Siapa sih yang nggak kenal cokelat Toblerone? Itu lho, cokelat bar asal Swiss yang terkenal dengan bentuk piramidanya. Ciri khas atau trademark yang unik ini membuat cokelat Toblerone punya penggemar sendiri.

Tapi, apa jadinya kalau ciri khas ini berubah bentuk? Baru-baru ini, beredar kabar mengenai perubahan bentuk cokelat Toblerone. Piramida cokelat yang tadinya rapat dengan jumlah gunungan cukup banyak, sekarang menjadi lebih berongga sehingga juga berpengaruh terhadap jumlah gunungannya. Waduhh..

Ternyata benar, produsen Toblerone mengungkapkan keputusannya mengubah bentuk piramida cokelat yang selama ini dikenal publik dikarenakan harga kakao yang mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir. Dengan berat hati, mereka harus menekan biaya produksi dengan mengurangi berat cokelat Toblerone, mempertahankan bentuknya yang ikonik dan harga yang masih terjangkau.

Kemasan cokelat Toblerone yang dulunya memiliki berat 400 gram, kini beratnya hanya 360 gram. Sementara untuk ukuran kecilnya, yang dulunya memiliki 170 gram, sekarang menjadi 150 gram saja. Perubahan itu semakin terlihat jelas dengan adanya rongga yang melebar di antara piramida cokelatnya.

Sontak para konsumen kecewa dengan perubahan cokelat Toblerone yang dirasa merugikan mereka. Harganya tetap, namun mereka mendapatkan cokelat bar yang lebih sedikit dari biasanya. Mereka kemudian melampiaskan kekecewaannya di media sosial sebagai aksi protes lewat berbagai meme lucu.

Advertisement

Kira-kira seperti apa, ya, meme-meme yang dilayangkan tersebut? Yuk, langsung simak saja rangkumannya berikut.

1. Toblerone nggak kaya dulu lagi, bentuknya yang sekarang menyusut dan makin berongga sangat disayangkan publik. Kira-kira begini penampakannya..

2. Saking viralnya, fenomena Toblerone yang berubah bentuk ini jadi trending topic, mengalahkan berita-berita penting lainnya

jadi trending topic via pbs.twimg.com

3. Mungkin ini juga merupakan salah satu efek brexit. Berhubung biaya ongkir produksi yang mahal karena harus impor dari luar negeri, alhasil Toblerone jadi korbannya

didepak dari Uni Eropa via pbs.twimg.com

4. Kalau rongganya segede itu, bisa kali ya, dibikin tatakan buku. Kaya begini nih..

bisa buat tatakan buku via hipwee.com

5. Atau, jadi tatakan roti juga nggak kalah oke! Hmm..

tatakan roti juga via hipwee.com

6. Saat India sibuk memikirkan masalah keuangan dan Amerika yang masih syok karena kemenangan Trump, Inggris justru mengecam perubahan bentuk cokelat Toblerone. Luar biasa memang rakyat Inggris!

keluhan terbesar rakyat Inggris via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

7. Jangankan konsumen, piramida cokelat yang jadi ikon Tobleron juga nggak mau berpisah sebetulnya. Huhu, menyedihkan..

cokelatnya aja nggak mau pisah lho.. via scontent-sin6-1.cdninstagram.com

8. Karena ukurannya yang mengecil dan jumlah piramidanya yang berkurang, jangan harap rela bagi-bagi ke orang lain!

makin pelit via hipwee.com

9. Sama seperti Inggris yang memutuskan untuk keluar dari Uni Eropa, pilar-pilar di stonehenge yang diibaratkan sebagai Toblerone juga mulai memisahkan diri

sedih.. via www.pmslweb.com

10. Sudah makin kecil, jadi tatakan, makin nggak kelihatan pula si Toblerone

makin nggak kelihatan via www.pmslweb.com

11. Kalau kamu penasaran seperti apa perbedaan Toblerone yang dulu dengan yang sekarang, langsung cek saja perbandingannya!

cek ombak via www.pmslweb.com

12. Jangan-jangan habis ngecek kebenarannya, kamu jadi nggak terima lantas membabi buta menghajar orang lain. Duh, miris..

13. Ibarat pembatas jalan, kalau gunungannya makin renggang, nggak bakal aman deh para pengguna jalan

14. Parah, selebar ini rongga Toblerone, sampai bisa dilewati mobil? Hahaha..

kelewat lebar via hipwee.com

15. Kira-kira, beginilah nasib Toblerone di beberapa tahun ke depan, lama-lama mengecil, merenggang, dan habis..

makin habis via hipwee.com

Yah, namanya juga orang jualan. Cari untung kadang-kadang penuh siasat. Termasuk jualan cokelat yang bisa multi fungsi tatakan buku.