Move on setelah putus cinta seringkali jadi hal yang berat untuk kamu lalui. Terlebih ketika hubungan yang pernah kamu jalin bersamanya memakan waktu yang nggak sebentar. Duh, pasti banyak banget kenangan manis yang susah buat kamu lupa.

Dalam perjalanan untuk melupakan dia juga pasti ada aja godaannya. Meski kamu sudah berusaha untuk nggak lagi cari tau tentang bagaimana keadaan mantanmu setelah kalian berpisah, tapi mungkin ada aja hal yang buat ingatanmu melayang kembali pada masa lalu.

Beberapa hal sepele ini akan kontan membuat usaha move on kamu gagal total. Apa itu? Yuk, coba simak.

1. Hujan. Yap, karena hujan selalu berhasil bawa ingatan kembali untuk menerawang segala kenangan

yang, hujan turun lagi~ via artnaz.com

Hujan memang selalu berhasil buat segala macam perasaan jadi campur aduk, terlebih buat kamu yang lagi galau maksimal. Pasti kamu selalu berharap supaya hujan nggak datang supaya tingkat kebaperanmu nggak meningkat. Bukan hal yang mustahil kalau lagi hujan rasa kangen kamu sama si mantan tiba-tiba muncul.

Advertisement

Keberadaan hujan sudah pasti akan buat kamu kembali pada masa lalu yang manis tapi pahit untuk dikenang. Ya, namanya juga kenangan, mesti banget kamu hadapi dengan sabar. Khususnya buat kamu yang punya kenangan manis sama si dia di kala hujan, terus berjuang ya!

2. Semerbak bau parfum mantan yang tiba-tiba kamu cium entah dari mana.

aromamu, duh~ via dylandsara.com

Kamu mungkin bisa dengan mudah buat ngelupain bagaimana senyum dan tatapan dia yang pernah sangat kamu suka. Bukan hal yang sulit juga untuk nggak lagi ingat dengan suaranya yang dulu sering kamu kangenin. Tapi, untuk melupakan aroma parfum khasnya jadi hal yang paling susah untuk kamu lakukan.

Ini jadi salah satu hal yang mungkin secara nggak sengaja bisa bikin usaha kamu untuk move on jadi berantakan. Yap! Itu bisa aja terjadi saat kamu tengah ada di keramaian dan tiba-tiba ada orang yang nggak kamu kenal lewat di depanmu dengan aroma yang nggak asing buat penciumanmu. Duh, jangan sampai tiba-tiba kamu meluk orang itu dari belakang ya, bisa bahaya! :p

3. Saat kamu lagi nongkrong di tempat makan, tiba-tiba ada temanmu yang pesan makanan kesukaan si mantan. Bawaannya kamu pengen nyuapin dia aja~

dari laper jadi baper~ via thoughtcatalog.com

Janji sama teman-teman untuk makan bareng dan senang-senang jadi niat awalmu mengisi akhir pekan. Dalam bayangmu saat itu terlaksana, kamu akan ngelupain semua ingatan tentang dia yang masih aja ganggu dalam pikiranmu. Ternyata, secara nggak sengaja salah satu temanmu justru membawa ingatanmu kembali ke dia lantaran memesan makanan kesukaan si mantan. Tadinya kamu laper, eh, malah jadi baper.

4. Tempat favorit saat kencan dulu rasanya jadi tempat yang paling angker saat kamu datangi sendirian

jalan kenangan… via imagefully.com

Selama kamu dan dia masih pacaran, pasti pergi nonton ke bioskop, ngopi lucu bareng di kafe, atau bahkan traveling ke pantai jadi hal bisa membuatmu senang dan nyaman. Tapi, hidup terus berjalan dan seringkali nggak sejalan dengan harapan yang buat kalian akhirnya pisah.

Perpisahan itu otomatis membuatmu merasa takut untuk pergi ke tempat-tempat favorit itu. Nggak tau kenapa gedung bioskop dan kafe yang biasanya kelihatan bagus, kini berubah jadi tempat angker untuk kamu masuki lantaran kamu melihat bayangan masa lalumu di dalam sana. Ets! Tapi kamu nggak boleh terus begitu ya, kamu harus terus berjalan dan hidupmu butuh juga kamu ajak senang-senang.

5. Akun  media sosial mantan memang selalu berhasil bikin kamu susah tidur. Jadi, nggak usah kepo deh

jadi sekarang kamu…. via tersoorat.com

Di era modern seperti sekarang ini berteman dengan  media sosial rasanya jadi sebuah kebiasaan di setiap harinya. Namun, buat kamu yang lagi ada dalam tahap melepaskan kenangan harus hati-hati dengan hal itu. Karena bisa aja dia yang lupa kamu block dan tiba-tiba muncul dengan update-an foto terbarunya bersama seorang pendamping baru, lalu kamu penasaran dan berujung kepo.

Duh! Kamu yang masih susah payah buat lupain dia jadi ngerasa nggak rela, sakit hati, sedih, dan nangis… Kalau sudah begitu nggak menutup kemungkinan kamu akan terpuruk di atas bahagianya dia. Jangan sampai itu terjadi ya. Selemah-lemahnya perasaanmu, kamu nggak boleh biarkan dia tau. Kamu harus terus jalan dan jangan larut terjebak pada masa lalu.

6. Playlist di HP-mu nggak sengaja muter lagu kenangan kalian dulu. Huaaa! Mau nggak mau pasti ingatan kamu kembali lagi bernostalgia

Duh, Dek… Abang kangen~ via www.nyoozee.com

Lagi asyik dengerin lagu di HP, tiba-tiba playlist kamu ngajak bernostalgia karena muterin lagu kenangan saat kamu masih pacaran dulu. Kalau sudah begitu, mood kamu pasti jadi berantakan, rasanya luka yang belum kering di hatimu itu basah lagi karena disiram ingatan. Mau seenak apapun lagu itu, kalau buat kangen tetap aja jadi nggak akan enak buat kamu nikmatin.

7. Sikap manis dan kebiasaan kalian selama pacaran ternyata juga bisa buat tahap mengikhilaskan jadi naik turun.

anen, Mz… via saepulwae.blogspot.com

Selama pacaran, pasti banyak banget sikap manisnya yang kamu rasain dan itu buat kamu jadi merasa nyaman di dekatnya. Belum lagi segala kebiasaan atau kegiatan yang kalian lakukan bareng. Untuk mengikhlaskannya di kala itu nggak lagi kamu bisa dapatkan pasti akan berat.

Kamu yang lagi berusaha untuk nggak lagi inget-inget, terpaksa harus memutar ulang rekaman itu karena kamu melihat sahabatmu tengah beromantis ria dengan pacarnya. Uh… Kamu pasti emosi ‘kan? Tapi, maafkan sahabatmu ya. Bisa jadi dulu saat kamu asyik dengan pacarmu, dia juga merasakan hal yang sama. Anggap aja itu cobaan agar kamu bisa lebih semangat untuk move on.

Nah, itulah hal-hal sepele yang emang ampuh bikin move on kamu jadi gagal total. Namun, bagaimana pun kondisinya, kamu harus terus berusaha ya. Jangan biarkan kenangan bawa kamu pada sedih yang berkepanjangan. Dirimu berhak dapat yang terbaik dan ingatlah jika jodoh nggak akan lari ke mana-mana. Semangat terus untuk move on ya, Guys…