Dengan segenggam tekad, tak ada yang mustahil untuk diwujudkan. Apa yang dulu kita sebut dengan mimpi dan imajinasi kini bisa kita genggam sebagai sebuah kenyataan. Masih ingat serial Mighty Morphin Power Rangers yang tayang tahun 90-an? Mereka menggunakan jam tangan pintar yang bisa digunakan untuk berkomunikasi. Sekarang, gadget itu terealisasi dengan munculnya teknologi smartwatch yang saat ini populer.

Sebagian orang gak kehabisan tekad untuk mewujudkan mimpinya—dan mimpi banyak orang—menjadi kenyataan. Inilah beberapa penemuan yang mengubah fantasi sains fiksi menjadi kenyataan, yang membuktikan bahwa mimpi segila apapun bisa kamu wujudkan

1. Dunia ala The Matrix bukan lagi hanya ada di layar dari zaman kita SD dan SMP dulu. Sekarang, kita bisa “masuk” ke dunia itu via Virtual Reality Device.

Matrix via fanpop.com

Virtuix Omni via themetapicture.com

Kamu mungkin masih ingat film trilogi The Matrix yang dibintangi oleh Keanu Reeves yang mengisahkan manusia yang dininabobokan robot lewat virtual reality atau VR? Nah, teknologi VR kini dihadirkan ke dunia nyata lewat perangkat Oculus Rift dan Virtuix Omni. Dengan kedua perangkat ini, kamu akan merasakan pengalaman berbeda saat memainkan game bergenre first-person atau sudut pandang orang pertama.

Advertisement

Oculus Rift adalah perangkat virtual reality display yang menghadirkan gambar tepat di depan pelupuk mata kamu. Sementara, Virtuix Omni adalah pengontrol karakter game kamu yang memanfaatkan pergerakan tubuhmu sendiri. Perangkat ini berupa treadmill berbentuk mangkuk yang dilengkapi sensor gerak. Produk garapan Virtuix yang dibesut oleh Jan Goetgeluk udah dijual bebas dengan harga $499 lho.

2. Suka nonton serial Chalkzone atau Blues Clues waktu SD? Sekarang, dengan pena 3Doodler kamu bisa menggambar di udara.

Chalkzone via id.wikipedia.org

Kamu masih ingat serial TV Chalkzone? Serial yang dulu selalu menemani kita saat SD atau SMP ini bercerita tentang Rudy Tabootie, bocah penemu kapur ajaib yang bisa mengantarkannya ke dunia kapur. Rudy bisa menggambar apa saja di papan tulis dan gambar itu pun jadi kenyataan. Seru ya?

Nah, sekarang alat tulis yang sama ajaibnya seperti itu sudah ada di dunia nyata. Namanya, pena 3Doodler. Memang benda ini tidak akan membuatmu masuk ke dunia kapur ajaib sih, namun dengannya kamu bisa menggambar di udara.

3Doodler via twistedsifter.com

Produk yang dikembangkan oleh WobbleWorks ini menggunakan prinsip yang sama dengan printer 3D yang sudah heboh lebih dulu. Tapi, dengan bentuk yang lebih ringkas dan ringan tanpa, kamu bisa berkreasi melampaui batas yang bisa dilakukan oleh 3D printer biasa.

3. Sudah tahu Scio? Ini alat yang bisa menghitung jumlah kalori yang masuk ke tubuhmu tiap hari. Nggak perlu deh takut gendut lagi.

Memindai buah-buahan dengan Scio. via www.slashgear.com

Penasaran dengan kandungan nutrisi sebenarnya pada makanan yang kamu konsumsi? Dengan Scio, informasi itu bisa langsung tertera di layar ponsel pintarmu. Perangkat spectrometer yang digagas oleh Consumer Physics ini bahkan bisa membedakan mana buah yang manis dan mana yang tidak.

Yang lebih keren lagi, perangkat sensor molekular ini gak hanya bisa digunakan untuk memindai makanan, tapi juga objek-objek lainnya seperti obat-obatan, tanaman, jamu, tekstil, dan lainnya. Luar biasa, ‘kan?

4. Kalau kamu termasuk orang Indonesia yang nggak bisa nyetir, berdoalah agar mobil yang bisa nyetir sendiri ini segera selesai.

Purwarupa mobil otonom Google via plus.google.com

Sejak dulu, manusia sudah berfantasi tentang mobil yang bisa nyetir sendiri di berbagai film sains fiksi. Kini, penemuan itu sedang dalam perjalanan menjadi kenyataan. Google sedang mengembangkan kendaraan otonom yang diperkirakan akan rampung pada 2017 nanti. Penasaran gimana purwarupa mobil swatantra ini bekerja? Simak videonya di sini.

5. Meluncur dengan hoverboard pun kini bukan lagi hanya mimpi.

Tony hawk naik hoverboard. via giphy.com

Kamu yang menggemari sains fiksi mungkin telah bertahun-tahun mendambakan jodoh papan luncur yang mengambang di udara seperti yang digunakan oleh Marty di film Back to the Future Part II. Kini, kamu bisa meluncur dengan hoverboard beneran. Hendo telah berhasil merampungkan hoverboard yang benar-benar berfungsi.

Perusahaan yang didirikan oleh Greg Henderson ini berhasil melakukan terobosan melalui teknologi medan elektromagnetik. Hendo hoverboard generasi pertama ini bisa kamu miliki dengan merogoh kocek senilai $10.000. Memang masih mahal. Tapi, siapa tahu teknologi ini nantinya bakal digunakan di berbagai lini transportasi, ‘kan?

6. Kalau menurutmu mobil yang bisa terbang itu mustahil, cek dulu AeroMobil 3.0 berikut ini.

AeroMobil via www.aeromobil.com

Pertama kali lihat, mobil ini tampak seperti mobil biasa dengan desain elegan dan futuristik, terutama jika kamu melihatnya dari bagian muka. Tapi, siapa sangka jika mobil ini ternyata bisa bertransformasi menjadi pesawat terbang kecil? Ya, mobil ini bisa lepas landas, terbang, dan mendarat layaknya pesawat terbang.

Dengan bodi yang ringan, AeroMobil 3.0 ini bisa lepas landas dan mendarat melalui landasan yang panjangnya hanya beberapa ratus meter. Tapi, layaknya mobil, kendaraan ini menggunakan bensin sebagai bahan bakarnya. Sayapnya juga mudah dilipat sehingga gak makan tempat untuk memarkirkannya. Sementara di bagian kokpit, kamu akan melihat dasbor yang dilengkapi berbagai monitor navigasi layaknya pesawat terbang, tapi dengan tambahan kemudi dan tuas perseneling.

Penasaran bagaimana mobil ini terbang? Simak videonya di sini.

7. Mau tahu rasanya jadi anak kembar? Nah, android berwujud manusia pun hanya tinggal menunggu waktu saja.

Mana yang manusia dan mana yang mesin? via www.ibtimes.co.uk

Kamu pasti familiar dengan film Terminator yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger. Dalam film tersebut, digambarkan manusia tengah berperang dengan robot; sebagian di antaranya bahkan tak bisa dibedakan dengan manusia. Nah, ternyata ilmuwan robotik Jepang sedang mengembangkan android yang sangat mirip dengan manusia, bahkan sampai ke warna kulit, bentuk gigi, serta mata.

Memang, gerakannya masih dikendalikan dari jarak jauh dan belum seluwes manusia betulan. Tapi, inovasi ini membawa sains fiksi ke level selanjutnya. Mungkinkah robot nantinya menyamai manusia?

Kayaknya kita gak boleh lagi meremehkan fantasi. Fantasi manusia yang disertai tekad kuat untuk mewujudkannya akan membawa peradaban manusia ke level selanjutnya.