis. Sangking bombastisnya 4 tokoh pria yakni Jerry Yan, Vic Zhou, Vanness Wu, dan Ken Zhu langsung menjadi idola di kalangan kaum hawa. Tidak hanya peran saja yang menarik perhatian tapi juga model rambut lurus mereka pun banyak diikutin. Maka gak heran kalau banyak perempuan dan beberapa laki-laki yang ikutan bonding demi memiliki rambut lurus ala F4.

Kisah cinta antara Dao Ming Shi dan Shan Chai ini adalah kisah adaptasi dari komik Hana Yori Dango. Berkisah tentang 4 orang yang suka sok jago dan gemar bully di mana salah satu member dari geng mereka akhirnya jatuh cinta pada sosok Shan Chai yang pemberani. Seri asal Taiwan ini pun berhasil menarik animo masyarakat.

Coba cek di gudang kamu, siapa tahu kamu dulu juga koleksi poster mereka

12. Sinetron Sepanjang Masa ‘Tersanjung’

tersanjung via www.nonton.com

Sinetron Tersanjung ini adalah sinetron turun temurun yang kayaknya gak tamat-tamat. Sampai akhirnya sinetron ini hilang dari peredaran, Hipwee malah gak tahu akhirnya gimana.

Kisahnya sebenarnya simple dan sama saja kayak sinetron lainnya yakni kisah cinta yang gak disetujuin. Namun karena kreativitas sutradara, sinetron tersebut terus berlanjut sampai 7 musim. Kisah percintaan antara Indah (Lulu Tobing) dan Bobby (Reynold Surbakti) ini terus berlanjut mulai dari tahun 1998 sampai 2005. Mulai dari ceritanya terbilang masuk akal, sedikit di luar akal sehat, sampai gak bisa dicerna sama sekali. Sinetron ini setia menghiasi layar kaca di Jumat malam.

Sebenarnya masih banyak nih acara televisi bertema cinta yang dulunya eksis banget di era 90’an, namun sayangnya gak bisa Hipwee sebutkan semua. By the way, dari 12 acara tersebut mana yang paling jadi favorit kamu? Sudah masuk daftar atau belum? Kalau belum jangan ragu tambahin di kolom comment ya guys.

Featured Image by ulzzangstyle.com