Membaca memang salah satu aktifitas yang menyenangkan, apalagi jika buku-buku yang kamu baca memiliki cerita yang amat sangat menarik. Mungkin bagi kamu para cewek seneng banget baca Teenlit, novel romantis atau buku-buku Harlequin yang isinya mengaduk-aduk perasaan. Terus kamu yang cowok lebih doyan baca komik, manga, atau novel detektif yang lebih misterius.

Namun apapun bacaanmu, kamu yang hobi baca pasti bakal merasakan salah satu, atau banyak dari hal-hal berikut ini :

1. Nggak peduli guru atau dosenmu ngomong apa, yang penting kamu asyik dengan bacaan yang ada di dalam laci meja-mu

Baca komik di kelas via rizthedreamer.wordpress.com

Hahaha… Asem, lucu abisss!

Biasanya sih kamu keceplosan ketika menemui kisah-kisah lucu yang ada di dalam buku bacaanmu, sontak seisi ruangan bakal menoleh ke arahmu, dan kamu-pun mendadak bakal jadi kerupuk melempem.

Advertisement

2. Saking kreatifnya kamu, meski nggak ada pembatas buku, ujung halaman yang dilipat aja bisa jadi penanda

Melipat ujung buku

Biasanya para kutu buku ngelakuin hal-hal seperti ini sih..

Melipat ujung halaman sebagai penanda bahwa kamu sudah sampai di halaman tersebut.

3. Kalo buku yang kamu baca jelek, dibikin bagus aja jadi kayak gini

Buku yang ceritanya jelek, dijadiin ini aja via jewelia2.deviantart.com

Daripada buku-buku yang ceritanya jelek dibuang atau dibakar, mending sumbangin aja ke perpustakaan, atau taman bacaan anak-anak di kampungmu. Tapi kalau kamu malas, ide untuk bikin kerjainan dengan melipat-lipat buku bisa jadi alternatif.

4. Baca buku nggak beda jauh sama main game, kamu sering lupa waktu karena asyik baca buku

Kaget karena tiba-tiba udah sore aja via ohnotheydidnt.livejournal.com

Ibu : “Dinda, ngapain aja sih kamu di kamar terus?”

Kamu : “Iya mah, ini lagi baca buku, emang kenapa si?”

Ibu : “Itu udah hampir setengah enam! udah sholat ‘Ashar belum?”

Kamu : ” Hah..!!!” (Cepet-cepet bergegas karena sholat dhuhur aja belum!)

Kalau kamu kebetulan baca buku yang ceritanya bagus, kamu jadi lupa makan, lupa laper, lupa sholat. Tahu-tahu udah sore aja.

5. Kisah petualangan di novel fantasi itu bagus banget, dan kamu berharap cerita itu nggak pernah selesai. Kalau bisa buku lanjutannya dicetak aja terus.

Nggak rela kalau bukunya sampai selesai via kamigarcia.tumblr.com

Ini buku Harry Potter ke tujuh, serial terkahir. Sayang banget kalo langsung dilahap habis sekaligus.

Cerita Harry Potter yang penuh petualangan emang seru banget. Kamu nggak rela kalo harus meletakkan bukumu begitu saja. Apalagi ini adalah serial terakhir si Harry dan kawan-kawan.

6. Karena saking serunya menikmati cerita di dalam buku, sampai-sampai kamu sering pup sambil membaca.

Lebih konsen kalau baca di toilet via popularfiction.wordpress.com

Saking penasaran sama kelanjutan ceritanya, kamu pun nggak rela meletakkan buku-mu begitu saja. Kamu makan sambil baca, di sela-sela iklan tv kamu baca, bahkan kamu baca buku sambil pup!

Untung toiletnya pakai kloset duduk, coba bayangin kalo kloset jongkok? Bisa copot itu lutut.

7. Lagi naik angkutan umum dan kebosanan gara-gara lupa bawa buku. Jangan khawatir iklan, poster dan baliho jadi alternatif bahan bacaan.

Baca iklan di pinggir jalan via flickr.com

Iya, bener banget! Sampai-sampai kamu baca tiap iklan yang kamu lewatin pas jalan kaki maupun ketika naik kendaraan. Entah itu iklan rokok, iklan makanan, minuman, pembalut, event dan sebagainya.

8. Ketika kehabisan bahan bacaan, koran yang terbit minggu lalu pun kamu lahap

Koran kadaluarsa-pun kamu lahap via www.bbc.co.uk

Semua buku yang ada di rumah udah kamu lahap, kamu pengen beli buku lagi, tapi nggak punya uang. Pengen ke perpus kota, bukunya nggak up-to-date. Pengen pinjem ke temen tapi malu karena keseringan pinjam. Ya udah, akhirnya kamu baca koran minggu lalu. Meski bacaannya sudah basi.

9. Karena memang hasrat membacamu nggak bisa dibendung, kamu rajin banget baca tulisan di belakang kotak susu, kotak sereal, bahkan bagian belakang kemasan mie instan.

Sampai-sampai bagian belakang kotak sereal juga kamu baca via hilaroad.com

“Mah kalo beli cereal jangan yang merk XXX ya, itu kandungan kalori-nya banyak banget, aku nggak mau jadi gendut..”

Kamu sampai hapal ada kandungan apa aja di dalam makanan yang kamu beli. Bahkan antara merk X dan merk Y kamu tahu beda beratnya dan harga jualnya.

10. Alih-alih membaca e-book di angkutan umum, Kamu lebih memilih buku fisik karena mereka ‘bernyawa’. Gak ada yang bisa menggantikan sensasi membalik halaman dan mengendus aroma kertas.

Orang luar negeri aja baca buku ‘fisik’ bukan ebook via instagram.com

Meski kini sudah perangkat elektronik seperti Kindle maupun tablet, kamu tetap setia pada buku-buku cetak. Karena selain nyaman dibawa, buku fisik juga memiliki sensasi tersendiri ketika dibaca.

11. Saat ditilang polisi yang kamu keluarkan dari dompet bukan SIM melainkan Kartu Keanggotaan Perpustakaan. Duh…

SIM? Ini pak! via www.salsabeela.com

Polisi : SIM mana, SIM?

Kamu : Ini, pak! Surat Izin Membaca…

Polisi : Oh, suka baca ya? Nanti aja bacanya. Di kantor saya.

12. Seperti anak muda normal lainnya, kamu punya mimpi untuk memiliki rumah suatu hari nanti. Yang kira-kira isinya seperti ini…

Ya, gini rumahmu nanti via bookshelfporn.com

Aku pengen punya rumah yang setiap ruangannya punya perpus mini…

13. Saat tiba waktunya liburan barang bawaan kamu pasti over-weight. Wajar sih kalau isi kopernya bukan kain tapi kertas.

Wajar sih

14. Hatimu hancur berkeping-keping ketika mendengar berita pembakaran buku. Lihat orang buang buku aja kamu mau nangis.

15. Tapi yang pasti menandakan bahwa kamu benar-benar keranjingan membaca adalah….

Dipanggil nyokap nggak denger via www.socialkcomm.com

“Aldo… Aldo…”

Baca buku di kamar, sampe nggak peduli sama keadaan sekitar, dipanggil-panggil sama nyokap nggak denger, padahal lagi nggak nyetel musik. Ini-nih tandanya kamu tenggelam dalam cerita yang menawan di dalam buku

Nah, kira-kira itu 15 tanda bahwa kamu keranjingan membaca. Jika ada “pertanda” lain yang belum Hipwee sebutkan boleh kalian tambahkan di kolom komentar ya, book lovers