Nongkrong dengan bermain gitar dan bernyanyi bersama dalah hal yang bisa dan lumrah dilakukan di mana saja. Tapi saat ini, kumpul bareng hanyalah sebuah kegiatan yang fana. Meskipun kalian berkumpul, pikiran dan fokus kalian selalu fokus dengan gadget masing-masing.

Cobalah kesampingkan sejenak gadget masing-masing. Lakukan interaksi dengan orang yang kalian ajak untuk berkumpul. Bersosial dengan orang-orang yang di depan mata, bukan yang hadirnya virtual semata.

Biar nggak mati gaya waktu kongkow bareng teman-teman, ide-ide permainan unik ini bisa jadi sumber inspirasimu. Nggak ribet, cuma perlu kreativitas aja kok. Santai dulu, terus cobain deh. Dijamin quality time-mu gokil!

1. Siapa bilang bikin puisi itu susah? Yuk coba bikin challenge nulis dan baca puisi waktu nongkrong!

Gak sesulit yang dibayangkan

Gak sesulit yang dibayangkan via 173.254.109.165

Awalnya, menulis puisi tampak sebagai sesuatu yang menyeramkan bagi orang yang tak terbiasa melakukannya. Tapi setelah dilakukan, ternyata tak sesulit yang dibayangkan. Tak ada aturan khusus dalam menulis puisi. Tengok saja para penyair puisi terkenal. Mereka mempunyai kekhasannya masing-masing. Dan tak ada hal yang membatasi dalam pembuatan karyanya.

Advertisement

Nih, Hipwee punya saran. Untuk memulainya, setiap orang di tongkrongan diberi kebebasan untuk menulis puisi dengan tema apa pun. Pendek atau panjang puisi pun bebas.

Setelah sepakat untuk, mulailah dengan menulisnya. Batasi waktu penulisan, misalnya 15 menit. Nah kalau ada yang melebihi batasan waktu, hukum orang tersebut. Orang yang paling terakhir menyelesaikan, beri hukuman menjadi pembaca puisi pertama.

Dijamin asik deh, kalau lagi nongkrong ada challenge menulis puisi. Itulah saat di mana kamu bisa menumpahkan apa yang ada di hati kamu lewat sebuah karya.

“Tuhan, jika Kau izinkan Adam dan Hawa bersatu pada kesempatan kedua, mengapa tak Kau izinkan aku dan dia bersatu pada kesempatan yang sama?”

Magelang, 7 Mei 2016

2. Otak-atik huruf sebuah kata dengan main Anagram. Nambah luas pengetahuan deh~

Anagram..

Anagram.. via studyn.us

Ada banyak hal seru yang bisa kamu dan teman-teman lakukan saat nongkrong. Salah satunya bermain anagram. Syukur-syukur punya alatnya. Tapi kalau gak bisa, cukup pulpen atau kertas. Kalau masih gak punya, gunakanlah handphonemu untuk dijadikan alat pendukung.

Bagi kamu yang belum tau, anagram adalah satu jenis permainan kata yang huruf-hurufnya diacak membentuk kata lain atau sebuah kalimat. Sebelum memulai permainan ini, tentukan dulu kategori apa yang dipilih untuk dimainkan.

Hipwee kasih contoh yak. Misal, kita jadikan nama kota di Indonesia jadi kategori.

Dalam secarik kertas tertulis: PAKLIPNABA.

Setelah itu, tunjukan pertanyaan tersebut kepada salah satu temanmu. Cukup satu orang saja. Dan beri waktu satu menit. Kalau temanmu gak bisa menjawab, hukum dia. Kalau temanmu bisa menjawab, maka kamu yang dihukum. Soal jenis hukuman, terserah kesepatakan dengan teman-temanmu.

Selain bisa menambah hangat suasana, permainan ini bisa mengasah pengetahuanmu, atau bahkan yang tadinya gak tahu, kamu malah jadi tahu. Ingat, kalau kamu dapat kesempatan jadi pemberi pertanyaan, pastikan mikir keras supaya pertanyaanmu susah dijawab. Itulah kunci terhindar dari hukuman saat menjadi pemberi soal. Selamat mencoba yak!

By the way, pertanyaan yang Hipwee kasih di atas, apa hayo jawabannya? 😀

3. Asah ingatanmu dengan main kuis soal sejarah. Dijamin bakal gemes, pengen balik ke masa sekolah lagi

Mengingat masa lalu~

Hayo masih pada inget nggak? via cdn.skim.gs

Ginting: “Apa nama kerajaan pertama di Indonesia?”

Yahya: “Samudera Pasai!”

Ginting: “Itu mah kerajaan Islam pertama. Ini mah pertanyaan yang lebih umum, ceu!”

