Saat ini media sosial menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi demi kepuasan hati. Jika tidak ingin kelihatan katro, kamu harus mengikuti perkembangan informasi yang semakin cepat saat ini. Salah satu media sosial yang populer saat ini adalah Instagram. Salah satu keunggulan media ini adalah kemampuannya berinteraksi melalui gambar dan video singkat dengan filter-filter yang bikin hasil jepretan kamu mendekati foto profesional. Tak perlu dipertanyakan lagi, jika instagram mampu memenuhi hasrat narsis yang ada dalam diri setiap manusia.

Banyaknya orang yang mengakses situs ini, tentu menimbulkan beberapa karakteristik yang berbeda sesuai dengan pribadi penggunanya. Di artikel kali ini, Hipwee akan membahas tentang macam-macam karakteristik pengguna instagram, termasuk manakah kamu? Yuk, kita intip satu-persatu.

1. The Holy Hashtager yang merasa kurang afdol kalau fotonya gak dijejali dengan tagar.

#Satu #foto #dengan #tagar #berlebih #TERLALU via sendible.com

2 atau 3 tagar dapat dimaklumi, tapi jika lebih dari itu, maka fotomu telah melebihi batas-batas kewajaran. Keinginan untuk menjadikan fotomu #PhotoOFtheDay harus kamu lakukan dengan hashtag berlebih yang tak jarang tidak berhubungan langsung dengan konten foto tersebut. Tapi demi Like yang banyak, apa sih yang nggak?

2. Foodie Instagrammer: sebelum baca do’a makan, foto dulu…

Jangan lupa foto sebelum makan via www.finedininglovers.com

Advertisement

Ingat kebiasaan berdoa sebelum makan ketika kecil dulu? Tampaknya hal tersebut hanya menjadi romantisme yang ini sulit ditemukan. Didukung dengan kecanggihan camera ponsel, foodie adalah tipe orang yang suka mengambil foto makanan dari berbagai angle tepat setelah makanan tersebut dihidangkan. Hasil fotonya kadang lebih ‘lezat’ daripada makanannya sendiri.

3. Gym Freak, pamer otot sekalian memacu semangat follower-nya buat nge-gym juga.

Agenda yang tidak boleh terlewat ketika ngegym via www.hipwee.com

Tren gaya hidup sehat yang sedang populer saat ini ternyata berpengaruh juga terhadap pengguna instagram. Gym freak adalah tipe orang yang senang berfoto ketika berkeringat di pusat kebugaran. Foto di depan kaca, sedang mengangkat barbel, atau memperlihatkan otot-otot tubuhnya menjadi pose yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan batinnya.

Dan jangan lupa tag lokasimu berada, tidak diragukan lagi kamu berada di gym. Tagar andalannya ialah #Gym #workout #burnbabyburn

4. Traveler sejati yang sering bikin kamu pengen banting hape #envy

Sang traveller via www.hipwee.com

Destinasi wisata yang indah, makanan khas daerah yang dikunjungi, kebudayaan dan masyarakat setempat menjadi tema-tema foto yang diambil oleh sang traveler sejati. Ada kalanya kamu senang melihat postingan mereka tentang tempat-tempat menakjubkan yang mereka kunjungi, tapi, secara diam-diam kamu juga membenci mereka, karena mereka selalu libur setiap harinya dan tidak pernah punya pekerjaan, hanya jalan-jalan #Traveladdict.

5. Kebanyakan foto yang kamu lihat dari Frequent Flyer adalah jepretan sayap dari jendela pesawat.

Indahnya sayap pesawat via www.hipwee.com

Dia adalah tipe orang yang sering bepergian keluar kota atau keluar negri dengan menggunakan pesawat, instagrammer tipe ini adalah orang yang memastikan kalau kamu bisa melihat pemandangan birunya langit dari ketinggian, lengkap dengan sayap pesawat dibawah frame fotonya #BeautifulSky

6. The Selfie People jepret hingga puluhan kali buat menghasilkan foto yang sama.

Sempatkan selfie kapanpun dan dimanapun via www.hipwee.com

Ciri pengguna yang satu ini adalah albumnya yang dipenuhi dengan foto narsis dirinya dengan berbagai pose, tidak peduli tempat dan waktu, Selfie menjadi kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Memang sekilas terlihat cewek yang paling rajin selfie, tapi akhir-akhir ini cowok juga gak mau kalah rajin kok. Malah kadang-kadang jauh lebih rajin.

Jangan lupa melakukan pose yang paling unyu, biar terlihat lebih cute. Bagian yang paling parah adalah semua wajah tetap terlihat sama ! #Cute

7. Pecinta Hewan bisa dilihat dari kecenderungannya lebih sering foto sama pet daripada sama pacar.

Kucing dalam dekapan sang animal lovers via www.hipwee.com

Instagrammer jenis ini adalah mereka yang mencintai hewan peliharaanya lebih dalam daripada mencintai orang lain. Mereka berfikir, bahwa orang lain juga harus menyukai hewan peliharaanya. Foto hewan peliharaan mereka yang sedang tidur, sedang sibuk dengan bola bulunya, sedang dalam pelukan pemiliknya menjadi pose-pose berfoto yang harus dilakukan #AnimalLovers

