Penerimaan CPNS putaran kedua di 60 kementerian telah dibuka sejak awal September lalu. Kabar ini pun lantas menyebar secepat kilat, secepat mantan yang baru putus dan esok hari sudah jalan dengan pacar barunya. Ya, dengan bantuan media sosial, pembukaan penerimaan CPNS bisa tersebar secara luas hingga ke seluruh penjuru negeri. Antusiasme masyarakat pun meningkat, sebab penerimaan kali ini cukup memiliki banyak kuota dari berbagai jurusan dan strata pendidikan.

Nah, dari berbagai posisi yang dibutuhkan, semuanya memiliki beragam persyaratan yang hampir serupa. Tapi ada juga syarat khusus yang tertera di beberapa posisi, sehingga hanya beberapa orang saja yang bisa mencalonkan dirinya. Bahkan, persyaratan khusus ini terbilang kocak, nyeleneh, dan bikin kita geleng-geleng kepala. Dan ini nggak bercanda loh, karena memang syarat ini tertera jelas dalam informasi resmi dari Kemenpan-RB. Seperti apakah persyaratan kocak ini, simak ulasannya!

Sepertinya kamu harus menjaga berat badanmu tetap ideal. Pasalnya di Kemenhub kamu nggak boleh gendut!

Berat nih. via www.couriermail.com.au

Kalau lembaga lain, biasanya hanya mencantumkan syarat untuk tinggi badan yang ideal buat cowok dan cewek, beda lagi dengan Kementerian Perhubungan. Rasanya Kemenhub ini nggak sependapat dengan lembaga lain, pasalnya kementerian yang membuka ratusan formasi ini merilis syarat selain tinggi badan, yakni berat badan! Nahlo! Jadi, kamu yang pengen mendaftar di kementerian ini, harus mengukur berat badanmu berdasarkan BMI (Body Mass Index).

Namanya juga BkkBN, syarat khususnya adalah kamu nggak boleh punya anak lebih dari dua. Keluarga berencana!

Dua cukup. via gala.de

Advertisement

(14) Bagi yang sudah menikah diutamakan memiliki anak maksimal 2 (dua) orang sesuai dengan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga (KKBPK).

Buat kamu yang sudah berkeluarga, memiliki anak, apalagi lebih dari dua, ada baiknya segera urungkan niatmu untuk mengikuti seleksi di BkkBN. Ya, karena pada persyaratan di poin ke-14, BkkBN menuliskan bahwa kamu yang sudah menikah nggak boleh memiliki anak lebih dari dua. Ya, iyalah. Lha wong slogan mereka; dua anak cukup!

Sementara di PPATK, buat kamu para cewek, nggak boleh jadi istri kedua. Sayangnya, nggak ada penjelasan lebih lanjut soal syarat yang satu ini

Apalagi jadi istri ketiga, keempat. via cdn-2.tstatic.net

11. Bagi wanita yang sudah menikah tidak menjadi istri kedua dan seterusnya;

Untuk syarat yang satu ini sepertinya kita akan tertawa sesaat setelah membaca poin nomor 11. Pasalnya, di sana tertulis, cewek yang sudah menikah nggak boleh menjadi istri kedua dan seterusnya. Tapi sayangnya, Pusat Pelaporan dan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK) yang membuka 53 posisi CPNS ini nggak memberikan alasan kenapa syaratnya harus begitu. Kan kasihan yang jadi istri kedua. Hehe…

Buat kamu yang pengen masuk BNN bagian pelatihan anjing khusus narkotika, kamu harus punya sertifikat pawang anjing. Gokil nih!

Mesti bisa menaklukkan anjing. via mprnews.org

Sesuai dengan namanya, BNN (Badan Narkotika Nasional), sudah pasti pekerjaan mereka terkait dengan narkoba, bandar, pengedar, dan orang-orang yang dekat dengan narkoba. Ya, kalau di film-film Hollywood, penangkapan mafia narkoba digambarkan begitu mengerikan. Dan benar adanya, lembaga yang membuka 275 posisi ini memberikan syarat khusus. Yakni sertifikat pawang anjing bagi para pelamar di formasi pelatih dan pawang anjing pelacak khusus narkotika. Harus yang berpengalaman banget nih buat formasi ini.

Sama seperti Badan SAR Nasional (Basarnas), Kemenkes juga mensyaratkan peserta harus bisa berenang. Siap siaga 24 jam!

Ngeri banget nih. via www.muehle-glashuette.de

Mungkin kalau Basarnas sudah jelas, harus bisa berenang bagi siapapun yang hendak mendaftar di posisi ini. Bahkan harus menyertakan berkas pernyataan kemampuan berenang. Tapi ternyata Kemenkes pun memberi syarat serupa. Lembaga yang membuka 1000 formasi itu, memberikan syarat khusus bagi para cowok yang siap siaga 24 jam dan memiliki kemampuan berenang untuk ditempatkan di kantor kesehatan pelabuhan. Ngeri banget nih!

Nah, itulah beberapa syarat khusus di beberapa kementerian yang bikin kita geleng-geleng kepala. Tapi buat kamu yang memang memiliki kompetensi di bidang itu, tentunya sudah nggak asing dengan syarat yang kocak seperti itu dong. Kamu sudah daftar dan siap mengikuti tes CPNS belum? Semoga beruntung, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya