Apa pendapatmu soal Justin Bieber dan semua lagu-lagunya? Buat beberapa orang lagu-lagu Justin Bieber itu ‘Iyuuwh’ dan tidak layak didengar. Curhatan ABG labil, gayanya yang absurd, dan kelakuan Justin yang mengesalkan jadi alasannya.

Tapi ada yang berbeda di album Purpose milik Justin yang baru dirilis pada 13 November lalu. Anehnya, lagu-lagu di album ini membuat Justin terdengar lebih manusiawi di telinga. Hmm…penasaran nggak sih kenapa Justin berubah dan sekarang lagu-lagunya jadi lebih bagus?

1. Semua orang berubah setelah putus cinta. Perubahan Justin (bisa jadi) karena Selena

Bisa jadi ini karena Selena… via giphy.com

On-off hubungan Justin dan Selena mempengaruhi lagu-lagu yang ditulisnya. Di album Purpose sendiri jelas ada beberapa lagu yang Justin tujukan pada Selena. Sebut saja What Do You Mean, Love Yourself, sampai Mark My Words.

Kenapa album Justin ini berbeda? Barangkali karena Justin sudah lebih dewasa setelah berusaha move on dari Selena….

2. Album Purpose minus suara melengking Justin. Mungkin Justin udah akhil baligh kali ya…

Advertisement

Justin udah akhil baligh via tumblr.com

Berbeda dengan Never Say Never, Baby, dan lagu-lagu Justin lain; lagu di album Purpose tidak lagi memamerkan suara Justin yang melengking. Malah di album ini Justin lebih banyak menggunakan gaya bernyanyi yang lebih santai dan nge-soul. Jujur sih, ini lebih enak didengar di telinga juga.

Kenapa Justin mengubah gaya bernyanyinya? Apakah karena Justin sudah mulai berubah suaranya karena mulai akhil baligh?

3. Justin juga nggak tampil di video klip album barunya. Ini bikin kesan misterius dan membuktikan dia bisa dikenal karena lagunya

Dancer di video klip Justin via tumblr.com

Album Purpose ini emang beda. Kalau kamu menutup mata, mendengarkan lagu-lagunya, kamu bisa kaget kalau tahu bahwa yang kamu dengarkan adalah lagu-lagu Justin Bieber.

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa Bieber bisa mengeluarkan lagu macam ini. Keputusan Bieber untuk tidak tampil di video klip album Purpose seakan jadi pembuktian kualitasnya.

Nih, gue nggak modal tampang aja…..

4. Album Purpose menandai kesadaran baru Justin soal dunia. Akhirnya Bieber sadar dia bukan yang paling penting di seluruh semesta

Akhirnya dia tobat via tumblr.com

Bisa dibilang makna lagu-lagu dari album Purpose ini cukup dalam. Album dibuka dengan lagu Mark My Words yang jadi penanda kalau Justin sekarang sudah bukan lagi anak 13 tahun yang labil. Love Yourself, adalah salah satu track yang membuat Justin bisa berkata “Ape lu ape lu” pada mantan-mantannya.

Tapi album ini bukan cuma soal perasaan saja. Justin membuktikan kalau sekarang dia kahirnya sadar bahwa bukan cuma dirinya yang penting di dunia. Justin bukan lagi remaja labil yang narsis dan bisa melakukan semua hal seenaknya. Dengar saja lirik Life is Worth Living sampai Children di album Purpose.

5. “My mumma don’t like you and she likes everyone…”

Bieber dengerin mamanya sih via tumblr.com

Justin akhirnya berubah karena dia akhirnya mendengarkan apa kata Ibunya. Ini tersirat di lagu Love Yourself yang jadi track ke 5 di album Purpose. Emang lah omongan Ibu nggak ada duanya. Bisa membawa hal-hal baik yang tidak terduga sebelumnya.

Justi boleh jadi simbol ke-alay-an remaja pada masanya. Tapi album Purpose membuktikan kalau Justin sudha berubah jadi lebih dewasa. Dan lagu-lagunya kali ini memang harus diakui enak didengar di telinga.

Menurutmu gimana? Udah denger lagu-lagu Justin yang baru belum?