Kemajuan teknologi yang makin berkembang mendorong aktivitas publik terkena pengaruhnya. Termasuk hal-hal remeh temeh seperti mengunggah kegiatan sehari-hari atau momen tertentu ke media sosial (medsos). Makanya, tak heran beberapa waktu silam sudah makin gencar ada pihak yang memanfaatkan dengan baik kegunaan teknologi modern di medsos. Tak ada lagi rasa sungkan maupun sembunyi-sembunyi untuk mengunggah berbagai dokumentasi dalam hidupmu. Kegiatan biasa saja banyak yang membagikannya di medsos, apalagi momen terbaik seperti pernikahan?

Terlepas dari beragam pendapat tentang mengunggah foto maupun video di dunia maya, sebenarnya memang ada sejumlah alasan positif untuk memamerkan dokumentasi tersebut. Simak 6 alasan kenapa kamu sebaiknya pamer dokumentasi pernikahan di media sosial:

1. Kabar bahagia yang bisa membuat kerabat juga senang. Siapa tahu momen pernikahanmu jadi bikin mereka ingin segera halal dengan pasangannya

masih bertemu, langsung nikah. pengen cakep via lacedinweddings.tumblr.com

Pernikahan biasa dibilang merupakan salah satu momen bahagia yang tak terhingga. Akhirnya, hari – di mana kamu dan pasangan jadi halal ditempuh juga. Momen ini pun menjawab doa-doamu selama ini yang tak pernah bosan diucapkan untuk menenangkan hati yang sepi karena sendirian maupun kesedihan yang telah lalu. Makanya, kabar bahagia ini tak boleh dilewatkan begitu saja dengan mengesampingkan keberadaan dunia maya. Walau terlalu aktif di media sosial memang tak baik karena bisa mengganggu yang lain, tentu tak jadi masalah jika kamu memanfaatkannya dengan baik. Justru sebaliknya, media sosial jadi jembatan pengantar kebahagiaan untuk kerabat. Selain itu, kabar menyenangkan ini juga bisa menularkan motivasi untuk para sahabatmu agar turut segera menikah. Kalau udah begini, siapa yang ikutan jadi senang?

2. Realistis saja bahwa pernikahan menghabiskan banyak biaya. Masa iya mau menyia-nyiakan begitu saja tanpa dipamerkan ke para kerabat?

udah cetar gini masa iya diisegin? via blogois.com

Advertisement

Mulai dari persiapan awal seperti lamaran hingga resepsi, pernikahan memang menghabiskan biaya cukup banyak. Nggak salah kalau jauh bertahun-tahun lalu, kamu dan orangtua telah menabung untuk membiayai acara sakral satu ini. Make-up dan baju pengantin, dekorasi, tempat pernikahan, dan makanan memang membutuhkan biaya yang menyayat hatimu. Jika nanti ada kerabat yang mempertanyakan kenapa uang yang dipakai bisa sebanyak itu, kamu bisa menjawabnya lewat unggahan-unggahan di media sosial. Ada harga ada barang. Lagipula, sungguh disayangkan jika kamu menyia-nyiakan begitu saja momen terbaik tanpa kamu kenang ke dalam medsos.

3. Dengan mengunggah via medsos, para tamu yang tak hadir bisa terpuaskan rasa penasarannya Bisa bikin mereka menyesal juga karena nggak datang

kalau meriah mereka biasa saja

Dari tamu-tamu yang diundang, biasanya ada saja yang nggak datang. Entah karena malas atau nggak sempat, mereka nggak bisa menghadiri pernikahanmu. Tapi tetap saja mereka yang nggak datang akan penasaran seperti apa pesta pernikahanmu, mulai dari pakaian dan makeup pengantin dan dekorasinya.

4. Bukannya masih belum move on, tapi para mantan pacar dan gebetan memang wajib tahu kabar bahagia ini. Biar nggak menghubungi lagi dan sadar kalau kamu telah menemukan tambatan hati terbaik

maaf saja deh kita sudah menikah. bye masa lalu ~ via www.seputarpernikahan.com

Salah satu alasan kenapa kamu unggah kabar bahagia ini via medsos yaitu ingin memamerkan bahwa statusmu tak lagi pacaran, tapi telah menikah. Karena bisa saja mereka masih sesekali menghubungimu atau suka bikin ulah karena kamu mantan terbaiknya dan dia belum bisa move on. Dengan begitu kamu tak perlu pusing untuk menghindari mereka karena seharusnya sih mereka nggak akan lagi mengganggu kamu.

5. Nggak ada lagi ucapan receh dari teman-teman soal asmara. Mereka malah memberimu advice keren sebagai bekal menjalani rumah tangga nanti

kamu bakal diberikan advice via www.pinterest.com

Seringkali teman-teman mengucapkan kata-kata receh menggodaimu soal asmara. Ada yang mengejekmu karena kelamaan jomblo, banyak memilih, atau orangnya kaku. Akan tetapi, saat kamu tanpa banyak bicara telah menikah, pasti mereka nggak bakal banyak bicara lagi. Justru langsung diam dan memberikan berbagai advice keren buat bekal kamu menempuh hidup pernikahan nanti.

6. Pernikahanmu bisa jadi inspirasi bagi kerabat. Kamu dan pasangan jadi tempat konsultasi ketik ada yang ingin menikah dengan tema pesta yang tak jauh berbeda

kamu jadi tempat orang bertanya ;)) via www.keyword-suggestions.com

Siapa sangka kalau foto-foto yang kamu unggah di medsos membuat teman-teman atau kerabat lainnya terinspirasi dalam menggelar pernikahan. Banyaknya tema pernikahan adat dan internasional bikin anak-anak muda cukup galau merealisasikan keinginan resepsi pernikahannya. Makanya, kamu bisa jadi tempat konsultasi bagi mereka karena dianggap cukup berpengalaman untuk mengurusi berbagai keperluan pernikahan. Apalagi kalau tema yang diusung sama, kerabatmu akan bergantung sama kamu.

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!