Kehidupan mahasiswa pasti gak pernah jauh dari yang namanya Dosen. Sebagai pendidik dan pembimbing selama masa perkulihan dosen-dosen ini akan selalu menghiasi hari-hari kamu di dalam dan (kadang-kadang) di luar kampus. Tapi dosen bukan robot, mereka juga manusia. Mereka punya watak masing-masing yang menarik buat diulas.

Berikut ini adalah beberapa tipe dosen yang bakal sering kamu temui selama menjadi mahasiswa:

 

1. Kamu akan bertemu dengan Dosen Super Disiplin. Mungkin karena pernah mengenyam pendidikan di negara maju, beliau jadi ketularan disiplin.

Duduk rapi, dengarkan. via worldofwebcast.com

Beliau-beliau ini adalah dosen yang amat sangat menghargai waktu. Pastikan kamu sudah duduk manis di kelasnya minimal 10 menit sebelum dia masuk. Karena jika nggak, siap-siap aja buat dengerin kuliah dari luar kelas sebab dia pasti mengunci pintu dari dalam jika kuliah sudah dimulai. Pasti kamu sudah pernah ketemu dosen semacam ini kan?

Advertisement

 

2. Suasana senyap dan tegang kalau dia memberi kuliah, kamu pun harus duduk rapi dan gak boleh ngobrol.  Dosen ini sering dijuluki Dosen Killer.

Saya yang tanya! via www.unand.ac.id

“Ada pertanyaan? Kalu nggak ada, biar saya yang tanya!”

Pokoknya haram hukumnya buat berbincang-bincang, apalagi kalau sampai tidur-tiduran di atas meja. Kamu nggak mau kan jika tiba-tiba tutup spidol mendarat di kepalamu?

 3. Dosen yang suka bagi-bagi poin. Pokoknya kalo ambil mata kuliah beliau, serasa ikutan kuis di televisi deh!

Yang berani tanya dapat poin! via dalalmuslimin.blogspot.com

“Ada pertanyaan?”

—-Hening—

“Oke kalo begitu yang berani tanya nanti saya kasih poin!”

“Saya, Bu! Saya…” “Saya ada pertanyaan, Bu!”

 

4. Dosen Pelawak, bukannya membahas mata kuliah malah membahas hal lain. Beberapa diantaranya adalah cerita-cerita lucu, tapi paling sering cerita garing.

Melawak kayak Tukul? via pikiran-rakyat.com

 

5. Dosen yang baik, ramah dan gaul tapi pelit memberi nilai. Dapat nilai C+ aja udah syukur…

Kasih nilai gak ya? via buzzfeed.com

“Kenapa ya, setiap kali gue diajar sama Mr. YKS nggak pernah dapet nilai bagus? Dapet C+ aja udah syukur…”

Di ruang kuliah, Mr. YKS menjelaskan opininya…

“Mahasiswa itu nggak perlu dapet nilai tinggi-tinggi, karena nilai A itu untuk Rektor, dan nilai B untuk Dosen. Jadi mahasiswa dapet nilai C aja cukup”  #Gubrak!

 

6. Dosen muda yang Cantik dan/atau Ganteng, saking demennya kamu bela-belain masuk ke kelasnya meski beda jurusan.

Kalau dosennya begini, beda kampus aja gue jabanin via anggaru.wordpress.com

Temen : “Eh, ikutan kelas Mbak Dian yuk, dosen Komunikasi…”

Kamu : “Hayuk! Di ruang mana? Eh, tapi kan kita anak Kehutanan…”

 

7. Dosen Pendongeng, seorang storyteller yang punya sejumlah dosis obat tidur dalam tiap kata-katanya.

Zzz… via www.sangbaco.com

Dosen: “ Oke, sekarang kita akan mulai bahas Hukum Tata Negara, sejarahnya di mulai ketika…”

Kamu: “Zzzzz,,,”

 

8. Dosen Invisible yang jarang banget masuk kelas tapi gak pernah luput untuk memberi tugas setiap minggu.

Kuliah boleh kosong, tapi tugas jalan terus via desmotivaciones.es

Cukup lewat asisten atau melalui mahasiswa kepercayaannya, dosen invisible memastikan kamu gak bisa nyantai akhir pekan ini.

 

9. Kamu pasti sering dibuat iri sama dosen yang sering jalan-jalan, dosen satu ini layak disebut Dosen Traveler.

Saya dinas dulu ya… via kayunfauzi.blogspot.com

Mungkin beliau niatnya memang bukan traveling. Tapi kok bisa foto di tempat-tempat ciamik sih? Jangan salah, biasanya dosen-dosen ini rajin mengikuti seminar maupun workshop di luar daerah bahkan di luar negeri.

Maka tak heran jika kamu kepo-in akun Facebook maupun Instagram beliau, kamu akan dibikin iri karena beliau sering banget mengunggah foto-foto diri mereka dengan latar belakang yang ciamik. Dari pantai di Bali sampai Eiffel di Paris sudah beliau jelajahi.

 

10. Serasa artis, dosen satu ini sering banget nongol di layar kaca. Dosen Eksis namanya.

Akrab sama media via medaliindonesia.com

Biasanya sih dosen-dosen yang eksis di TV adalah beliau-beliau dari fakultas Hukum, Ekonomi, maupun Fisipol. Memang tak menutup kemungkinan dosen dari fakultas lain juga pernah nongol di acara TV, namun eksistensi mereka belum bisa mengalahkan beliau-beliau yang berasal dari tiga fakultas tersebut. Alasannya simpel: Acara berita maupun talkshow di televisi kebanyakan membahas tentang politik, tindak kejahatan, korupsi, maupun kondisi ekonomi negeri.

 

11. Dosen Proyekan, selain aktif mengajar dia juga aktif menjalankan proyek, penelitian atau publikasi tulisan. Gak jarang mahasiswa kecipratan job juga.

Lagi bikin project via msrdesign.com

Hayo ngaku! Siapa yang pernah diajak dosen ngerjain proyek atau bantu penelitian doi? Hasilnya lumayan buat beli sepatu baru.

 

12. Dosen yang Lagi Kuliah S-3 di Luar Negeri. Jangan berharap banyak bisa sering berjumpa dosen yang satu ini.

Sampai ketemu di ruang sidang ya! via nengkoala.com

Kenal nggak, ketemu aja gak pernah. Tiba-tiba dia jadi pembimbing skripsi kamu.

 

Nah, dari beragam tipe dosen di atas, dosen mana yang jadi favorit kamu? Itu pun kalau ada. Atau dosen seperti apa yang paling banyak berkeliaran di kampus kamu?