Mungkin, salah satu hal yang paling menyebalkan bagi generasi millenial adalah saat tidak ada akses internet. Benar sekali, saat ini mayoritas orang memang tidak bisa dilepaskan dari Internet. Di kalangan anak muda, tidak punya layanan Internet pada handphone mereka sama dengan tidak punya teman. Iya, anak sekarang lebih suka berkomunikasi lewat chat daripada bertemu langsung.

Bicara soal Internet, salah satu hal yang sering dikeluhkan oleh pengguna jasa layanan data Internet adalah soal banyaknya uang yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan layanan Internet yang maksimal. Tapi kamu jangan khawatir. Ada banyak cara untuk menghemat kuota Internent kok. Kalau selama ini orang memberikan tips yang sangat teknis, kali ini Hipwee akan memberikan tips gampang banget dan receh buat kalian yang tidak terlalu paham urusan gawai. Artinya, mayoritas cewek butuh banget tips super sederhana ini. Hehehehe….

1. Jangan lupa matikan background process. Sederhana tapi banyak orang yang nggak menyadarinya

Matikan background process! via 2.bp.blogspot.com

Ini bukan soal sistem yang rumit. Kamu tinggal masuk ke dalam pengaturan dan cari panel yang bisa digunakan untuk mematikan background process. Kamu harus tahu kalau aplikasi di HP-mu tidak benar-benar mati meskipun kamu tutup. Aplikasi itu masih terus berjalan dan “memakan” kuota internet. Cara satu-satunya untuk mematikan proses penyedotan data hanyalah dengan mematikan background process. Kalau kesusahan nyari tempat buat matiinya, cukup cari aja di setting/pengaturan. 😀

2. Browser, Youtube, dan Video Instagram adalah aplikasi yang sangat menyedot kuota. Biar nggak nyesel, bijaksanalah saat menggunakannya!

Jangan sering buka Instagram! via www.healthline.com

Advertisement

Nggak semua aplikasi itu boros kuota. Ada banyak aplikasi yang sangat kecil penggunaan datanya. Namun kamu perlu waspada dengan 3 aplikasi ini. Browser sangat rentan menyedot kuota karena banyaknya iklan. Youtube juga sangat bikin boros karena data yang dibutuhkan untuk memutar video memang sangatlah besar. Dan, satu lagi, Instagram. Dulunya sih aplikasi ini nggak seboros sekarang. Namun, setelah ada fitur video, saat ini Instagram harus kamu “waspadai” kalau kamu punya program “diet kuota”. 😀

3. Paket internet itu dibuat biar pelanggan merasa butuh semuanya, padahal nggak. Pilih paket yang sesuai kebutuhan aja!

Pilih yang benar! via www.iwantfastinternet.com.au

Membeli paket internet memang seperti buah simalakama. Karena banyaknya paket dan brand yang sekarang bersaing di pasaran, memilih paket Internet yang pas jelas bukanlah hal yang mudah. Intinya sih jangan buru-buru dalam memilih. Yang perlu kamu ketahui adalah, semakin sering sebuah jaringan Internet putus nyambung, maka akan semakin boros data yang tersedot. Jadi selain memilih paket yang pas dengan kebutuhanmu, pastikan pula brand yang kamu pilih memiliki jaringan internet yang bisa diandalkan.

Nah salah satu paket yang paling kece adalah wifi.id dari Telkomesel. Selain mudah kamu temukan di seluruh wilayah Indonesia, wifi.id juga harga paketannya murah kok. Cuma 5.000 rupiah kamu sudah bisa menikmati akses Internet cepat lho. Apapun kebutuhanmu, wifi.id bisa kamu andalkan. Lha gimana, kecepatan aksesnya aja sudah mencapai 100Mbps. Gimana nggak kece, tuh? Bye-bye deh kuota habis karena Internet lelet.

4. Matikan handphone saat tidur. Selain hemat paket, ini juga bisa bikin handphone-mu lebih awet!

Jangan dipakai terus HP-nya! via s3.amazonaws.com

Sepele tapi entah kenapa banyak orang yang nggak mau melakukannya. Mematikan handphone saat tidur tidak hanya menghemat data tapi juga bisa menambah keawetan handphone itu sendiri. Selain itu, ini juga akan bagus buat kesehatanmu baik fisik maupun mental. Jadi mulai besok, coba deh matikan HP-mu dan rasakan penghematan kuota yang luar biasa.

5. Oportunis terhadap wifi gratis. Kalau mau hemat yang harus nggak tahu malu. 😀

Pesen air mineral aja! via media.mercola.com

Tips terakhir dan sekaligus yang paling receh. Kalau pengen menghemat kuota, kamu harus “nggak tahu malu” kalau sudah menyangkut internet gratis. Download update dan buka aplikasi berat hanya saat ada jaringan wi-fi saja. Jangan bukan dengan paket datamu sendiri. Beli air mineral di kafe, minta password wi-fi-nya lalu download sepuasnya. Nggak tahu malu memang kesannya, tapi ini demi menghemat kuota. hehehehe…

Oh ya, kalau emang sudah kepepet, jangan malu minta tethering dari temanmu. Iya memang kesannya memalukan sih, tapi mau gimana lagi. demi penghematan kuota yang paripurna, kamu memang harus nggak tahu malu. 😀

Nah itu tadi tips receh soal menghemat kuota internet. Selama ini tips yang ada di luar sana selalu menyangkut hal-hal teknis. Memang benar tipsnya bagus sih, tapi nggak semua orang memiliki pemahaman gawai yang tinggi. Beberapa orang sangat gagap teknologi. Jangankan disuruh mematok data limit, ada loh orang yang log-in aplikasi Facebook di hape aja nggak bisa. Tapi kamu nggak perlu pusing-pusing paham sistem kok. Dengan kelima tips di atas, kamu bakalan mampu menghemat paket data dengan cukup signifikan. Terutama kalau kamu melakukan yang nomer 5 dengan serius. hehehehehe..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya