Masalah yang kerap muncul dalam hubungan asmara bikin kamu dan pasangan jadi renggang. Bukan berarti kalian berantem terus dan nggak baikan lagi, tapi bisa jadi menumbuhkan jarak walau cuma sebentar. Saat itulah kamu dan dia harus introspeksi untuk menemukan cara penyelesaiannya. Nah, saat memilih keputusan untuk baikan inilah yang kadang menghasilkan polemik baru. Hati yang udah terkikis oleh kesalahan atau ketidakcocokan bikin dia jadi mendua.

“Iya, mendua. Alternatif pasangan lain selain kamu yang bisa bikin dia sumringah terus-terusan. Ihiy!”

Aksi mendua yang dia lakukan memang membuat kamu nelangsa berhari-hari. Kamu jadi nggak punya kekuatan untuk berupaya menjalani hidup lagi. Semangat yang pernah ada tiba-tiba hilang begitu saja, padahal kamu masih punya orang sekitar yang peduli lho. Biar hari-hari kamu nggak seperti kiamat walau udah disakiti, mendingan lakoni 6 hal berikut ini!

1. Karena masih syok setelah tahu pasangan selingkuh, pikiran sebaiknya segera dinetralisir. Ingat, asal bikin keputusan bisa bikin kamu menyesal di akhir nanti

jangan asal ngomong via spice4life.co.za

“Kita putus sekarang juga!”

“Sayang, please dengerin aku dulu dong.”

“G!”

Advertisement

Perasaanmu bakal meluap-luap setelah tahu kalau pasangan selingkuh. Pikiran yang penuh dengan beragam hal seperti spekulasi dia bisa mendua atau anggapan jahat tentangnya memenuhi otakmu. Alhasil, hati dan pikiran jadi nggak stabil, akibatnya emosimu memuncak dan kamu jadi tergesa-gesa menuruti hawa nafsu untuk menyudahi hubungan. Ingat, keadaanmu yang masih syok bisa bikin bahaya. Alih-alih ambil keputusan yang tepat, eh malah isinya penuh penyesalan karena nggak dipikir dengan jernih dulu.

2. Apa yang dia lakukan itu “JAHAD”. Makanya, kamu nggak boleh gampang memaafkan dia

maaf? duh, nggak gampang! via timelightbox.tumblr.com

“Buat dia kapok dan janji nggak ulangin lagi”

Mengutip kalimat yang diucapkan tokoh Cinta ke Rangga dalam film Ada Apa Dengan Cinta ? 2, “apa yang dia lakukan itu JAHAD” pas banget buat mewakili amarahmu kepadanya. Perbuatan miris yang bikin hatimu teriris ini nggak boleh kamu maafkan begitu saja. Dia patut mendapat ujian dari kamu, jangan mudah dikasih maaf. Apalagi sakit hati yang sulit dicari obatnya ini susah dikembalikan seperti semula. Kamu harus membuatnya kapok.

3. Nggak usah pikir dua kali untuk melakukan me time. Entah ke salon, wisata kuliner sendirian, atau maraton nonton film

masih galau sih, tapi paling tidak kamu makan via www.womenshealthmag.com

Kalau ditanya salah satu obat yang cukup mujarab untuk menyembuhkan sakit hati habis diselingkuhi, mungkin me time adalah jawaban yang tepat. Kamu bisa sesuka hati memuaskan diri tanpa ada yang ribut ini dan itu . Nggak ada juga yang bawel kalau kegiatan me time kamu nggak ada faedahnya. Bagimu, me time adalah pilihan yang tepat biar bisa sembuh dari hati yang terluka. Banyak kegiatan me time yang bisa kamu lakoni juga, misalnya ke salon, goler-goler di kasur yang bikin ketiduran, wisata kuliner sendirian, atau nonton banyak film atau drama Korea. Praktikkan deh! Kamu jadi bisa menikmati indahnya hidup walau sedang patah hati.

4. Gila-gilaan bareng teman itu perlu. Nggak usah pergi ke luar, toh nyanyi-nyanyi sambil menirukan gaya dari video musik juga bisa

gila-gilaan bareng teman via favim.com

“Cuy! Nanti karaokean yuk!”

“Bayarin ‘kan? Siaapp!”

Penyakit yang muncul kalau udah punya pasangan itu lupa sama teman-teman. Entah karena si dia protektif atau kamu sendiri jadi lebih senang menghabiskan waktu berdua, ajakan nongkrong bareng teman nggak kamu iyain. Padahal peran mereka saat kamu lagi patah hati atau justru menemukan cinta itu nggak main-main lho. Kadang kamu sadar sih akan hal itu, tapi tetap saja pasang muka tembok kalau lagi butuh mereka. Kayak pas lagi sedih gara-gara pujaan hatimu main serong, gila-gilaan bareng teman dapat menyemangatimu dalam menjalani hidup lagi. Nggak langsung 100 persen semangat sih, yah paling nggak dirimu terdorong buat kembali bangkit karena mereka.

5. Tapi dari 4 hal tadi kamu harus tahu sebenarnya penyebab pasangan selingkuh alias kamu wajib instropeksi. Nggak ada salahnya tanya ke dia apa yang kurang dari kamu hingga dirinya main serong

tanya ke dia via www.pinterest.com

Nggak salah untuk mencari tahu penyebab dia menduakanmu. Apakah dia bosan? Kamu melakukan kesalahan tapi dia nggak mau bilang? Atau dia saja yang memang kurang ajar? Memang gengsi sih, tapi daripada menduga-duga terus mendingan kamu tahu dari dia langsung. Jangan lupa selami baik-baik jawaban dia, siapa tahu dia menipu kamu!

6. Well, pilih putus atau nggak yang penting kamu selesaikan secara baik-baik. Biar hati tenang nggak ada yang ganjal

gengsi dong via www.popsugar.com

Pada akhirnya keputusan akhir kamu mau udahan sama dia atau tetap melanjutkan hubungan ya baiknya dilakukan secara baik-baik. Tanpa banyak amarah atau kata-kata kotor. Demi dirimu yang tetap elegan dan menawan di matanya, nggak apa-apa dong menahan emosi? Malas juga ‘kan kalau masih ada yang mengganjal di hati padahal masalahnya udah jadi masa lalu?

Jadi, sekarang kamu nggak perlu kelamaan sendu kalau habis disakiti. Karena dengan mempraktikkan 6 cara tadi pasti deh cepat move on. Terbukti kan kalau diduain bukan berarti kiamat?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya