Lagu dangdut identik dengan lirik yang to the point. Meski kadang liriknya sedikit absurd namun tetap menghibur. Tak hanya memancing badan untuk bergoyang, banyak lagu dangdut yang terdengar kocak di telinga. Dari mulai lagu Bara Bere-nya Sibad hingga lagu Klepek-klepek-nya Hesti. Buat kamu yang lagi galau badai, mungkin kamu bisa mengganti lagu sendu dengan beberapa lagu dangdut berikut ini. Dijamin deh, nggak cuma playlist-mu aja yang bakal ramai, tapi hati yang lagi pilu juga bakalan terhibur. Diintip ya lagu-lagunya!

1. Meski lagu Bara Bere milik Siti Badriah bikin kamu goyang, tapi arti dari bara bere sendiri belum banyak yang tahu.

Bara Bere… Bara bara Bere
Kalau Cinta Kudu Bara Bere
Bata Bete..Bata Bata Bete
Punya Pacar Nggak Bara Bere

Lagu yang sepertinya mengisahkan tentang pacar yang pelit. Dalam lagu itu si cewek minta dibeliin lipstik, minyak wangi, bedak, pulsa, odol, dan sabun. Namun sang pacar nggak kunjung membelikan. Kamu mungkin masih penasaran dengan makna kata bara bere. Bara bere dalam bahasa Sunda artinya memberi.

2. Sambalado milik Ayu Ting Ting, tentang cinta dia yang disamain sama sambal balado. Puk-puk. Dari pada sedih, mending ikut berdendang.

Sambala sambala bala sambalado

Terasa pedas, terasa panas

Sambala sambala bala sambalado

Mulut bergetar, lidah bergoyang

Sambalado bercerita tentang cowok yang cuma bisa janji manis saja. Tentang cinta yang cuma omdo, alias omong doang. Liriknya yang ngenes tertutupi dengan musiknya yang gampang bikin goyang. Kamu yang galau karena di PHP-in sama dia, coba deh dendangkan lagu yang satu ini. Dijamin perasaan ngenes-mu bakal menghilang seketika.

3. Klepek-klepek dari Hesty bakalan bikin hati yang sendu mendadak jadi ceria.

Advertisement

Cintaku Klepek-kelepek Sama dia
Sayangku Klepek-kelepek Sama dia
Sayangku Klepek-kelepek Sama dia

Patah hati emang menyakitkan. Tapi dari pada berlarut-larut dalam tangisan, mending ramaikan playlist-mu dengan lagu dangdut yang satu ini. Lirik dan musiknya yang kocak mampu mengubah suasana sendu hatimu menjadi lebih ceria. Makna lagunya sendiri tentang seseorang yang lagi tergila-gila sama gebetannya. Tuh, kan lagu ini mendukung kamu yang lagi patah hati untuk move on dan jatuh cinta lagi.

4. Geboy Mujaer – Ayu Ting Ting, mungkin kamu masih bingung kenapa harus mujaer yang geboy? Kenapa nggak belut atau lele yang nge-geboy…

Di geboy geboy mujaer
Nang ning nong, Nang ning nong
Pat gulipat, bangdung ding ser
Mustofa jadi nggak kuat
Mustofa tergila gila
Mustofa jatuh cinta sama seorang biduan

Ayu Ting Ting memang jago bikin penikmat lagu dangdut bergoyang. Lagu ini salah satunya. Liriknya bercerita tentang seorang cowok bernama Mustafa yang patah hati ditinggal sama pacar. Singkat kata Mustafa mencari hiburan dengan bergoyang bersama biduan. Mustafa pun jatuh hati sama biduan tersebut. Sekadar lucu-lucuan, mungkin kamu penasaran kenapa harus ikan mujaer yang ngegeboy? Kenapa nggak belut atau lele aja yang digambarkan ngegeboy?!

5. Bang Jono milik Zaskia Gotik. Biar pun Bang Jono nggak pulang-pulang, yang penting lagu ini bikin kamu goyang.

Kau fikir hidup ini cuma makan batu
Kau fikir anakmu tak butuh susu
Susu yang inilah susu yang itulah
Susa susi susah

Goyang itik Joss

Kalau diperhatikan, isi lagu ini memang sedikit ngenes. Dikisahkan dalam lagu ini Bang Jono (tokoh utama dalam lagu) pamit pergi mencari nafkah untuk anak dan istri. Tapi pada kenyataannya Bang jono cuma keluyuran nyari hiburan. Sementara anak dan istri di rumahnya butuh dinafkahi. Meski liriknya sungguh menyedihkan, tapi cerita lagunya disampaikan dalam balutan musik yang mudah bikin kamu goyang. Lagu yang satu ini memang paling asyik untuk dinyanyikan saat karaoke-an.

6. Janda Bodong – Riana Oces. Kamu bakal ketawa dengar lagu ambigu yang satu ini.

Aku si janda bodong, suami minggat kecantol kalong
Istri bukan, janda bukan, statusku digantung-gantung
Aku si janda bodong, surat cerai kosong melompong
Istri bukan, janda bukan, nasibku digantung-gantung

Janda bodong? Mungkin istilah janda bodong masih ambigu ya buat sebagian kamu. Tapi justru istilah janda bodong inilah yang memancing tawa. Meski sebenarnya lirik lagunya menyedihkan. Tentang seorang istri yang ditinggalkan begitu saja oleh sang suami yang minggat karena tak direstui poligami. Singkat kata sang istri diceraikan hanya melalui pesan singkat dan surat cerai tak sempat diurus. Nah, inilah maksud dari istilah janda bodong. Secara agama sudah resmi diceraikan, namun belum diurus di pengadilan.

7. Bete karena ditolak sama pacar? Coba deh dengerin lagu Direject-nya Janeta Janet. Dijamin kamu bakal terhibur.

Kamu calling-calling aku lagi pusing

Kamu micall aku, aku lagi dongkol

Please deh aku jenuh dengan omongmu

Please deh aku jenuh..

Direject direject direject aja

Direject direject direject aja

Pacar yang tak setia, usah ditanggapin

Dimaafin malah nyakitin

Suatu ketika gebetanmu tiba-tiba menghilang. Padahal kamu lagi kangen sama dia. Kamu coba hubungi dia, tapi di-reject melulu. Daripada bete, mending nyanyiin lagu Direject-nya Janeta Janet aja. Ampuh banget lho mengusir rasa bete. Direject direject direject aja…

Tuh, kan! Meski liriknya kadang absurd dan ambigu, tapi banyak lagu-lagu dangdut di atas dijamin bakal menghibur hatimu yang lagi galau badai. So? Di geboy geboy mujaer…