Secara sederhana, alter ego adalah identitas pribadi yang lain dari diri seseorang. Pada dasarnya setiap orang memiliki alter ego. Hanya saja yang jadi soal adalah seberapa kuat kemunculan alter ego tersebut dalam diri kamu. Alter ego juga bisa terbentuk dari trauma di masa lalu. Nah, kali Hipwee mencoba merangkum 7 penyanyi dunia yang memiliki pribadi lain selain dirinya. Beberapa dari mereka bahkan memanfaatkan alter ego mereka untuk kepentingan karir, sebut saja Katy Perry yang memunculkan Kathy Beth Terry sebagai dirinya yang lain di Music Video-nya yang berjudul Last Friday Night. Selain Katy, masih ada Beyonce, Miley, dan penyanyi lainnya yang juga punya alter ego. Yuk, langsung diintip ya.

1. Perkenalkan, Katy Beth Terry! Cewek kutu buku yang bergigi behel, sebagai pribadi lain dari Katy Perry.

Alter egonya Katy Perry, bernama Katy Beth Terry. via titiskaifa.wordpress.com

Alter ego dari seorang Katy Perry bisa kamu lihat di video klip-nya yang berjudul Last Friday Night. Dalam video klip tersebut, Katy tampil sebagai cewek cupu kutu buku yang bergigi behel. Nama alter egonya adalah Katy Beth Terry. Meski ia tidak menyatakan secara resmi kalau Katy Beth Terry adalah alter ego-nya, tapi kemunculan alter egonya itu justru jadi strategi marketing yang cukup baik bagi karirnya.

2. Beyonce mengatakan menjadi lebih bebas saat jadi Sasha Fierce.

Sasha Fierce, alter egonya Beyonce. via paulagalli.com

Beyonce juga sempat memunculkan identitas lain dari dirinya, yakni sebagai Sasha Fierce. Saat menjadi Sasha ia mengaku jadi lebih bebas dan berani ketika di atas panggung. Ia pun tidak lagi memperhatikan wajah dan tubuhnya. Namun, pada akhirnya ia membunuh karakter Sasha saat mengerjakan album keempat karena ia sudah tidak lagi membutuhkan Sasha.

3. Trauma pada masa kecil menyebabkan Nicki Minaj punya banyak alter ego. Roman Zolanski adalah salah satunya.

Advertisement

Roman Zolanski, alter egonya Nicki Minaj. via www.tumblr.com

Nicki Minaj juga punya alter ego, bahkan bisa dikatakan banyak. Salah satunya adalah Roman Zolanski. Trauma pada masa kecil menjadi alasan mengapa ia punya banyak alter ego. Bahkan Nicki berharap untuk mengangkat kisah alter egonya ke layar lebar.

4. Hannah Montana, alter ego Miley Cyrus yang membesarkan namanya.

Miley Cyrus saat masih jadi Hannah Montana. via entertainment.merahputih.com

Karakter Hannah Montana melekat erat dalam diri Miley Cyrus. Hannah Montana adalah karakter yang Miley perankan di serial Disney. Karenanya banyak para fans dan penonton setianya yang begitu mencintai identitas Miley sebagai Hannah, yakni gadis ceria yang girly dan manis. Namun, ketika dewasa ia berusaha melepaskan diri dari karakter Hannah yang manis. Setelahnya dan hingga saat ini, Miley justru dikenal jadi penyanyi yang dengan image liar.

5. Jo Calderone, alter ego laki-lakinya Lady Gaga yang berasal dari New Jersey. Macho banget lho.

Gaga dan Jo, alter egonya. Macho banget kan? via majalahouch.com

Lady Gaga juga salah satu penyanyi yang punya banyak alter ego. Salah satu yang fenomenal adalah alter ego laki-lakinya yang bernama Jo Calderone. Jo pertama kali muncul di atas panggung di acara MTV VMA di Teater Nokia tahun 2011 lalu. Gaga juga mengaku kalau Jo berasal dari New Jersey. Selain Jo, alter ego Gaga yang lainnya adalah Yuyi The Mermaid, berupa putri duyung dengan sirip hijau. Duh, unyu!

6. Meski kalah tenar dengan identitas aslinya, Jennifer Lopez lebih senang kalau dipanggil Lola.

J.Lo lebih senang dipanggil Lola. via www.topnews.in

Penyanyi sekaligus aktris Jennifer Lopez juga menciptakan alter ego, yakni bernama Lola. Pelantun tembang Dance Again ini sudah tidak ingin lagi dipanggil J.Lo. Namun sayangnya, alter ego yang diciptakannya ini tidak begitu tenar. Karena orang tetap memanggilnya J.Lo.

7. Slim Shady, alter ego-nya Eminem yang kontroversial. Lho?

Slim Shady dan Eminem.. via imgur.com

Dibanding dengan alter ego penyanyi lainnya, alter ego yang dimiliki Eminem terbilang kontroversial. Atau bisa dikatakan negatif. Salah satunya bernama Slim Shady, seseorang yang terobsesi dengan obat-obatan, kekerasan, seks, dan kegilaan (jangan ditiru ya). Pelantun lagu Mockingbird ini pertama kali mengenalkan Slim Shady pada tahun 2007.

Beberapa orang sengaja menciptakan alter ego karena dia tidak percaya diri. Seperti misalnya Beyonce yang merasa lebih bebas dan berani ketika menjadi Sasha di atas panggung. Walaupun pada akhirnya dia sudah berhasil membunuh alter egonya tersebut. Sementara itu bagi Katy Perry dan Lady Gaga, alter ego justru menjadi strategi marketing yang baik bagi karir mereka.

Sekadar lucu-lucuan, kalau alter ego-mu siapa nih? :p