Suka nonton film guys?  Yuk, kali ini kita nostalgia dengan film-film lawas romantis a la Indonesia. Dari masa ke masa film tentang cinta dan romantisme selalu mendapatkan tempat dan sukses bikin baper. Mulai dari generasi kita sampai generasi Bapak-Ibu dan Tante kita dulu romantisme tetap tidak berubah.Film yang bertema tentang cinta akan meningkatkan sensitivitasmu berkali-kali lipat ketika menontonnya.

Nah guys kali ini kita akan bahas gimana jika film-film yang sempat sukses pada masanya tersebut dibuat sekuelnya kembali, mungkin akan lebih booming dan bikin baper dari AADC 2 dan Warkop DKI Reborn. Oke, untuk para pejuang cinta, ini dia film romantis ala Indonesia yang bisa buat kamu nostalgia dengan perasaan cinta ( terutama untuk kamu yang sudah lama tak merasakannya ).

1.  Pengantin Remaja: film yang mempertemukan pakde Sophan Sophian dan bude Widyawati hingga menjadi jodoh dikehidupan nyata

pakde sophan dan budhe widyawati waktu masih muda hihi via www.indonesiafilmcenter.com

Guys, tahu gak sih film pengantin remaja yang disutradarai alm. Wim Umboh ini merupakan film romantis Indonesia yang kisahnya banyak diilhami dari film Romeo and Juliet pada masa itu. Film ini diperankan oleh Sophan Sophian, Widyawati, dan Fifi Young. Bahkan tokoh utama dalam film ini bernama Romi dan Juli. FYI, film ini mendapatkan penghargaan Golden Harvest Award pada Festival Film Asia XVII, ( 1971 ) di Taiwan untuk kategori film terbaik. Kebayang dong jika film ini dibuat ulang, bakal bikin para pencinta ulung baper parah. Mungkin kalian juga bisa request siapa yang cocok jadi pemeran Romi dan Juli?

2. Cerita Cintaku di Kampus Biru. Kacamata unik dari Anton yang Don Juan

bisik-bisik mesra via www.bintang.com

Advertisement

Film yang mengambil latar belakang di kampus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini diperankan oleh Roy Marten, Rae Sita, dan Yati Octavia. Film ini juga diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Ashadi Siregar.

Film ini menceritakan tentang hubungan percintaan Anton yang rumit. Anton Rorimpandey ( Roy Marten ), mahasiswa antropologi yang tampan, pintar, humoris tetapi playboy yang menjalin hubungan dengan Erika ( Yati Octavia ) dan pernah menaruh hati dengan dosennya Bu Yusnita. Bu Yusnita memilih untuk menikah dengan sesama dosen ( Rae Sita ), selain itu Anton juga pernah  menjalin hubungan dengan Marini dan menyia-nyiakan.

Tidak soal cinta melulu, Anton juga dihadapkan dengan permasalahan lain, jangka studi yang semakin mepet, konfliknya dengan Bu Yusnita, perebutan posisi ketua senat mahasiswa fakultas, intrik dalam kampus menjadi bumbu yang berbeda dalam film tersebut.

Film ini mengajarkan kita, khususnya untuk para anak muda, dalam menjalin percintaan jangan meniru Anton yang bimbang dan menyia-nyiakan orang yang cinta kepadanya. Gimana guys, kalau dibuat ulang filmnya pasti keren banget dan jangan lupa baca novelnya juga ya guys.

3. Sosok Galih – Ratna dan kasih cinta yang tak kesampaian

surat perpisahan dari ratna untuk galih via eigarebyu.blogspot.com

” Rahasia apa yang diam dalam debaran, saat kau seperti kijang emas meloncat-loncat di hadapanku

Ku simpan wujudmu dari sepi ke sepi, ku toreh hatimu dengan pisau naluri. Diam sendu, hangatmu rindu.”

Yups..ini merupakan kutipan sajak yang ditulis Galih dalam buku bahasa Indonesia yang dipinjam Ratna. Hmm…pasti udah ketebak kan film apa, taraaa film Gita Cinta dari SMA guys!

Film fenomenal pada masanya ini diperankan oleh Rano Karno ( Galih ), Yessie Yusman ( Ratna ). Film ini bercerita tentang kisah kasih dua pelajar SMA. Keduanya sama-sama bintang kelas dan teladan. Tapi, sayang hubungan mereka tidak direstui oleh orang tua Ratna karena Ratna telah dijodohkan . Guys, film ini mendapat penghargaan film terlaris III di Jakarta tahun 1979.  Bahkan alm Chrisye membuat soundtrack untuk film ini dengan judul Galih dan Ratna. Duh, gimana ya kalau film ini dibuat sekuelnya lagi pasti bakal bikin para penontonnya termehek-mehek. oh, ya kalau film ini diperankan sama si cantik Dian Sastro dan si ganteng Nicholas Saputra gimana ya guys.

4. Puspa indah taman hati, kehadiran perempuan lain dalam kehidupan Galih

kekasih baru galih, marlina via warungsahabatku%20blogspot.com

Film ini merupakan kelanjutan dari film Gita Cinta dari SMA, dengan para pemain yang sama namun dengan alur cerita yang berubah. Film ini menghadirkan sosok Marlina, wanita yang mirip dengan Ratna dan mampu mengambil hati Galih. Kisah cinta Galih dan Marlina pun berjalan dengan mulus. Namun, kehadiran Ratna kembali yang telah bercerai dengan suaminya membuat hubungan cinta Galih dan Marlina pun berakhir.

Marlina pun merelakan Galih dengan Ratna.  Ada dua soundtrack yang dinyanyikan oleh alm Chrisye, puspa indah taman hati dan marlina. Kalau dibuat sekuelnya lagi, mungkin aja kalian yang masih jombloers bisa CLBK lagi sama mantan atau gebetan, ups.

5. Ramadan dan Ramona. Film yang bikin ger-geran pada masanya

gandul cinere gandul via www.city.fukuoka.lg.jp

Film komedi Indonesia yang rilis tahun 1992 yang diperankan lydia Kandou ( Ramona ), Jamal Mirdad ( Ramadan ). Film ini berkisah tentang sepasang anak orang kaya yang mencari jati diri. Ramona yang membenci sikap laki-laki terhadap perempuan dan mencoba mengetahui kehidupan rakyat kecil. Ramadan  seorang anak orang kaya dari Malaysia yang menjadi pegawai biasa di Jakarta. Keduanya bertemu dan saling jatuh, ketika mereka saling mengetahui latar belakang mereka, Ramona terus menolak tetapi Ramadan terus mengejarnya.

Film komedi romantis nan lucu ini, tidak hanya berkisah tentang kisah cinta mereka berdua. Tetapi, juga mengangkat permasalahan sosial yang ada, seperti berpindah-pindah tempat kerja karena perlakuan yang tidak adil, perempuan hamil yang ditinggal pacar. Oh ya guys, film ini meraih 5 piala citra pada festival film Indonesia tahun 1992. Nah gimana guys, sepertinya film ini bakal menarik banget kalau dibuat sekuelnya lagi, film cinta cinta yang dikemas dengan lucu dan mengangkat permasalahan sosial yang ada. Jadi kita gak cuma tau soal cinta melulu tapi juga isu-isu sosial yang ada. Sambil nonton film sambil belajar guys hihihi.

Tuh kan, film-film jaman dulu juga keren-keren apalagi banyak yang dapat penghargaan nih. Ditunggu deh sekuelnya yang lebih oke.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!