Meskipun sudah lebih dari 30 tahun sejak George Lucas menggarap Star Wars yang pertama, saga ini masih terus melekat erat di hati penggemar film sci-fi. Sambil menunggu Star Wars Episode 7, yuk simak fakta-fakta tentang Star Wars yang mungkin belum kamu ketahui!

1. Obi-Wan Kenobi tidak menyangka Star Wars bakal sukses

Sir Alec Guinness sebagai Obi-Wan Kenobi via www.businessinsider.com

Sir Alec Guinness, pemeran Obi Wan Kenobi semula mengira bahwa Star Wars hanyalah kisah dongeng murahan . Meski begitu, ia mendapatkan bayaran senilai 2% dari total nilai penjualan tiket film Star Wars, yang membuat ia menerima bayaran lebih dari 95 juta dolar! Bandingkan dengan Harrison Ford yang hanya menerima bayaran 10.000 dolar di Star Wars Episode IV: A New Hope.

2. George Lucas kalah taruhan dari Spielberg

Spielberg dan Lucas via www.allthatsepic.com

George Lucas pernah bertaruh dengan Steven Spielberg, yaitu menukar 2,5% pendapatan dari Star Wars karyanya dengan 2,5% pendapatan dari Close Encounters of the Third Kind karya Spielberg. Film Lucas sukses besar dan ia harus membayar Spielberg lebih dari 40 juta dolar. Duh!

3. Bangunan set Tatooine masih berdiri di Sahara

Advertisement

Tattoine di Sahara via www.abandonedplaygrounds.com

Bangunan-bangunan yang digunakan untuk adegan di Tatooine masih berdiri sampai sekarang di gurun Sahara, Tunisia. Berminat ke sana, Star Wars fans?

4. Luke Skywalker semula dinamai Luke Starkiller

Judul Awal Star Wars via list25.com

Nama tersebut tercantum di judul awal Star Wars dan digunakan sampai syuting dimulai. Untungnya nama Starkiller tidak pernah disebutkan, jadi tidak sulit menggantinya menjadi Skywalker.

5. Wajah pemeran Luke Skywalker cacat karena kecelakaan

Luka di wajah Luke via www.starwarz.com

Sebelum syuting film Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back, Mark Hamill mengalami kecelakaan mobil yang cukup parah yang menyebabkan wajahnya harus direkonstruksi. Adegan wajah Luke yang dilukai seekor Wampa sebenarnya adalah adegan tambahan agar bekas luka Mark Hamill masuk akal.

6. Pembuluh darah Mark Hamill pecah saat syuting

Adegan di Pembuangan Sampah via www.funnyjunk.com

Saat melakukan syuting adegan di tempat penghancuran sampah, Mark Hamill, pemeran Luke Skywalker, menahan napas terlalu lama sampai-sampai pembuluh darah di salah satu sisi wajahnya pecah, sehingga penempatan kamera harus diatur ulang agar sisi wajahnya yang memerah tidak tampak sampai adegan berakhir.

7.Yoda hampir diperankan seekor kera

Mirip? via www.thewrap.com

Menurut buku The Making of Star Wars karangan J.W. Rinzler, tadinya Yoda akan diperankan seekor kera yang membawa tongkat dan memakai topeng. Untunglah Yoda batal diperankan topeng monyet.

8. Tidak ada yang tahu Yoda berasal dari spesies apa

Ya, karena spesies Yoda tidak pernah dinamai.

9. Yoda mempunyai jumlah jari kaki yang berbeda, tergantung film yang kamu tonton

Pada The Phantom Menace, Yoda mempunyai tiga jari pada masing-masing kakinya. Namun pada The Empire Strikes Back, Return of the Jedi, dan Revenge of the Sith, jari Yoda ada empat.

10. Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi hampir diberi judul Revenge of the Jedi

Poster Revenge of the Jedi via www.woot.com

Mulanya, Star Wars: Episode VI – Return of the Jedi diberi judul Revenge of the Jedi dan telah diluncurkan trailer serta poster dengan judul tersebut. Faktanya, produser film Star Trek II: The Wrath of Khan juga telah mengganti judul filmnya dari yang semula berjudul Revenge of Khan untuk menghindari kebingungan di antara kedua judul di atas. Pada akhirnya, tak ada satupun yang menggunakan kata revenge .

11. Return of the Jedi hampir mempunyai akhir cerita yang sama sekali berbeda

Pada sesi pengembangan cerita untuk Return of the Jedi, George Lucas bermain dengan gagasan bahwa setelah Luke melepaskan helm Darth Vader yang sedang sekarat, ia mengenakan helm itu, menyatakan bahwa ia adalah Vader yang baru dan bergabung dengan sisi kegelapan.

12. E.T muncul di The Phantom Menace

Penampakan E.T di Senat Galaksi via www.toptenz.net

Ras alien dari film E.T: the Extra-Terrestrial karya Spielberg muncul di pertemuan senat galaksi. Mungkinkah E.T adalah anggota Jedi?

13. Qui-Gon Jinn menggunakan alat komunikasi dari alat cukur

Alat komunikasi Qui-Gon Jinn

Alat komunikasi Qui-Gon Jinn merupakan modifikasi dari Gillette Ladies Sensor Excell Razor, alat cukur khusus wanita.

14. Liam Neeson terlalu tinggi untuk set Star Wars

Set film Phantom Menace harus dibangun ulang untuk menyesuaikan tinggi badan Liam Neeson, pemeran Qui-Gon Jinn, yang mencapai 193 cm dan menghabiskan biaya produksi tambahan sebesar 150.000 dolar.

15. Ewan McGregor menirukan suara lightsaber selama syuting

Obi-Wan Kenobi via www.hypable.com

Selama adegan pertarungan lightsaber, pemeran Obi-Wan muda ini selalu menirukan suara lightsaber dengan mulutnya, sehingga suara-suara itu harus dihilangkan saat proses pascaproduksi. Wuung!

16. Koin koleksi Star Wars bisa digunakan sebagai uang

Bisa beli sesuatu dengan koin ini! via latimesblogs.latimes.com

Percaya atau tidak, Pulau Niue di Pasifik Selatan menerima koin Star Wars sebagai alat pembayaran yang sah.

17. Tiga pemeran Darth Vader

Diperlukan tiga orang aktor untuk memerankan Darth Vader, James Earl Jones sebagai pengisi suara, Sebastian Shaw memerankan wajah, dan David Prowse memerankan figur Darth Vader.

18.David Prowse dilarang menghadiri acara-acara Star Wars

David Prowse via whatculture.com

Pemeran figur Darth Vader ini dilarang menghadiri acara-acara resmi Star Wars karena George Lucas menganggap Prowse menyebalkan.

19. Asal nama Yoda, Darth Vader, dan Ewok

George Lucas memilih kata dari bahasa selain Inggris untuk menamai tokoh-tokohnya. Contohnya, Yoda berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti pejuang , Darth Vader diambil dari bahasa Belanda yang berarti ayah , sedangkan bangsa Ewok namanya berasal dari Miwok , suku asli Amerika yang mendiami tempat di mana adegan Endor diambil.

20. Han Solo nyaris tewas di Return of the Jedi

Gary Kurtz, produser awal Return of the Jedi, mengatakan bahwa menurut draft cerita semula, Han Solo tewas di akhir cerita, pasukan pemberontak tercerai berai dan Luke menghilang. Namun, George Lucas beranggapan bahwa mematikan tokoh utama akan menjatuhkan penjualan mainan figurnya, sehingga ia akhirnya menutup cerita dengan pesta meriah bersama bangsa Ewok.