Setelah sempat heboh dengan #saveHajiLulung, beberapa hari ini jagad Twitter kembali ramai dengan hashtag yang dicuitkan netizen Indonesia. Menjelang kedatangan boyband asal Inggris, One Direction, ke Indonesia, hashtag makian untuk mereka  malah menjadi trending topic dunia. Tagar #OneDirectionJa***k ini muncul karena ada gosip yang bilang kalau konser mereka yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) ini berpotensi mengganggu jadwal pertandingan tim nasional U-23 yang akan berlaga dalam Pra-Piala Asia. Banyak cacian-cacian pedas yang dilontarkan netizen kepada One Direction. Hmm… Sebelum kamu ikut-ikutan mencaci-maki tanpa dasar yang jelas, mending baca dulu artikel di bawah ini.

Datengin One Direction ke Indonesia pastinya bukan rencana kemarin sore, jadwal mereka jauh lebih padat dibanding jadwal kuliahmu, kawan.

Kapan ke sini bang? via www.mirror.co.uk

Terbentuk pada tahun 2010, fans One Direction —yang terbentuk dari ajang pencarian bakat ini— udah tersebar di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Mereka punya fanbase yang cukup besar lho di Indonesia. Sebagai fans, mereka tentu punya harapan yang sangat besar untuk menonton langsung konser sang idola. Sayangnya, jadwal One Direction yang cukup padat nggak memungkinkan untuk memboyong mereka ke Indonesia secepatnya.

Konon, jadwal tur mereka sudah tersusun rapi selama satu tahun setahun sebelum tanggal manggungnya. Itu berarti untuk konser tahun ini, promotor yang akan mendatangkan Zayn Malik dan kawan-kawan ini sudah merancang tanggal dan venue minimal setahun sebelumnya. Nyatanya, pihak promotor telah mengumumkan One Direction bakal manggung di Indonesia sejak pertengahan tahun lalu dan penjualan tiket juga sudah dimulai pada waktu serupa. Bahkan mereka mengaku udah booking stadion GBK sejak 2 tahun lalu. Nah, kapan PSSI mengajukan izin pemakaian GBK buat timnas U-23? Januari 2015. Siapa yang salah, hayo?

Kita semua harus mengakui bahwa di Indonesia belum ada venue khusus musik yang punya kapasitas sebesar dan semegah GBK.

Seru kalik ya punya gedung khusus konser musik via www.streetnsports.fr

Advertisement

Memang fungsi utama stadion itu untuk sepak bola atau kegiatan olahraga lain. Sementara venue khusus konser musik di Indonesia yang segede stadion juga masih belum ada. Padahal konser-konser yang mendatangkan artis internasional pasti membutuhkan kapasitas yang besar, apalagi untuk One Direction yang saat ini lagi naik daun dan kedatangannya ditunggu oleh pecintanya di Indonesia. FYI, tahun 2014 lalu One Direction tercatat sebagai musisi dengan penjualan tiket konser terlaris di tahun 2014. Rata-rata jumlah penontonnya pun mencapai ratusan ribu.

Kita belum punya gedung seperti Esplanade di Singapura, yang khusus untuk pertunjukan dan berkapasitas besar. Masa iya kita suruh One Direction manggung di cafe-cafe aja. Jadi mau gak mau, stadion GBK harus difungsikan sebagai venue musik dulu karena tribun dan lapangan GBK mampu menampung puluhan hingga ribuan penonton.

Jangan merasa harga dirimu terinjak-injak hanya karena stadion kebanggaan nasional disulap jadi venue konser. Di luar sana, hampir semua stadion nasional pernah dijadikan arena konser.

One Direction juga sering kok manggung di stadion via www.cubemagazine.it

“Hih, apa-apaan nih Indonesia, band luar diizinin masuk ke stadion kebanggaannya buat konser!”

Tunggu dulu! Kalau kamu berpikir hanya Indonesia yang menjadikan stadionnya tempat konser, kamu salah besar. Ada banyak stadion-stadion di luar negeri yang dijadikan tempat konser. Stadion Wembley yang konon paling sakral bagi timnas Inggris aja juga pernah dipakai untuk konser musik, baik sebelum maupun sesudah renovasi. One Direction sendiri juga sudah sering mengadakan konser di stadion, salah satunya di Stadion San Siro, Milan dan Stadion Croke Park, Dublin.

Ini bukan pertama kalinya Gelora Bung Karno dimanfaatkan untuk event di luar olahraga.

Masih ingat kan pas pemilu tahun lalu? via simomot.com

Ini bukan pertama kalinya diadakan kegiatan di luar olahraga di GBK. Waktu Pemilu 2014 yang lalu masih ingat? Baik Jokowi maupun Prabowo menggunakan GBK untuk tempat berkampanye. Partai-partai politik dan ormas pun pernah menyulapnya jadi tempat pertemuan.

Belum lagi untuk konser musik. Sebelumnya, GBK juga sudah sering dipakai untuk mengadakan konser musik. Yang paling segar dalam ingatan adalah SMTown dan Metallica. Dua event musik ini juga menggunakan venue yang sama ketika datang ke Indonesia. Nah, jadi ini bukan pertama kalinya GBK dipakai berkegiatan di luar urusan olahraga.

“Nanti rumputnya rusak! Pas dipakai main bola jadi nggak maksimal pertandingannya!” Gak usah takut, urusan rumput sudah ada yang mikirin kok.

Penutup rumput untuk konser Metallica di GBK via www.tribunnews.com

Teknologi sudah semakin canggih. Penyelenggara acara pasti sudah memikirkan keamanan untuk fasilitas stadion, karena kalau ada yang rusak pasti mereka harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengganti. Termasuk rumput, sudah ada kok alat yang memproteksi rumput stadion agar nggak keinjak-injak masa yang  menonton konser.

Promotor sudah menegaskan akan memasang penutup rumput kualitas internasional untuk melindungi lapangan kerusakan akibat diinjak-injak pluhan ribu orang. Rumputnya juga diprediksi gak akan mati karena penutupnya sendiri memiliki saluran udara untuk tumbuhan itu tetap bernafas dan diterpa matahari pada siang hari.

“Gara-gara konser One Direction, jadwal pertandingan sepak bola jadi tergeser!” Jadwal timnas dan 1D gak tabrakan kok, Garuda U-23 masih bisa main di sana.

One way or another mereka tetap ke GBK via forevermusic1.blogspot.com

Udah dijelaskan di atas tadi kalau konser One Direction pastinya udah direncanain dari lama. Pastinya pihak promotor sudah dari lama mencari tanggal yang tersedia baik dari jadwal One Direction maupun dari jadwal venue. Terkait ada pertandingan sepak bola yang akan digelar setelah konser One Direction, kita gak tahu apakah ada kesalahan pahaman yang terjadi antara pengelola stadion dengan PSSI selaku pihak yang telat mem-booking lapangan.

Setelah bertahun-tahun berdiri, seharusnya PSSI tahu lebih banyak dalam pengaturan jadwal pertandingan internasional yang dilakukan timnas Indonesia dari level junior hingga senior. Harusnya mereka juga paham bahwa nge-booking GBK gak semudah nge-booking lapangan futsal buat main nanti malam.

Hei kita semua cinta timnas Indonesia, kenapa mereka gak main di stadion gede lain yang tersebar di luar Jakarta?Stadion Maguwoharjo di Yogyakarta meski gak sebesar GBK punya kualitas rumput yang mumpuni untuk partai internasional. Di Sumatera ada Gelora Sriwijaya atau Stadion Utama Riau yang sudah siap dipakai. Di Kalimantan ada Stadion Palaran yang lagi butuh gairah baru. Kalau rumput dan jadwal menjadi alasannya, kenapa gak main di stadion lain aja? Toh, semua fans sepak bola pasti semangat untuk menyaksikan timnas secara langsung.

Anggapan bahwa GBK dibangun oleh Bung Karno semata-mata untuk perhelatan olah raga juga belum tentu benar.

Memang gagah ya via www.berdikarionline.com

Kalau bicara soal sejarah, Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, membangun stadion GBK agar Indonesia dikenal di mata dunia. Dengan adanya stadion yang megah dan gagah ini, diharapkan Indonesia juga akan dikenal sebagai negara yang gagah dan megah.

GBK awalnya adalah panggung politik dan orasi. Sejak dulu Bung Karno lebih sering menggelar kongres-kongres dan rapat besar di GBK daripada kegiatan olahraga. Jadi anggapan bahwa GBK hanya diperuntukkan perhelatan olahraga belum tentu benar.

Semoga aja, kita segera punya stadion yang cukup untuk masing-masing klub dan venue musik yang mumpuni untuk konser internasional. Amin!

Musik dan olahraga berbagi tempat via www.metallica.com

Memang akan lebih menyangkan kalau kita punya semua fasilitas dan sarana hiburan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Yang suka olahraga bisa memakai tempat olahraganya tanpa perlu terusik konser atau kampanye politik. Yang suka musik juga bisa nonton konser dengan gedung yang representatif.

Tapi, selama belum tersedia, ya nikmati dulu yang ada. Musik dan olahraga berbagi tempat kan gak ada salahnya. Enggak perlu juga kan marah-marah yang justru malah bikin ketahuan sama orang-orang luar kalau kita masih banyak kekurangan.

Buat yang nonton 1D, enjoy the concert. Yang nonton timnas, semangat ya dukung mereka. Buat yang gak nonton dua-duanya, sini sama Hipwee aja.