Nama adalah doa,” menurut kepercayaan kita. Karenanya banyak orangtua yang memberikan nama anaknya seindah mungkin dengan makna sebaik mungkin. Namun, ternyata ada juga beberapa orangtua yang agaknya memaknai “nama yang baik” dengan perkara kuantitas. Mereka memberikan nama yang panjangnya nggak nanggung-nanggung, sampai kita ragu kalau si anak maupun orangtuanya hafal seutuhnya. Yah, mungkin memang sang orangtua benar-benar berharap banyak dengan keturunan mereka, atau ada alasan lain? Penasaran? Yuk langsung aja disimak~

1. Masih ingat dengan cowok asal Thailand bernama Ratziel? Kamu pasti ngilu kalau kenalan pakai nama panjang sama dia~

Tuh bocahnya… via Modifikasi.com

“Ratziel Timshel Ismail Zerubbabel Zabud Zimry Pike Blavatsky Philo Judaeus Polidorus Isurenus Morya Nylghara Rakoczy Kuthumi Krishnamurti Ashram Jerram Akasha Aum Ultimus Rufinorum Jancsi Janko Diamond Hu Ziv Zane Zeke Wakeman Wye Muo Teletai Chohkmah Nesethrah Mercavah Nigel Seven Morningstar A. San Juan CCCII.”

Pusing nggak tuh menghafalkan namanya? Keluarga Ratziel memang sudah terkenal memiliki nama unik dan bikin petugas catatan sipil pusing tujuh keliling. Mungkin kamu bertanya-tanya soal alasan kenapa keluarga Ratziel bisa kepikiran memberi nama yang panjangnya nggak kira-kira itu.

Meski sempat dikira bercanda oleh petugas catatan sipil, ternyata alasan orangtua Ratziel memberi nama sepanjang itu adalah sebagai bukti selera humor sang ayah. Ya kalau ngasi nama nggak kira-kira gini sih udah nggak jenaka lagi levelnya. Ada-ada aja…  -_-

2. Lebih sangar lagi, seorang pria Amerika keturunan Jerman ini punya nama yang kamu nggak bakal bisa baca!

Advertisement

Kelahiran 1904! via wikipedia.org

Kalau kamu pikir nama “Hubert Blaine Wolfeschlegelsteinhausenbergerdorff” itu sudah panjang, kamu wajib tahu dulu nama lengkapnya seperti apa. Pria keturunan Jerman tersebut memiliki cerita tersendiri di balik panjang namanya. Menurut Hubert, namanya dibuat oleh sang kakek.

Jangan salah, namanya nggak asal njeplak loh. Nama panjang Hubert sejatinya adalah sebuah cerita tentang “seorang pembuhuh serigala sekaligus seorang penggembala kambing yang didatangi oleh pesawat luar angkasa berbahan bakar 7 buah Iridium!” Aneh, ya? Hehehe

Oh iya, penasaran sama nama panjangnya. Nih…

“Adolph Blaine Charles David Earl Frederick Gerald Hubert Irvim John Kenneth Loyd Martin Nero Oliver Paul Quincy Randolph Sherman Thomas Uncas Victor Willian Xerxes Yancy Zeus Wolfeschlegelsteinhausenbergerdorffvoralternwarengewissenhaftschafers wesenchafewarenwholgepflegeundsorgfaltigkeitbeschutzenvonangereifen duchihrraubgiriigfeindewelchevorralternzwolftausendjahresvorandieer scheinenbanderersteerdeemmeshedrraumschiffgebrauchlichtalsseinu rsprungvonkraftgestartseinlangefahrthinzwischensternartigraumaufde rsuchenachdiesternwelshegehabtbewohnbarplanetenkreisedrehensichund wohinderneurassevanverstandigmenshlichkeittkonntevortpflanzenundsiche rfreunanlebenslamdlichfreudeundruhemitnichteinfurchtvorangreifenvon andererintlligentgeschopfsvonhinzwischensternartigraum.”

3. Bahkan pelukis ternama Pablo Picasso pun namanya juga nggak kalah panjang. Kita jangan cuma tahu karyanya saja

Pelukis ternama, nih via entrepreneur.com

Kamu pasti kenal dengan nama Pablo Picasso. Seniman hebat yang berkarya di dunia seni lukis ini namanya memang sudah mendunia. Terkenal karena karyanya di bidang kubisme dan surealisme, nggak mungkin kamu nggak kenal sosok yang satu ini.

Nah, kalau fakta bahwa nama asli Picasso memiliki panjang yang nggak kira-kira, bisa jadi ini fakta yang mungkin baru kamu tahu. Nama lengkap Picasso adalah:

“Pablo Diego José Francisco de Paula Juan Nepomuceno María de los Remedios Cipriano de la Santísima Trinidad Ruiz y Picasso”

Dikenal dengan nama Pablo Picasso, nama lengkapnya yang panjang itu diambil dari nama orang-orang suci dan beberapa kerabatnya. Karena merupakan tuntutan dari hukum di Spanyol, nama kedua orangtuanya juga masuk dalam daftar nama panjang Picasso. “Ruiz y Picasso”, adalah nama Ibu dan Ayahnya yang melekat dalam nama panjang pelukis tersohor ini.

4. Wanita bernama Dawn McManus ini bahkan tak ingat nama panjangnya. Alasannya? Ya karena saking panjangnya…

Salut sama Ibu yang satu ini via republika.co.id

Seorang wanita asal Inggris bernama Dawn McManus yang kini dipanggi Red ini juga memiliki nama yang panjangnya bikin kamu geleng-geleng kepala. Bedanya, nama panjang Red bukanlah nama asli sejak lahir. Ia memilih untuk mengganti namanya menjadi unik dan panjang demi membantu pengumpulan dana bagi yayasan miliknya. Alhasil, inilah nama lengkap Red…

“Red Wacky League Antlez Broke the Stereo Neon Tide Bring Back Honesty Coalition Feedback Hand of Aces Keep Going Captain Let’s Pretend Lost State of Dance Paper Taxis Lunar Road Up Down Strange All and I Neon Sheep Eve Hornby Faye Bradley AJ Wilde Michael Rice Dion Watts Matthew Appleyard John Ashurst Lauren Swales Zoe Angus Jaspreet Singh Emma Matthews Nicola Brown Leanne Pickering Victoria Davies Rachel Burnside Gil Parker Freya Watson Alisha Watts James Pearson Jacob Sotheran Darley Beth Lowery Jasmine Hewitt Chloe Gibson Molly Farquhar Lewis Murphy Abbie Coulson Nick Davies Harvey Parker Kyran Williamson Michael Anderson Bethany Murray Sophie Hamilton Amy Wilkins Emma Simpson Liam Wales Jacob Bartram Alex Hooks Rebecca Miller Caitlin Miller Sean McCloskey Dominic Parker Abbey Sharpe Elena Larkin Rebecca Simpson Nick Dixon Abbie Farrelly Liam Grieves Casey Smith Liam Downing Ben Wignall Elizabeth Hann Danielle Walker Lauren Glen James Johnson Ben Ervine Kate Burton James Hudson Daniel Mayes Matthew Kitching Josh Bennett Evolution Dreams.”

Yayasan Red sendiri adalah yayasan yang membantu anak-anak usia 11-19 tahun untuk mewujudkan mimpinya di bidang industri kreatif seperti menyanyi dan akting. Salut!

5. Kasus Barnaby Usansky sedikit bikin iba. Saking panjangnya, teman-temannya memilih untuk manggil dengan “Nick” gitu doang

Bapak yang satu ini aneh-aneh aja~ via www.absurdityisnothing.net

Sama seperti Red, nama panjang Barnaby sendiri bukanlah nama asli. Pria asal Skotlandia ini mengaku sangat mencintai kata-kata, terutama kata-kata Inggris tradisional. Karena itu ia memberanikan diri untuk mengganti namanya.

“Barnaby Marmaduke Aloysius Benjy Cobweb Dartagnan Egbert Felix Gaspar Humbert Ignatius Jayden Kasper Leroy Maximilian Neddy Obiajulu Pepin Quilliam Rosencrantz Sexton Teddy Upwood Vivatma Wayland Xylon Yardley Zachary Usansky.”

Namanya sekarang sepanjang itu. Ia sendiri tak asal dalam memilih setiap kata dalam nama panjangnya tersebut. Sebut saja kata ‘marmaduke’ dalam namanya. Menurut Nick, kata tersebut adalah kata yang indah. “Quilliam” dalam namanya ia ambil dari nama sahabat baiknya. Pun demikian dengan setiap kata dalam namanya yang panjang itu.

Sialnya, meski namanya sudah sepanjang itu, teman-temannya tetap ogah memanggil Barnaby dan tetap memanggilnya dengan sebutan Nick. Oh iya, Nick rencananya bahkan masih ingin menambah kata-kata lagi dalam namanya. “Apa gunanya nama unik kalau nggak jadi yang terpanjang”. Haha

6. Ada juga lho kasus nama terpanjang di Indonesia. Tapi di KTP namanya cuma ditulis ‘Y’ gitu aja

Tapi di KTP dan SIM namanya cuma Y doang… via hai-online.com

Di antara jajaran manusia dengan nama yang panjangnya bikin emosi petugas catatan sipil ini, tersisip satu nama dari gadis asal Indonesia. Iya, seorang gadis asal Yogyakarta ini memiliki nama panjang:

“Aiwinur Siti Diah Ayu Mega Ningrum Dwi Pangestuti Lestasi Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewi Puspita Anggraini.”

Uniknya, nama tersebut bukanlah nama sebenarnya yang ada di KTP. Gadis tersebut, sejatinya memiliki nama yang tak kalah unik di KTP miliknya. “Y”. Udah. Satu kata tersebut jadi nama yang ia tenteng kemana-mana dalam dompetnya.

Asal mula nama panjang tersebut berawal dari kekesalan sang Ayah yang tak tahan terus-terusan ditanya soal kepanjangan namanya yang cuma “Y” itu. Dengan agak kesal, sang Ayah menyebut nama yang panjangnya nggak kira-kira itu sembari bilang, “Kalau ada yang tanya, jawab aja nama panjangmu itu”. Hadeh. Ada-ada aja nih si Bapak… -_-

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya