Pernikahan menjadi hal yang diinginkan banyak pasangan di dunia. Hidup satu atap, saling mengisi satu sama lain, dan melalui segala suka duka bersama hingga maut memisahkan. Namun tidak sedikit juga yang memutuskan berpisah meski sudah menikah belasan bahkan puluhan tahun. Biasanya alasan perceraian tersebut harus dilakukan adalah karena perselingkuhan, kekerasan dalam rumah tangga, atau karena kedua belah pihak kurang saling memenuhi kebutuhan lahir atau batin. Meski terkadang sudah melalui proses mediasi, kedua belah pihak tetap kukuh berpisah. Padahal mungkin jika suami istri tersebut mau lebih membuka hati, instrospeksi diri, dan memberi kesempatan satu sama lain, pernikahan mereka masih dapat diselamatkan.

Tapi tidak selamanya alasan di balik pasangan suami istri memutuskan bercerai dapat diterima akal sehat manusia lho! Beberapa kasus perceraian ini sukses membuat kita sebagai orang biasa gagal paham. Pertanyaannya, separah itukah hingga tidak ada lagi yang bisa membuat mereka bersatu kembali? Simak deh supaya kamu bisa menilai sendiri.

1. Suami menceraikan istri yang sibuk memotret makanan ketika si suami sudah lapar berat, duh!

Cerai karena istri sibuk memotret makanan via www.dream.co.id

Budaya memotret makanan sebelum disantap memang sedang marak terjadi di kalangan milenial. Tak hanya di Indonesia, kebiasaan ini juga dilakukan banyak orang di seluruh dunia. Kebanyakan mereka akan mengunggah foto makanannya tersebut di media sosial. Atas dasar eksistensi, mereka lebih memilih mendapatkan foto bagus terlebih dahulu daripada memakan makanan itu sendiri, meski kondisinya sedang sangat lapar. Tapi apa yang dilakukan seorang lelaki di Yordania ini tidak bisa dipahami akal sehat. Pasalnya ia sampai harus menceraikan istrinya karena dilarang memakan makanan yang sedang difoto si istri.

Kejadian berawal ketika keduanya sedang pergi ke sebuah restoran di Amman Barat. Karena saat itu restoran sedang ramai, mereka sampai harus menunggu setengah jam sebelum akhirnya mendapatkan meja. Hal itu membuat suami sudah merasa sangat lapar. Namun sang istri justru sibuk mengambil foto makanan tersebut dan menghalangi suami mengambil makanan. Merasa kesal, si suami langsung mengucapkan kata talak dan pergi meninggalkan istrinya. Duh, serius nih? πŸ™

2. Tak dihiraukan ketika menelpon dan mengirim pesan melalui WhatsApp, lelaki ini tega menceraikan istrinya dengan alasan telah diremehkan

Advertisement

Cerai karena WhatsApp via kelascinta.com

Peristiwa ini terjadi di Arab Saudi. Berawal dari kerinduan suami kepada istrinya ketika si suami sedang bekerja. Sang suami lalu memutuskan untuk menelepon si istri di rumah, tapi tidak dijawab. Ia juga mengirim pesan melalui WhatsApp yang ternyata tidak berbalas juga. Merasa khawatir terjadi apa-apa dengan istrinya, ia memutuskan pulang ke rumah. Namun ia justru mendapati istrinya sedang asyik memegang ponselnya sambil duduk di depan televisi. Ketika ditanya mengapa tidak membalas pesan dan telepon, si istri berdalih bahwa ia sedang sibuk berbincang dengan teman lamanya di WhatsApp. Tak pikir panjang, si suami langsung mengusir istrinya dari rumah dan mengajukan gugatan cerai.

3. Bercerai menjadi pilihan lelaki ini hanya karena digandeng mesra oleh istri sendiri di depan umum

Suami memaki istri via blog.duitpintar.com

Sebenarnya sangat wajar ketika si istri bersikap manja kepada suaminya sendiri dan menunjukkan sedikit kemesraan di depan umum. Namun, hal itu tidak lazim bagi seorang lelaki di Arab Saudi. Ia justru menceraikan istrinya karena menggandeng tangannya mesra saat berjalan di sebuah bandara. Tak hanya menggandeng, si istri juga mengucapkan kata-kata romantis kepada suaminya. Merasa risih, ia memerintahkan sang istri untuk melepaskan tangannya. Tapi istrinya tetap tak mau melepaskan. Bukan malah dibicarakan baik-baik, lelaki itu justru memaki-maki istrinya di depan umum dan berkata akan menceraikannya. Duh, daripada istrinya mesra-mesraan sama lelaki lain, β€˜kan lebih berabe ya?

4. Bercerai karena minuman kaleng, ya ampun ada-ada saja!

Cerai karena minuman kaleng via www.dream.co.id

Masih di Arab Saudi. Kejadian ini bermula dari keinginan sang istri dibelikan minuman kaleng oleh suaminya. Berkali-kali meminta, si suami tetap menolak permintaan istrinya tersebut. Tak jelas apa alasan ia tidak mengabulkan permintaan istri sendiri yang tidak sulit jika dipikir-pikir. Suatu hari, si istri memutuskan membeli sendiri minuman kaleng tersebut. Mendapati hal itu, si suami marah dan menuding istrinya tidak patuh, seketika langsung menceraikannya. Namun si istri balik menuding bahwa si suami telah berlaku kikir kepadanya. Ya ampun, memangnya berapa sih harga minuman itu?

5. Ceraikan istri karena menolak mematuhi perintahnya menutup pintu mobil, β€˜kan seharusnya suami lebih bertanggung jawab πŸ™

Suami istri berseteru via www.kejadiananeh.com

Pada 2014 lalu, seorang pria tega menceraikan istrinya hanya karena si istri menolak menutup pintu mobil mereka. Mulanya mereka baru saja sampai rumah setelah pergi ke suatu tempat. Begitu sampai, istri dan anak-anak langsung masuk ke rumah sementara si suami masih di luar. Kemudian suami tersebut memanggil istrinya yang sudah berada di dalam rumah untuk menutup pintu mobil mereka. Si istri menolak dengan alasan si suami lebih dekat dengan mobil. Mengetahui jawaban istrinya, pria itu langsung marah dan melarangnya masuk rumah jika tidak menuruti perintahnya. Kabarnya sang istri memutuskan pulang ke rumah orangtuanya dan menolak berdamai dengan suami lantaran sikapnya yang keterlaluan.

6. Sepasang penyair Arab Saudi bercerai lantaran sang istri menyamakan suami dengan kuda dalam salah satu syairnya

Bercerai via www.merdeka.com

Seorang penyair wanita di Arab Saudi menyindir suaminya dengan sebutan kuda non-ras. Entah apa motif si istri menyamakan suaminya dengan kuda milik mereka bernama Jurouh. Yang jelas sang suami langsung menggugat cerai karena merasa tersinggung. Anehnya πŸ™

7. Memilih bercerai karena si istri hobi mendengkur dan terlalu banyak makan

Terlalu banyak ngemil via health.liputan6.com

Pria 40 tahun di Arab Saudi menceraikan istrinya karena istrinya selalu mendengkur setiap malam. Dugaannya, hobi mendengkur tersebut berhubungan dengan masalah berat badan yang dialami istrinya. Diketahui bahwa si istri suka ngemil banyak kacang dan cokelat hingga mengalami kenaikan berat badan dari 50 kilogram menjadi 80 kilogram. Alih-alih menuruti suami untuk menjalani program diet dan terapi menghilangkan hobi mendengkur, sang istri justru menolak. Pernikahan mereka berujung pada perceraian.

Duh, zaman sekarang orang jadi mudah sekali memutuskan bercerai padahal masalahnya sepele. Coba saja jika kedua belah pihak sama-sama mau berunding dan lebih mementingkan nasib anak-anak mereka dibanding menuruti ego masing-masing, pasti tingkat perceraian tidak akan meningkat tajam ya?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya