Setiap kita membahas topik kecantikan, pasti ada banyak yang dibicarakan. Mulai dari bentuk tubuh, cara berkomunikasi, hingga paras wajah wanita yang paling menarik. Jika ditelusuri, sebenarnya wanita lagi cantik atau nggak itu tergantung selera orang yang menilai. Karena pada dasarnya setiap orang berbeda, tentu anggapannya bakal nggak serupa pula. Nggak percaya? Silahkan saja tanya ke orang sekitarmu misalnya, kira-kira wanita rata-rata terlihat paling cantik saat usia berapa.

Finansial, nyaman, dan percaya diri yang stabil membuat wanita lebih terlihat lebih cantik. – kompas.com

Terlepas dari berbagai perspektif tentang kecantikan wanita benar-benar terlihat saat usia berapa, ada penelitian yang menunjukkan kalau usia 32 tahunlah yang tepat. Hal ini dinilai dari tingkat kematangan wanita setelah mengalami berbagai hal-hal pahit dan manis dalam hidupnya, pengetahuan untuk berbusana dan berkomunikasi yang baik, serta tingkat kepercayaan diri bagi yang sudah berkeluarga. Ternyata memang kecantikan nggak melulu soal wajah bersih dan cerah, tapi juga faktor lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya, silahkan simak 5 alasan berikut ini kenapa wanita mencapai puncak kecantikan pada usia 32 tahun.

1. Meski udah menikah, kenyataannya status udah nggak single lagi malah bikin mereka makin pede menjalani hidup. Wanita jadi lebih tahu arah dan tujuannya berkat pengalaman selama ini

mereka makin percaya diri via diansastro-rhcmovie.rhcloud.com

Tiga dekade hidup di dunia ternyata membuat wanita lebih bijak dalam memandang berbagai persoalan. Mereka nggak lagi luntang-lantung kayak orang hilang arah yang nggak tahu mau ke mana menentukan nasib. Masa kecil, ABG, remaja, dan usia awal dewasa pada umur 20an sudah mereka lalui. Apalagi kalau kaum hawa ini udah menikah, maka tingkat kepercayaan dirinya makin tinggi. Karena kini, para wanita ini udah tahu arah dan tujuannya hidup. Mereka paham untuk melakukan segala sesuatu dengan memprioritaskan keluarga kecilnya dahulu. Di usia 32 tahun ini bisa dibilang mereka udah matang menghadapi berbagai problematika kehidupan. Faktanya, kematangan cara berpikir ini berpengaruh terhadap aura kecantikan seorang wanita.

2. Karena kebanyakan udah punya anak, mereka bangga telah sanggup mengurus keluarga

Advertisement

kewajiban yang dilakukan dengan sangat bangga 😉 via www.instagram.com

Bagi sebagian besar wanita berusia 32 tahun yang telah berkeluarga, munculnya rasa bangga tatkala punya kesibukan baru ini memang tiada tara. Berbagai hal-hal menyenangkan saat mengurus buah hati dan pasangannya ini dinikmati setiap detiknya. Pikiran dan sikapnya yang benar-benar matang bukan lagi sebagai angin lalu dalam menjalani hidup. Mereka bakal melaksanakan kewajibannya sebaik mungkin.

Sedangkan buat yang belum berkeluarga, setiap detik atas apa yang mereka lakukan didasari oleh keinginan yang kuat. Bukan cuma iseng-iseng semata layaknya ABG atau remaja yang masih meraba-raba, namun mereka paham ingin melakukan apa dan tujuannya apa. Para wanita ini nggak asal mencetuskan ide, melainkan sudah berani bertanggungjawab atas apa yang diperbuat. Tanpa disadari hal itu bikin mereka terlihat makin cantik.

3. Kelelahan dan keceriaan bersama keluarga kecil justru membuat wajah mereka makin terlihat cantik dan menarik

makin menarik via www.instagram.com

“Wanita bisa juga menjadi musuh terburuk diri mereka sendiri dengan saling mengkritik berat dan keriput di wajah. Tapi, temuan terbaru menemukan, kecantikan lebih dari sekedar kulit luarnya saja.” Sandra Wheatley, seorang psikolog,

seperti dikutip dari viva.co.id

Wanita yang sudah berusia 32 tahun biasanya telah menikah dan memiliki anak. Mungkin saja kecantikan itu terpancar dari wajah lelah khas ibu-ibu yang mengurus keluarga. Berbagai kegiatan rumah tangga seperti membersihkan rumah, memasak, mengurus anak dan suami, membuat wajah para wanita jadi terlihat menua. Namun, raut kelelahan itu juga membentuk pesona paras yang lebih karismatik. Bukan lagi atas polesan make-up dan layaknya anak remaja yang mau pergi hangout, tapi murni kecantikan sejati kaum hawa.

4. Wanita juga terlihat makin atraktif jika melanjutkan kuliah atau berkarir. Tingkat kematangan dirinya benar-benar bikin salut!

atraktif! via www.kapanlagi.com

Percaya atau tidak, usia 32 tahun bukan jadi halangan seorang wanita melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Terbukti, wanita-wanita yang bisa seimbang melaksanakan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu ini makin mempesona. Kesibukan mereka mengurus anak dan suami nggak jadi halangan untuk tetap menimba ilmu. Termasuk juga wanita yang masih single namun bersedia mengisi waktu lajangnya dengan menempuh pendidikan. Jujur saja dengan begitu mereka dipandang tahu cara tepat menghabiskan waktu luang yang dimilikinya. Dengan tidak menyia-nyiakan setiap detik hidupnya, mereka melakukan berbagai hal menyenangkan yang dapat berguna di kemudian hari. Sisi integensi itu pun punya pengaruh signifikan pada aura kecantikan seorang wanita.

5. Usia 30 awal bikin mereka nggak semena-mena dalam berbusana. Para wanita tahu pakaian terbaik untuk dikenakan sesuai m0mennya

mereka pandai berbusana dan berias via www.instagram.com

Jangan samakan wanita berusia 32 tahun dengan 20-an. Tentu berbeda jika dilihat dari cara mereka berbusana dan berdandan. Wanita berusia 20-an biasanya masih suka mengeksplorasi bagian tubuh ketika berbusana, dan tak jarang masih sering gonta-ganti gaya pakaian, terutama yang lagi ngetren. Demikian pula soal make-up, mereka masih senang-senangnya mencoba beragam kosmetik. Entah itu cocok atau tidak, yang penting sedang ramai dikenakan wanita seusianya.

Lain halnya dengan wanita berusia awal 30an yang telah mengetahui gaya berpakaian dan riasan wajah terbaiknya. Mereka nggak memaksakan make-up atau busana yang lagi ngetren kalau memang nggak cocok untuk dirinya. Dan lagi-lagi kecantikan wanita usia ini sangat terpancar dari pesonanya menghargai gaya busana terbaik yang dikenakan sehari-hari. Mereka jelas terlihat bukan lagi seperti wanita dewasa yang masih galau soal penampilan. Karena wanita pada usia awal 30an ini udah sebenar-benarnya dewasa dan matang.

Riset ini membuktikan bahwa kecantikan tidak sebatas penampilan tetapi kombinasi rasa percaya diri, gaya, dan kepribadian membuat wanita terlihat jauh lebih memesona, jelas Sue Leeson, Marketing Director di QVC,

seperti dikutip dari kompas.com

Oke, 5 alasan tadi menjawab kenapa wanita mencapai puncak kecantikannya pada usia 32 tahun. Karena dari sebuah survei yang dilakukan oleh portal belanjan Inggris – QVC dikatakan bahwa wanita merasa cantik berkat pengaruh dari 67 persen penampilan terbaik, 70 persen rasa percaya diri, dan 47 persen berbusana. Keceriaan kaum hawa saat usia 20-an ini ternyata bukanlah puncak kecantikan. Bentuk kelelahan dan senyuman sebagai wanita berusia matang pada 32 tahun adalah semurni-murninya kecantikan.