8. Kalau ini lebih sering foto sama pacar daripada sama hewan: The Couplestagram

Couplestagram yang bahagia via www.hipwee.com

Album foto pengguna yang satu ini penuh dengan kemesraan-kemesraan dirinya dengan sang kekasih, entah mereka benar-benar merasa bahagia atau hanya pencitraan semata agar semua orang tahu bahwa dirinya bukanlah seorang jomblo. Yang aneh adalah ketika berganti pacar, foto mesra bersama sang mantan raib entah kemana. #HappyCouple

9. Saat foto gak mampu lagi bercerita Si bijak akan menulis ‘kata-kata mutiara’ pada caption-nya.

Karna hidup adalah soal rasa via www.hipwee.com

Sosok yang satu ini biasanya memiliki kepribadian yang mellow dan tipe orang yang puitis. Setiap kejadian yang menimpa dirinya, dia terima dengan positif sehingga dia merasa bahwa rangkaian kata yang mereka buat mampu untuk menginspirasi dirinya dan dirimu yang melihat postingannya. Tidak jarang juga, terkadang mereka hanya mendapatkan kata-kata mutiara (kebanyakan klise) penggugah semangat tersebut dari internet. #QuoteOfTheDay

10. Sosialita punya pesta kehidupan sosial meriah di setiap malam.

Pesta dulu yuk via www.hipwee.com

Inilah golongan pecinta pesta. Tidak pernah absen ketika party. Clubbing juga menjadi rutinitas malamnya. Dia akan mengambil sebuah foto kemudian mengunggahnya ke instagram dengan filter yang akan menutupi muka mereka yang terlihat mengerikan, tidak lupa flash digunakan agar tempat remang tersebut telihat lebih terang dan jelas kalau mereka sedang berada di tempat pesta #FunTimes.

11. Instagram juga jadi rumah bagi Pecinta Alam yang kegiatannya selalu di luar rumah.

Pecinta alam dengan segala perlengkapannya via www.hipwee.com

Bintang di langit yang gelap menjadi atapnya, tanah pegunungan yang basah menjadi alas tidurnya, tidak lupa pepohonan yang rindang dan cangkir yang mengepulkan asap dari kopi yang masih hangat menjadi ciri khas foto yang diambilnya. Dia adalah seseorang yang anti mainstream yang meninggalkan hingar bingar kehidupan kota yang semakin sibuk, kembali menyatu dengan alam adalah pilihan berat yang dia pilih agar hidupnya menjadi lebih baik, Tapi, entah kenapa dia selalu sempat untuk mengambil foto dan mengunggahnya ke media sosial, sinyalnya dari mana ya? #OutdoorLife

12. Banyak yang ngaku sebagai Shoppaholic di Instagram.

All about a fashion via www.hipwee.com

Selain gemar berbelanja, golongan instagrammer yang satu ini juga hobi untuk mengunggah barang belanjaannya ke instagram. Kelebihan golongan ini adalah mereka tahu tren fashion terbaru (fashionista) yang sedang populer. Mereka berpose dengan pakaiannya yang mewah, tidak jarang pula memberi tips berpakaian yang modis atau bagaimana cara mendapatkan baju yang keren dengan harga yang murah. Tapi, terkadang mereka hanyalah orang biasa yang senang berpose dengan baju yang mahal (bukan miliknya) #Obsessed.

13. Gak ketinggalan mereka yang sehari-hari ditopang oleh endorsement dan iklan.

Selalu jualan kapan dan dimanapun via www.hipwee.com

Berbeda dengan yang lainnya, sang advertiser adalah orang yang menggunakan akun instagramnya sebagai media promosi yang gratis dan mudah diakses. Dalam setiap kesempatan, sang advertiser tidak akan segan-segan mengunggah barang apa yang mereka jual, atau mengacaukan linimasa orang lain dengan mengupload fotonya dalam waktu yang tidak berselang lama #AdvertisingForYou.

14. Everything for Instagram

Kecanduan instagram via newmediarockstars.com

Yup, karakteristik pengguna instagram yang terkahir ini adalah dia yang merasa segala hal yang dilakukannya harus diabadikan melalui mata kamera kemudian mengunggahnya ke instagram agar orang lain mengetahui apa yang sedang dilakukannya. Mereka tidak akan mampu untuk menurunkan smartphone mereka pada setiap kesempatan, terkadang mereka tidak sadar dengan hal yang sedang dilakukannya. Tapi, cukup untuk memberitahu followersnya akan hidupnya yang susah bagaikan artis yang harus memenuhi kebutuhan fans akan informasi dirinya #Unfollow.

14. Las but not least, The Tongsist

Keluarkan tongsismu via www.hipwee.com

Tongkat narsis yang saat ini menjadi aksesoris wajib yang dimiliki menjadikan foto selfie menjadi semakin menarik karena tidak hanya muka mereka saja yang terpampang, tetapi keadaan sekitar mereka juga terlihat dalam setiap postingan foto yang mereka unggah. Menurut mereka, instagrammer jenis ini adalah sosok yang memiliki sosialitas yang lebih daripada si narsis yang hobi berselfie ria. Satu tangan maju ke depan menjadi ciri khas foto yang diunggah oleh pengguna jenis ini #Groupie

Nah, itu dia beberapa tipe kelakuan pengguna instagram yang bisa kamu temui ketika berselancar di instagram, termasuk tipe manakah kamu?