Hampir semua pembaca Hipwee yang membaca tulisan ini pasti pernah bersekolah. Dan hal yang pasti dipelajari saat kita sekolah adalah sejarah. Mulai dari anak SD sampai anak SMA pasti pernah mempelajarinya.

Nah biar nongkrongmu seru dan bermanfaat buat ingatanmu, coba deh main kuis santai soal sejarah. Hipwee jamin, kamu bakal keheranan sambil garuk-garuk kepala. Soalnya, mengakui kita pernah mempelajari itu, tapi sekarang kok banyak lupa. Gemes pasti.

Buat semua peserta challenge, usahakan jangan pernah googling, kecuali untuk membuktikan kebenarannya jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Hihihi pasti seru deh. Bakal keliatan deh siapa yang punya ingatan tokcer.

4. Kemampuan ngelucu kamu perlu dites pada challenge yang satu ini. Siapa tau salah satu dari kamu punya bakat stand up comedy ‘kan?

Mumpung yang nonton temen kamu doang

Mumpung yang nonton temen kamu doang via pad3.whstatic.com

Setiap orang memang gak selalu punya kemampuan public speaking yang baik. Tapi kalau di depan kawan-kawan sendiri, biasanya yang namanya kemampuan public speaking gak terlalu ngaruh tuh. Nah supaya nongkrongmu lebih seru dan penuh canda. Coba deh bikin challenge stand up comedy.

Cukup tampil di depan teman-temanmu aja. Gak usah naik ke atas panggung kafe tempat kamu nongkrong.

Biasanya ya, kalau di depan temen-temen sendiri mah joke yang gak lucu bisa jadi bahan ketawa. Ya, karena gak lucunya itu. Tapi seenggaknya kan setiap orang di tongkronganmu mencoba. Siapa tau punya bakat ‘kan?

5. Permainan ‘Teruskan Lagu’ bakal jadi pembuktian kamu itu anak musik atau bukan

Kalah ya dihukum

Kalah ya dihukum via mylifeandkids.com

Slamet: “Dengerin, ‘Ku ingin kau di sini tepiskan sepiku bersamamu… Hingga akhir waktu…’ Nahhh, WAKTU. Lanjutin!”

Ginting: “Waktu, waktu, waktu. Ah iya! ‘Waktu kau lewat aku sedang mainkan gitar. Sebuah lagu yang kunyanyikan tentang dirimu. Seperti kemarin kamu hanya lemparkan senyum. Lalu pergi begitu saja bagai pesawat tempur’. Hmmm TEMPUR. Mampus kau. Yahya, kau lanjutkan dengan kata ‘TEMPUR’!

Yahya: “Tempur? Apa ya lagu pake kata ‘tempur’? Sialan lu. Ngasih yang susah!”

Ginting: “Hahaha… Kena hukum.”

Nongkrong sembari main gitar dan menyanyikan sebuah lagu adalah hal yang biasa. Tapi kalau main permainan ‘teruskan lagu’ kayaknya jarang deh. Makanya biar seru, sembari ngetes seberapa jago kamu soal lagu-lagu Indonesia atau luar negeri, jajal deh permainan ini.

Hal yang pertama dilakukan adalah sepakati kata apa yang jadi kata pertama untuk mengawali sebuah lagu. Biar lebih seru, orang yang menyanyikan lagu bebas berhenti pada kata pada lirik mana pun, plus terserah mau tunjuk siapa saja.

Hukumannya bisa kalian sepakati bersama. Kalau awak Hipwee sih pernah main dan yang kalah mesti nyeker ke tempat makan. Hahaha FYI aja sih. :p

6. Permainan ini memang tak asing. Truth or Dare! menantang kejujuran dan keberanianmu, siap-siap tersipu malu~

Berani gak?

Berani gak? via icebreakerideas.com

Sebagian besar dari kamu pasti tau permainan Jujur atau Berani, atau yang akrab dengan nama Truth or Dare.

Biasanya untuk menentukan siapa yang bakal ditanya kejujuran atau diminta keberaniannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan main teruskan lagu seperti yang dijelaskan di sub poin sebelumnya. Kalau mau paling gampang, ya, muter pulpen. Siapa yang kena tunjuk, dia yang siap-siap jadi objek permainan.

Permainan ini cukup ekstrim. Maksud ekstrim bukan berarti butuh banyak tenaga atau penuh bahaya, melainkan mental dan kepribadian kita bakal ditantang. Ingat lho! Kalau disuruh jujur, ya, jujur. Jangan ngebohong!

Gimana, guys? Tertarik menggunakan ide-ide di atas untuk menambah hangat kumpul dengan teman-temanmu? Oiya, kalau kamu punya ide menarik lain, jangan malu buat berbagi ide tersebut di kolom komentar.